Apakah Sunscreen Bisa Memutihkan Wajah?

0
Diunggah 19 July 2024
LikeKulit Kusam

Apakah Sunscreen Bisa Memutihkan Wajah?

Apakah sunscreen bisa memutihkan wajah? Sunscreen tidak bisa membuat wajahmu jadi putih, namun dapat mendorong kulit wajah tampah cerah. Lalu apa perbedaan antara kulit putih dan kulit cerah?

Kulit putih berkaitan dengan pigmen, sedangkan kulit cerah berakaitan dengan kondisi bebas dari kusam. Disini, sunscreen menjadi salah satu produk skincare yang mencegah kulit kusam dan menggelap karena sinar ultraviolet.

Meskipun demikian, mencegah penggelapan kulit dari sinar ultraviolet tidak serta merta membuat sunscreen dapat memutihkan wajah. Sunscreen hanya berupaya melindungi wajah dari efek buruk, supaya lebih cerah.

Mengetahui Bedanya Kulit Putih dan Kulit Cerah 

Untuk mengetahui lebih detail terkait dengan kemampuan sunscreen, ada definisi berbeda antara kulit putih dan cerah. Perbedaan keduanya adalah : 

  • Kulit Putih

Yaitu kondisi dimana kulit seseorang punya melanin (pigmen warna kulit) yang lebih sedikit dibandingkan orang lain dengan kulit gelap.

  • Kulit Cerah

Yaitu kondisi kulit seseorang terlihat bersinar dan bebas dari kusam. Pada tampilan ini, kulit cerah sudah pasti sehat dan bebas dari masalah kulit.

Melalui perbedaan kulit putih dan kulit cerah diatas, dapat diketahui bahwa sunscreen tidak bisa mempengaruhi produksi melanin seseorang untuk jadi lebih putih. Sunscreen hanya dapat mencerahkan wajah karena mengandung sederet bahan-bahan yang mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV penyebab kusam.

Tugas Sunscreen Mencerahkan, Tidak Memutihkan Wajah

Sunscreen tidak bisa memutihkan wajah. Tugas utama dari sunscreen yaitu mencerahkan dengan cara melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Terutama UVB dan UVB yang berpotensi merusak sel kulit.

Tapi aku merasa kulit wajah menjadi lebih putih dengan penggunaan sunscreen? Pada beberapa produk sunscreen, ada tambahan kandungan yang bersifat melembabkan. Kulit wajah lembab adalah kunci wajah menjadi cerah. Hal ini karena kulit mendapatkan hidrasi yang cukup. 

Pada beberapa produk sunscreen lainnya, juga ditambahkan bahan aktif yang bisa mengoptimalkan kerja pelindungnya. Bahan-bahan seperti Niacinimade atau Vitamin C bekerja sangat baik untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan mencegah kulit kusam.

Selain itu, dua kandungan diatas juga sangat bagus dalam mencerahkan dan merawat kulit dari sinar ultraviolet. Alhasil, apabila kamu merasa kulit wajah menjadi cerah setelah pemakaian sunscreen bisa jadi karena perlindungan kulit dan hidrasi kulitmu sangat baik. Sehingga tidak ada celah sinar ultraviolet masuk dan merusak sel kulit. Apalagi menggelapkan kulitmu.

Kandungan-Kandungan yang Memaksimalkan Perlindungan Sunscreen

sunscreen-yang-memutihkan-adalah-mitos

Apakah sunscreen bisa memutihkan wajah? Sunscreen yang memutihkan wajah adalah mitos. Meskipun demikian, produk sunscreen yang menambahkan bahan seperti niacinamide dan vitamin C dapat mencerahkan wajah dan mengoptimalkan kerja pelindungnya.

Kulitmu bisa terlindungi sekaligus terhidrasi dengan cukup. Ini membuat perlindungan kulit semakin optimal dan lebih cerah.

Kandungan-Kandungan Sunscreen yang Dapat Mencerahkan Wajah

Selain dua kandungan diatas, masih ada kandungan lainnya yang bisa memaksimalkan kerja perlindungan dan mencegah kulitmu menggelap. Cek kandungan di bawah ini.

1. Allantoin 

Allantoin adalah bahan yang terkenal sangat baik dalam melembabkan dan menenangkan kulit. Mulai dari mencukupi hidrasi kulit hingga bersifat antiradang, allantoin sangat baik jika menjadi bahan tambahan pada produk sunscreen.

Produk sunscreen yang punya kandungan allantoin di dalamnya dapat mengatasi kulit kering dan menenagkan kulit yang sedang iritasi seperti kulit kemerahan, dan perih.

2. Ascorbic Acid atau Vitamin C

Kandungan yang dapat memaksimalkan kerja sunscreen untuk mencegah kulit menggelap selanjutnya adalah ascorbic acid. Kandungan ini adalah turunan vitamin C yang memberikan 2X perlindungan tambahan terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet. Alhasil, kulit cerahmu tetap terjaga karena tidak ada celah bagi sinar UV untuk merusak sel kulit.

3. Chamomile Flower Extract 

Chamomile flower extract adalah kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang bisa membantu menenangkan kulit teriritasi ringan serta merawat kulit berjerawat.

Menemukan chamomile extract pada deretan bahan yang terkandung pada sunscreen artinya melindungi kulit dan memberikan healing effect pada saat yang sama. Kulit kamu jadi semakin terawat dan sehat dengan chamomile flower extract yang terkandung pada sunscreen.

4. Sodium Hyaluronate (HA)

Sodium hyaluronate adalah bahan untuk melindungi luka dari iritasi dengan cara membentuk lapisan pelindung di atas daerah yang luka. Menariknya, kandungan sodium hyaluronate ini menghidrasi dan menjaga kelembaban kulit sebagai cara menguatkan skin barrier untuk melindungi.

Menemukan sodium hyaluronate pada sunscreen akan memberikan manfaat menjaga fungsi skin barrier, membantu menyamarkan tampilan garis halus dan kerutan, dan membantu menenangkan kulit.

Rekomendasi Sunscreen dengan Kandungan Mencerahkan dari Avoskin

apakah-sunscreen-bisa-memutihkan-wajah

Apakah sunscreen bisa memutihkan wajah? Jawabannya adalah tidak. Namun, sunscreen dapat mencerahkan wajah dengan bahan-bahan tambahan yang mampu memaksimalkan perlindungannya.

Sunscreen yang mengandung bahan seperti vitamin C, chamomile flower extract, dan allantoin bisa mencegah efek kulit menggelap karena sel kulit terjaga dari kerusakan oleh sinar UV dengan perlindungan lebih baik.

Kabar baiknya, kamu bisa menemukan sunscreen dengan perlindungan tambahan dengan bahan-bahan diatas pada Your Skin Bae Shield of Sun Essence SPF 50 PA++++.

Sunscreen ur Skin Bae Shield of Sun Essence SPF 50 PA++++ diformulasikan dengan Ascorbic Acid, Chamomile Flower Extract, dan Allantoin yang membantu menjaga kulit agar tetap sehat, lembap, dan cerahnya terjaga.

Melihat dari formulasi bahan-bahannya, kamu tidak perlu khawatir karena produk ini cocok digunakan oleh semua jenis kulit. Mulai dari kulit kering, kulit normal, dan kulit kombinasi. Tidak lupa juga produk ini paraben free, alcohol free, sulfate free, silicone free, EU Allergic free, dan fungal acne safe.

Last Updated on August 31, 2024

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 19 July 2024

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya