Bisabolol adalah Kandungan Terbaik untuk Kulit Sensitif

0
Diunggah 28 July 2024
LikeKulit Kering

Bisabolol adalah Kandungan Terbaik untuk Kulit Sensitif

Bisabolol adalah salah satu kandungan yang sering kamu temukan dalam skincare untuk kulit sensitif. Asal bisabolol bersumber dari ekstrak chamomile flower yang terkenal sangat baik untuk melindungi kulit sensitif. Bahkan, memiliki rasa sejuk ketika menyentuh kulit.

Bisabolol memiliki banyak manfaat untuk kulit sensitif, yaitu :

  • Melindungi kulit dari iritasi karena sifatnya yang anti radang.
  • Mempercepat proses penyembuhan kulit.
  • Menambah dan menjaga kelembapan kulit.
  • Memperlambat proses penuaan karena memiliki efek antioksidan.
  • Mengurangi rasa tidak nyaman akibat sunburn oleh sinar ultraviolet (UV) berlebih.

Apa itu Bisabolol?

bisabolol-berasal-dari-chamomile-extract

Bisabolol adalah kandungan yang terkenal juga dengan sebutan alpha bisabolol (a-bisabolol). Sumbernya berasal dari proses ekstraksi bunga chamomile. Dimana ini juga menunjukan bahwa kandungan bisabolol memang terdapat dari bunga chamomile.

Penemuan bisabolol yang aman digunakan untuk kulit bayi dan kulit orang dewasa didukung oleh perkembangan teknologi yang mampu mengolah manfaatnya jadi menyatu dengan formulasi produk perawatan kulit. Selain itu, bisabolol juga telah bisa dibuat secara sintetis di laboratorium.

7 Manfaat Bisabololuntuk Kulit Sensitif

Terkenal karena manfaatnya yang sangat baik untuk kulit sensitif dan juga menyejukan, berikut ini ada 5 manfaat bisabolol mulai dari mempercepat penyembuhan hingga menjaga kelembaban kulit.

1. Melindungi Kulit dari Iritasi

Bisabolol punya sifat anti inflamasi, dimana hal ini bisa membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Selama proses perlindungan ini, bisabolol juga memberikan efek sejuk yang membuat penggunaan bisabolol bisa semakin nyaman digunakan.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan

Bukan hanya mengurangi peradangan dan kemerahan, bisabolol mampu memperbaiki kondisi sistem penghalang kulit dan ini mempercepat penyembuhan kulit yang iritasi.

3. Memperlambat Proses Penuaan Kulit

Manfaat bisabolol selanjutnya adalah memperlambat proses penuaan kulit karena kaya akan antioksidan. Bisabolol dapat merangsang produksi kolagen dan mencegah kerusakaan kulit akibat radikal bebas. Dengan begitu, elastisitas kulit pun akan selalu terjaga dan menunda munculnya garis halus.

4. Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi disebabkan oleh produksi melanin yang berlebih. Kabar baiknya, bisabolol atau a-bisabolol mampu menghambat pembentukan melanin yang memunculkan bintik hitam pada kulit. Hiperpigmentasi pun bisa memudar apabila kamu menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bisabolol.

5. Mencegah Munculnya jerawat

Satu lagi sifat bisabolol, yaitu antimikroba. Artinya, bisabolol dapat mengatasi bakteri penyebab jerawat. Terutama dalam menyembuhkan jerawat dan membuat jerawat tidak datang lagi.

6. Melembabkan Kulit

Bagi kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif, bisabolol juga sangat cocok untuk melembabkan kulit. Ditambah, ada sensasi sejuk yang kamu rasakan, dimana ini memberika rasa nyaman selama proses mengatasi kekeringan kulitmu.

7. Mengurangi Sunburn

Terakhir, bisabolol membantu mengurangi rasa tidak nyaman ketika terjadi sunburn. Ini juga yang menjadi alasan kenapa bisabolol sering terkandung pada produk perawatan kulit seperti tabir surya.

Jenis Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Bisabolol

bisabolol-adalah

Melihat dari banyaknya manfaat bisabolol untuk kulit sensitif, berikut ini sederet produk yang sering mengandung bisabolol untuk memaksimalkan fungsinya.

1. Tabir Surya

Tidak heran jika bisabolol sering terkandung pada tabir surya. Kandungan alami bisabolol bekerja efektif untuk menenangkan kulit, termasuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat sunburn.

2. Serum Wajah

Masih ingat manfaat bisabolol yang dapat merawat kulit berjerawat dan menyamarkan bintik hitam? Bisabolol dapat mendukung fungsi serum wajah untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat serta mencegah jerawat datang lagi.

3. Sampo

Selain bermanfaat untuk kulit wajah, kandungan bisabolol juga sangat baik untuk kulit kepala. Terutama dalam meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan, membuatnya halus dan menambah hidrasi tambahan.

4. Lip Balm

Kamu harus menjamin bibir tetap lembab supaya bibir dapat terus melindungi diri ditengah lapisannya yang tipis. Satu kandungan melembabkan pada lip balm yang bisa mengatasi ini adalah bisabolol.

Selain itu, bisabolol yang sangat baik untuk mempercepat penyembuhan luka, sering terdapat pada produk perawatan kulit bibir seperti lip balm. Fungsinya, supaya lapisan minyak di area bibir bisa terlindungi dari luka akibat kekeringan.

Last Updated on July 28, 2024

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 28 July 2024

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya