Tips Mencari Lip Balm untuk Bibir Hitam dan Kering

0
Diunggah 21 July 2024
LikeKulit Kering

Tips Mencari Lip Balm untuk Bibir Hitam dan Kering

Kamu merasa bibir hitam? Sudah coba pakai lip balm tapi malah membuat bibir kering? Dibanding menggunakan lip balm biasa, kamu perlu mencari lip balm untuk bibir hitam dan kering. Biasanya lip balm seperti ini adalah yang mengandung SPF dan bahan melembabkan seperti bisabolol untuk menambah hidrasi kulit bibir yang tipis.

Tips Mencari Lip Balm untuk Bibir Hitam dan Kering

lip-balm-untuk-bibir-hitam-dan-kering

Tugas lip balm memang melembabkan bibir yang bisa selalu kamu oles kapanpun dan dimanapun. Namun, tidak semua lip balm itu mengandung formula yang sama. Lip balm untuk bibir hitam dan kering dirancang berbeda dengan tambahan SPF tinggi dan menggabungkan kandungan melembabkan.

1. Cari Lip Balm yang Mengandung SPF

Kenapa lip balm yang mengandung spf untuk bibir hitam itu penting? Faktor penyebab bibir menghitam adalah sinar matahari. Ketika kamu keluar rumah dan bibir terkena sinar matahari tanpa perlindungan, maka bisa terjadi kerusakan sel kulit bibir.

Efek buruk sinar matahari menyebabkan kerusakan pada kulit dan memicu tubuh untuk produksi melanin supaya melindungi. Sayangnya, jika produksi melanin jadi berlebih maka ini bisa mempengaruhi warna bibir berubah kecoklatan atau menghitam.

Untuk menghindari kondisi area bibir jadi hitam dan warnanya tidak merata, kamu membutuhkan lip balm yang mengandung SPF minimal 15 apabila berada di dalam ruangan dan lip balm minimal 30 SPF jika beraktivitas luar ruangan.

2. Cari Lip Balm dengan Kandungan Melembabkan

Faktor kedua yang menyebabkan bibir hitam adalah dehidrasi. Bibir yang tidak lembab bisa menimbulkan kering dan pecah-pecah. Kondisi ini memicu bibir mudah terluka. Sayangnya, lapisan kulit bibir adalah yang paling tipis dibanding area kulit lain. Apabila lapisan bibir kering dan terluka, maka kesempatan sinar matahari merusak dan merubah warna menjadi gelap jauh lebih tinggi.

Kamu harus menjamin bibir tetap lembab supaya bibir dapat terus melindungi diri ditengah lapisannya yang tipis. Satu kandungan melembabkan pada lip balm yang bisa mengatasi ini adalah bisabolol.

Bisabolol dalah bahan aktif yang berasal dari bunga chamomile. Tekstur bisabolol berbentuk minyak kental dan bisabolol yang terdapat pada lip balm dapat melapisi serta melembabkan sel kulit kering sehingga kulit terasa lebih sehat dan kenyal. Kamu tidak perlu kuatir bibir menjadi hitam karena hidrasi dan perlindungannya tercukupi.

Perawatan Bibir Hitam dan Kering untuk Mendukung Lip Balm

perawatan-bibir-hitam

Bibir adalah lapisan kulit dengan konsistensi dan kelenjar yang berbeda. Salah satunya, bibir tidak punya kalenjar minyak yang mampu menghidrasi bibir secara optimal. Maka dari itu, bibir punya potensi kering dan pecah pecah apabila kamu kekurangan cairan. 

Sayangnya, bibir kering dan pecah-pecah membuat perlindungan alaminya berkurang. Termasuk ketika bibir terkena efek buruk sinar matahari, maka bibir bisa menjadi hitam.

Kamu bisa menggunakan lip balm untuk bibir hitam dan kering lalu ditambah dengan perawatan bibir lainnya. Di bawah ini ada 5 perawatan bibir hitam yang bisa memaksimalkan tampilannya menjadi semakin baik.

1. Pakai Lip Balm Minimal SPF 15

Sinar matahari punya efek buruk, yaitu menyebabkan warna bibir berubah menjadi kecoklatan atau hitam. Untuk menjaga tampilan bibir, pilih lip balm yang mengandung SPF 15 atau lebih. Ini bantu melindungi bibir supaya kerusakan tidak semakin parah.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup dapat memenuhi kebutuhan cairan dan merawat kondisi kulit bibir. Cara ini mencegah bibir kering dan pecah-pecah terutama di cuaca panas. Kalau hidrasi tercukupi, maka bibir bisa melindungi diri dengan optimal.

3. Kurangi Konsumsi Kafein

Sayangnya, kafein memicu keinginan untuk buang air. Ini bisa mempengaruhi cairan di tubuhmu jadi berkurang. Kamu direkomendasikan untuk mengurangi kafein supaya cairan di tubuhmu tercukupi dan akhirnya memperbaiki tampilan bibir menjadi lembab.

4. Lakukan Scrubbing Bibir 

Melakukan scrub bibir artinya kamu mengangkat sel-sel kulit mati dengan cara meggosok area bibir. Cara ini bisa melancarkan aliran darah menuju bibir dan mendukung kulit bibir yang tadinya hitam dan kering jadi lebih cerah dan sehat.

5. Gunakan Lip Serum

Lip serum adalah perawatan bibir selanjutnya yang bisa menutrisi kulit bibir. Penggunaan lip serum dan lip balm pun bisa dikombinasikan lewat lip care bibir hitam yang bisa kamu lakukan di rumah.

Itu dia Sahabat AVO, pentingnya lip balm untuk bibir hitam dan kering. Lip balm untuk masalah bibir seperti ini harus memiliki SPF dan kandungan melembabkan seperti bisbolol untuk memperbaiki tampilannya. Kamu pun perlu mengaplikasikan lip balm secara rutin supaya hasil yang diperoleh bisa semakin maksimal.

Last Updated on August 21, 2024

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 21 July 2024

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya