6 Perbedaan Moisturizer dan Day Cream, Cek Formulasinya!

0
Diunggah 13 July 2024
LikeSkin Barrier

6 Perbedaan Moisturizer dan Day Cream, Cek Formulasinya!

Perbedaan moisturizer dan day cream ada pada sifat formulanya dan fungsi perlindungan pada kulit. Moisturizer dirancang khusus untuk menambah kelembaban secara optimal. Sedangkan day cream mampu melindungi kulit dari sinar matahari lewat tambahan SPF sekaligus melembabkan.

6 Perbedaan Moisturizer dan Day Cream

perbedaan-moisturizer-dan-day-cream

Secara umum, kandungan moisturizer memiliki sifat humektan, emolien, dan oklusif untuk melembabkan secara optimal. Sedangkan, day cream memiliki sifat humektan dan emolien dibarengi dengan kandungan tambahan seperti SPF.

Day cream merupakan gabungan moisturizer dengan sunscreen, yaitu bukan hanya melembabkan tapi juga melindungi dari sinar matahari. Ini kenapa, day cream biasanya mengandung SPF sedangkan moisturizer tidak.

Moisturizer dan day cream itu berbeda. Untuk lebih lanjutnya, berikut ini 6 perbedaan moisturizer dan day cream. 

1. Tekstur Moisturizer Kental, Sedangkan Day Cream Ringan

Dilihat dari teksturnya, moisturizer memiliki tekstur yang lebih thick karena berfungsi untuk melembabkan. Sedangkan, day cream cenderung dibuat lebih ringan supaya mudah menyerap ke kulit.

2. Formula Moisturizer Mengandung 3 Sifat, Sedangkan Day Cream hanya 2 Sifat

Ada alasan kenapa moisturizer memiliki tekstur yang lebih tebal dibandingkan day cream, ini berkaitan dengan sifat-sifat kandungannya. Moisturizer memiliki 3 sifat utama yaitu, humektan, emolien dan oklusif. Sedangkan Day cream hanya bersifat humektan dan emolien. 

Moisturizer dibuat untuk menjaga kelembaban kulit secara optimal, sehingga selalu diformulasikan dengan bahan aktif yang bersifat humektan, emolien dan oklusif. Sementara itu, day cream mengandung sifat humektan dan emolien saja. Ini berdampak pada tekstur day cream yang lebih ringan dan watery. Tujuannya, supaya tekstur dari Day Cream tidak terlalu thick ketika mengenai kulit. 

3. Formula Moisturizer Tidak ada SPF, sedangkan Day Cream ada SPF 

Day cream sebagaimana namanya, digunakan di pagi hari. Sedangkan moisturizer bisa kapan saja. Ini membuat day cream sering mengandung SPF seperti pada tabir surya. Tujuannya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

4. Moisturizer bisa Digunakan Kapan Saja, sedangkan Day Cream hanya Siang Hari

Melihat dari formulasinya, moisturizer cocok digunakan kapan saja karena bertugas memberi kelembaban. Sedangkan day cream lebih cocok digunakan pada pagi atau siang hari sebelum beraktivitas. Selain mengandung SPF, day cream juga memiliki tekstur yang ringan untuk dikombinasikan dengan make up. 

5. Moisturizer harus dibarengi Sunscreen, sedangkan Day Cream Tidak

Moisturizer tidak memiliki tambahan SPF, oleh karena itu penting untuk menggunakan tabir surya setelah moisturizer. Day cream biasanya mengandung SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV. 

Kalau SPF pada day cream sudah tinggi maka kamu bisa skip sunscren. Jika belum, tidak apa untuk menambah sunscreen setelah day cream.

6. Moisturizer Bukan Step Terakhir pada Skincare Routine, sedangkan Day Cream adalah Step Terakhir

Dilihat dari urutan pemakaian, kamu bisa menggunakan moisturizer dan day cream pada satu skincare routine. Dengan syarat, day cream digunakan terakhir setelah moisturizer.

Apabila day cream kamu telah memiliki SPF tinggi maka day cream bisa menjadi step terakhir dalam skincare routine kamu. Namun, jika dirasa aktivitas outdoor kamu butuh SPF lebih tinggi, tidak apa untuk menambahkan sunscreen demi perlindungan optimal.

Rekomendasi Moisturizer yang Memiliki Sifat Humektan, Emolien dan Oklusif

Your Skin Bae Multi Herbs Hydro Burst Moisturizer adalah gabungan terbaik dari sifat humektan, emolien dan oklusif. Selain itu, tiga sifat ini dibarengi dengan teknologi hydro burst yang mempengaruhi tekstur moisturizer menjadi mudah leleh dan mudah diserap ketika bergesekan dengan kulit.

Ada kandungan utama berupa gliserin yang bertugas untuk merawat skin barrier. Didukung oleh kakadu plump untuk mengatasi kulit teriritasi ringan. Ditambah lagi dengan kandungan caffein dan allantoin untuk merawat tekstur kulit.

Sahabat AVO, moisturizer adalah perawatan kulit yang diformulasikan untuk menjaga kelembaban atau kebutuhan hidrasi kulit. Salah satu faktanya, moisturizer mengandung bahan-bahan dengan sifat humektan, emolien dan oklusi. 

Ini berbeda dengan day cream yang memiliki perlindungan kulit lebih lengkap. Fungsi day cream adalah menjaga kelembaban kulit sepanjang hari sekaligus melindungi kulit dari sinar UV. 

Itu dia 6 perbedaan moisturizer dan day cream yang perlu kamu tahu Sahabat AVO. Kira-kira apakah kamu tetap membutuhkan sunscreen setelah day cream atau tidak?

Last Updated on July 21, 2024

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 13 July 2024

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya