11 Alasan Kenapa Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok

0
Diunggah 11 August 2024
LikeSkin Barrier

11 Alasan Kenapa Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok

Kamu mungkin penasaran kenapa bibir kamu hitam padahal tidak merokok. Sebenarnya, beberapa alasan kenapa bibir kamu gelap padahal tidak merokok adalah karena paparan sinar matahari berlebihan, konsumsi kafein, kehamilan, penggunaan lipstik kadaluarsa, hingga kekurangan vitamin dan zat besi.

Meskipun demikian, masih ada cara untuk mengatasi bibir hitam dan mecerahkan bibir hitam secara instan.

11 Penyebab Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok

kenapa-bibir-hitam-padahal-tidak-merokok

Melihat masalah bibir hitam lebih dekat, ada beberapa alasan kenapa bibir hitam itu bisa terjadi selain merokok.

1. Paparan Sinar Ultraviolet

Sinar matahari berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, termasuk kulit bibir yang akhirnya menggelap dan berubah menjadi hitam.

2. Konsumsi Kafein

Kafein mengandung zat antidiuretik yang membuatmu sering buang air kecil dan akhirnya kekurangan cairan. Sayangnya, kekurangan cairan pada tubuh bisa membuat bibir kering dan akhirnya menghitam.

3. Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Kondisi bibir kering dan pecah-pecah berpotensi mengurangi barrier pelindungnya. Ini pun berpotensi membuat bibir jadi tidak bisa melindungi diri dari sinar UV dan menggelap secara perlahan.

4. Kehamilan

Perubahan hormon selama kehamilan bisa menjadi penyebab bibir hitam. Meskipun demikian, biasanya kondisi ini hanya terjadi sementara dan akan kembali pasca persalinan.

5. Menggunakan Lipstik  yang Tidak Cocok

Faktor utama penyebab bibir gelap dari penggunaan lipstik yang tidak cocok adalah kandungan di dalamnya. Kulit bibir adalah kulit yang paling tipis dan 3x lebih sensitif. Menggunakan produk lipstik sembarangan tanpa melihat kandungannya bisa membuat bibir menjadi gelap.

6. Kekurangan Hidrasi

Kekurangan hidrasi menjadi pemicu bibir kering dan pecah-pecah. Kelembaban bibir pun jadi mudah hilang dan menyebabkan bibir menghitam secara perlahan.

7. Mengalami Reaksi Alergi dari Pasta Gigi

Pasta gigi biasanya mengandung flouride yang bisa menyebabkan alergi. Beberapa alergi ini terjadi khususnya daerah mulut. Tak terkecuali, terjadi pada kulit bibir yang bisa menghitam.

8. Memiliki Kebiasaan Menggigit Bibir 

Kebiasaan mengisap atau menggiggit bibir dapat mengakibatkan bibir kering dan pecah-pecah serta memicu pigmentasi dan jadi penyebab bibir hitam.

9. Mengidap Anemia 

Anemia atau kondisi kurang zat besi bisa membuat bibir terlihat lebih gelap. Ini karena kadar hemoglobin yang rendah pada saat anemia membuat ada perubahan warna kulit di beberapa bagian, termasuk bibir yang menggelap

10. Mengalami Kekurangan Vitamin E

Vitamin E sangat baik untuk kebutuhan kulit bibir. Kekurangan nutrisi terutama vitamin E bisa menyebabkan bibir kekurangan perlindungan dan akhirnya menggelap.

11. Menggunakan Produk Bibir Kadaluarsa

Pastikan untuk cek secara berkala masa expired produk bibir kamu. Perlu diketahui, produk bibir seperti lipstik kadaluarsa memiliki reaksi alergi yang lebih besar. Bibir pun bisa menjadi kering dan memicu bibir hitam bila tidak segera dihentikan.

Cara Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami

cara-mengatasi-bibir-hitam-secara-alami

Setelah tahu 11 alasan kenapa bibir menjadi hitam padahal tidak merokok, kamu jadi memahami bahwa banyak faktor dari luar yang mempengaruhi kerusakan kulit bibir berubah menghitam. Namun, kamu tidak perlu kuatir. Dibawah ini ada cara mengatasi bibir hitam secara alami untuk mencerahkan dan meratakan kembali warna bibir hitam. Adapun langkah-langkah ini sederhana, misalnya seperti :

1. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup dapat memenuhi kebutuhan cairan dan merawat kondisi kulit bibir yang semula gelap menjadi lebih cerah.

2. Kurangi Konsumsi Kafein

Mengurangi kafein artinya mengurangi potensi kamu kekurangan cairan. Sembari memenuhi kebutuhan air minum yang cukup, kurangi konsumsi kafein supaya hidrasi tetap seimbang.

3. Gunakan Gel Lidah Buaya 

Gel lidah buaya mengandung bahan aktif aloin yang memiliki efek pencerah kulit alami. Kamu bisa menggunakannya untuk merawat bibir hitam

4. Gunakan Scrub Madu

Cara mengatasi bibir hitam secara alami juga bisa dilakukan dengan eksfoliasi melalui scrub bibir. Caranya, campurkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh gula. Lalu, gosokkan secara lembut pada bibir.

5. Gunakan Minyak almond 

Cara mengatasi bibir hitam selanjutnya adalah menggunakan minyak almond untuk memijat area bibir. Perawatan ini dapat membantu melembabkan dan meningkatkan peredaran darah pada bibir dan akhirnya mengatasi bibir gelap. 

Cara Menghilangkan Bibir Hitam Non Alami 

cara-menghilangkan-bibir-hitam

Bibir adalah area tubuh yang paling tipis dan 3x lebih sensitif. Hal ini membuatnya rawan mengalami kerusakan, kering dan pecah-pecah. Untuk itu, perawatan bibir secara luar dan dalam sangat direkomendasikan untuk mengoptimalkan kondisinya.

Setelah mengetahui cara mengatasi bibir hitam secara alami, berikut ini cara menghilangkan bibir hitam non alami yang dapat mendukung perawatan bibir hitam kamu bisa lebih cerah. 

1. Menggunakan Produk Scrubbing Bibir 

Selain membuat sendiri di rumah, kamu juga bisa memilih produk scrub bibir yang dijual di e-commerce. Cara ini bisa melancarkan aliran darah menuju bibir dan mendukung kulit bibir yang tadinya hitam dan kering jadi lebih cerah dan sehat.

2. Melakukan Perawatan Laser 

Perawatan laser bida mengatasi bibir hitam dengan cara mengurangi produksi melanin di kulit. Meskipun demikian, pastikan untuk berkonsultasi pada ahli dan menjalani perawatan ini di bawah pengawasan dokter. 

3. Memakai Lip Serum

Untuk memastikan bibir tetap terhidrasi, kamu bisa pakai lip serum yang memang diformulasikan mengandung nutrisi lebih banyak. Sama halnya dengan kulit, memastikan bibir terhidrasi juga penting untuk menjaga kelembapan dan membantu mencerahkan warnanya.

4. Memakai Lip Balm Minimal SPF 15

Sinar matahari punya efek buruk, yaitu menyebabkan warna bibir berubah menjadi kecoklatan atau hitam. Untuk menjaga tampilan bibir tidak semakin gelap, pilih lip balm yang mengandung SPF 15 atau lebih. Ini bantu melindungi bibir supaya kerusakan tidak semakin parah.

Mencerahkan Bibir Hitam dengan Instan lewat Hybrid Elixir Balm

cara-memerahkan-bibir-hitam

Cara mengatasi bibir hitam melalui produk perawatan bibir tidak hanya berfungsi untuk mengembalikan warnanya, tapi juga meratakan warna kulit bibir. Satu lip care yang dapat melakukan tugas ini adalah lip balm berwarna.

Lip balm dapat membantu memberikan warna pada bibir. Sederet lip balm telah dibuat khusus dengan menambahkan warna, dimana lip balm berwarna ini menambahkan warna creamy dan pigmented untuk memerahkan bibir secara lebih instam.

Avoskin Hybrid Elixir Balm adalah lip balm terbaru dari Avoskin yang memadukan kandungan-kandungan alami dengan kandungan bahan aktif. Formulasi Hybrid Elixir Balm ini didukung dengan penambahan warna pada lip balm yang lebih creamy dan pigmented dari kebanyak balm lainnya. Warnanya lebih tahan lama dan pastinya bisa menyamarkan warna bibir secara lebih instan.

Kamu pun bisa menggunakan Avoskin Hybrid Elixir Balm untuk menjawab kegelisahan kamu tentang bibir hitam walaupun tidak merokok.

Last Updated on August 11, 2024

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 11 August 2024

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya