Avoskin Merayakan Hari Anak Nasional bersama Project Child Indonesia

0
Diunggah 31 July 2024
LikeCSR

Avoskin Merayakan Hari Anak Nasional bersama Project Child Indonesia

Sahabat AVO, Hari Anak Nasional jatuh setiap tanggal 23 Juli. Menyambut ini, Avoskin bekerja sama dengan Project Child Indonesia untuk mengenalkan pentingnya upaya bertanggung jawab atas lingkungan kepada anak-anak.

Ada satu program yang disebut sebagai One Fine Volunteer Day (OFVDAY). Program ini menjadi medium Avoskin dan Project Child Indonesia hadir di tengah anak-anak dan mengenalkan dunia yang peduli pada kesadaran lingkungan.

Merayakan Hari Anak Nasional lewat OFVDAY

Project Child Indonesia adalah organisasi nirlaba yang didirikan tahun 2011. Berbasis di Yogyakarta, Project Child Indonesia memiliki misi untuk berfokus pada pendidikan anak-anak dan berkontribusi dalam menyediakan pendidikan pelengkap bagi anak-anak.

Ada satu keyakinan yang selalu dirangkul oleh Project Child Indonesia dalam menjalankan misinya, “Everyone Can Do Good”. Ini berarti, setiap orang punya kesempatan yang sama untuk memulai kebaikan. Menariknya, Project Child Indonesia juga memiliki wadah yang terbuka bagi siapa saja yang ingin terlibat. Yaitu program-program volunteering bagi yang ingin menjadi volunteer dan menghabiskan waktu bermakna bersama anak-anak.

Satu program baru Project Child Indonesia adalah One Fine Volunteer Day atau OFVDAY. Sebuah aktivitas satu hari yang mendorong sukarelawan untuk sepenuhnya hadir di tengah anak-anak lalu menjalani interaksi dua arah supaya bahagia bersama-sama.

Program ini pun menjadi kolaborasi Avoskin dan Project Child Indonesia dalam merayakan Hari Anak Nasional. Bukan hanya sekedar memberikan bantuan, program ini berupaya menumbuhkan semangat kebaikan untuk mengenalkan kesadaran lingkungan melalui berbagai kegiatan yang menarik dan penuh perhatian.

Waktu BerkualitasMengenalkan Kesadaran Lingkungan

Pada 17 Juli 2024, Avoskin bersama Sahabat AVO dan Project Child Indonesia menjalani rangkaian OFVDAY yang berlokasi di sungai di Yogyakarta yaitu Sungai Code.

Ada rangkaian aktivitas yang tidak jauh dari aspek kesadaran lingkungan. Sehingga harapannya, dengan keterlibatan orang dewasa, anak-anak bisa melihat aksi bertanggung jawab yang lebih nyata. Rangkaian acara pun menjadi lebih bermakna dengan perhatian yang diberikan sepenuhnya oleh orang dewasa.

Mindfulness Practice

Sahabat AVO memulai OFVDAY dengan mindfulness. Walaupun terlihat sederhana, namun aktivitas ini menjadi meditasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran diri, mengurangi stres, dan membina kesejahteraan mental. Mindfulness pada awal kegiatan dapat mendorong suasana positif dan mawas diri sebelum kegiatan lainnya dimulai.

River Tour

Berlokasi di Sungai Code, Sahabat AVO melakukan eksplorasi sungai bersama anak-anak. Ada misi yang harus dijalani yaitu bercerita terkait orangutan dan pengelolaan limbah. Anak-anak yang sangat suka aktivitas jalan-jalan pun jadi semakin semangat mendengar cerita dari Sahabat AVO. Keakraban terbina dan anak-anak merasa mendapatkakn teman baru.

Decorate and Plant Tabulapot

Setelah bermain-main di tepi sungai, waktunya anak-anak mencurahkan sisi kreativitas mereka ke dalam karya seni. Ada tabulapot yang harus dilukis oleh anak-anak sebebas mungkin dan menjadi diri mereka masing-masing.

Satu yang penting, menunjukan ekspresi diri juga tetap bisa dilakukan dengan sayang lingkungan. Disini, setelah anak-anak menghias tabulapot, mereka juga menanam tanaman ke dalam pot lalu mendapatkan pengalaman untuk merawat dan memelihara makhluk hidup.

Gift Giving

Sahabat AVO secara pribadi memberikan hadiah kepada satu anak, beserta surat motivasi yang mendorong mereka untuk menjaga lingkungan. Tindakan ini semakin menumbuhkan rasa perhatian dan kepedulian terhadap lingkungan. Harapannya, anak-anak mengingat momen pembelajaran ini lalu memotivasi mereka supaya terus peduli terhadap lingkungannya.

Escorting Children Home

Setelah kegiatan OFVD selesai, Sahabat AVO mengantar anak-anak pulang ke rumah masing-masing. Hal ini sangat berarti, sebagaimana Sahabat AVO bisa menjamin keselamatan anak-anak sampai rumah sekaligus berterima kasih atas kebersamaan satu hari ini.

Volunteer Closing and Reflection

Setelah mengucapkan selamat tinggal pada anak-anak, ada kegiatan penutupan khusus untuk Sahabat AVO. Para relawan berbagi pengalaman mereka dan mendiskusikan dampak acara tersebut. Ini adalah wujud dari praktik reflektif supaya menghargai perjalanan diri dan memotivasi kontribusi lainnya dalam memberikan perhatian kepada komunitas dan lingkungan kita.

Rangkaian OFVD menjadi medium dari Avoskin dan Project Child Indonesia yang secara bersama punya misi untuk membangun kesadaran lingkungan. Kali ini, spesial di Hari Anak Nasional kami berupaya hadir diantara mereka dan membangun interaksi dua arah yang bermakna. Kehidupan yang biasa di jalani oleh orang dewasa, ditunjukan pada anak-anak supaya mereka memiliki gambaran dan termotivasi untuk ikut berkontribusi. Terutama dalam menjalani hari-hari yang penuh dengan usaha bertanggung jawab dan sadar akan lingkungan yang perlu dijaga.

Last Updated on July 31, 2024

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 31 July 2024

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya