7 Fungsi Lip Balm dan Cara Memilih Lip Balm Sesuai Masalah Bibir

0
Diunggah 24 July 2024
LikeKulit Kering

7 Fungsi Lip Balm dan Cara Memilih Lip Balm Sesuai Masalah Bibir

Sahabat AVO, fungsi lip balm ternyata lebih dari sekedar melembabkan. Yaitu dapat membantu melindungi bibir dari efek buruk sinar matahari, membantu eksfoliasi ringan pada area bibir, hingga memberi warna pada bibir.

Fungsi lip balm ini alangkah baiknya jika kamu sesuaikan dengan masalah pada bibir yang sedang kamu alami. Misalnya, jika kamu punya masalah bibir pecah-pecah, carilah lip balm yang memberi kelembaban dengan kandungan bisabolol untuk menambah kebutuhan hidrasi. Jika kamu ingin melindungi bibir dari sinar matahari berbahaya maka kamu bisa memilih lip balm yang mengandung SPF.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini 7 fungsi lip balm dan cara memilih lip balm sesuai masalah bibir.

7 Fungsi  Lip Balm 

7-fungsi-lip-balm

Masuk sebagai produk perawatan bibir, lip balm memiliki banyak manfaat. Mulai dari melembabkan, proteksi terhadap sinar matahari, eksfoliasi hingga memberikan warna.

1. Melembabkan Bibir

Fungsi utama lip balm adalah melembabkan, ini kenapa lip balm selalu mengandung bahan-bahan alami untuk menambah hidrasi pada bibir. Diantara semua bahan alami, pilih lip balm dengan kandungan bisabolol karena berasal dari ekstrak chamomile flower yang terkenal lembut dan mampu menyembuhkan.

2. Menyembuhkan Luka Bibir

Lip balm dapat memberikan kelembaban pada lapisan pelindung bibir dan hal ini mampu mendukung kerja pelindung bibir supaya mempercepat penyembuhan pada kulit bibir yang sedang terluka.

3. Proteksi dari Sinar Matahari

Fungsi lip balm untuk melindungi bibir dari sinar matahari didukung dengan tambahan SPF pada suatu lip balm. Sinar matahari memiliki efek buruk yang dapat menimbulkan potensi kanker, bibir hitam, hingga kerutan. Maka sangat wajib untuk kamu menggunakan lip balm dimanapun kamu berada, terutama yang mengandung SPF.

3. Mengatasi Bibir Hitam

Selain melembapkan dan menyembuhkan, lip balm juga dapat mengatasi bibir hitam dengan cara mencerahkan area sekitar bibir. Namun, untuk mendapatkan manfaat dari fungsi pastikan kamu menggunakan lip balm yang mengandung SPF.

4. Menambah Nutrisi Bibir

Banyaknya kandungan alami pada lip balm dapat menambah nutrisi pada bibir. Fungsi ini pun bisa semakin maksimal apabila dikombinasikan dengan lip serum dalam lip care routine yang bisa kamu lakukan di rumah.

5. Membantu Eksfoliasi Bibir

Lip balm dapat menjadi produk perawatan bibir yang membantu eksfoliasi, terutama lip balm dengan kandungan AHA BHA untuk meluruhkan sel kulit mati area bibir. Lip balm dengan bahan aktif AHA BHA secara ringan dapat mengangkat sel kulit mati tanpa menimbulkan iritasi akibat gosokan yang terlalu keras seperti lip scrub.

7.  Memberi Warna pada Bibir

Fungsi lip balm yang terakhir adalah memberi warna pada bibir. Lip balm dengan warna-warna cerah dapat menambah penampilan bibir sekaligus menutrisi. Solusi praktis untuk kamu yang mencari lip stick dan lip care pada satu produk.

Cara Memilih Lip Balm sesuai Masalah Bibir

Ada banyak sekali fungsi lip balm untuk mengatasi masalah-masalah bibir. Biasanya, ini disesuaikan dengan kandungan yang ada di dalam balm itu sendiri.

Yuk cek beberapa masalah bibir dan lip balm apa yang cocok digunakan untuk menyembuhkannya.

1. Bibir Gelap karena Penumpukan Sel Kulit Mati

Kondisi bibir gelap bisa disebabkan karena penumpukan sel kulit mati. Alhasil, kamu perlu mencari lip balm yang mengandung AHA BHA untuk meluruhkan sel kulit mati tersebut.

Oleskan balm yang mengandung AHA BHA secara lembut ke area bibir. Jangan gosok terlalu keras, melainkan gosok secara ringan untuk mencegah iritasi. Lakukan eksfoliasi bibir dengan lip balm sebagai aktivitas mingguan.

2. Bibir Gelap Karena Sinar UV

Selain karena penumpukan sel kulit mati, penyebab bibir gelap adalah sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan warna bibir berubah menjadi kecoklatan atau hitam. Supaya hal ini tidak terjadi, pilih lip balm yang mengandung SPF 15 atau lebih.

3. Bibir Kering

Bibir adalah lapisan dengan konsistensi dan kelenjar yang berbeda. Salah satunya, bibir tidak punya kalenjar minyak yang mampu menghidrasi bibir secara optimal. Kamu bisa menambah kelembaban bibir dengan lip balm yang mengandung bisabolol.

Bibir harus dijamin tetap lembab supaya dapat melindungi diri dari kering, ditengah lapisannya yang tipis. Yaitu dengan menggunakan lip balm yang mengandung bisabolol.

4. Bibir Pecah-Pecah

Kamu yang sedang mengalami bibir pecah-pecah dalam waktu yang lama, pilih lip balm dengan kandungan menyembuhkan seperti bisabolol. Bibir adalah lapisan kulit yang tipis dibanding lainnya, sehingga harus dijamin dengan kandungan yang lembut, no fragrance dan no alcohol supaya tidak iritasi. Apalagi ketika bibir pecah-pecah dan rawan terluka.

Rekomendasi Lip Balm untuk Mengatasi Masalah Bibir

Lip-Balm

Avoskin telah menghadirkan YSB Hybrid Elixir Super Slick Tinted Balm SPF 20. Memiliki kandungan Illipe Butter, Moringa Oil, Natural Oil, Vitamin E, Sodium Hylauronate, Bisabolol dan SPF 20. Kamu bisa menggunakan satu balm yang dapat mengatasi hingga empat masalah kulit.

  • Melindungi bibir dari efek buruk sinar UV dengan kandungan SPF 20
  • Melembabkan secara optimal dengan kandungan moringa oil dan 6 natural oil lainnya
  • Mempercepat penyembuhan luka pada area sekitar bibir
  • Mencerahkan kulit bibir dan meratakan warna kulit

Hybrid Elixir Super Slick Tinted Balm merupakan balm berwarna yang masuk hybrid skincare. Yaitu produk perawatan bibir yang bisa digunakan untuk riasan bibir karena warnanya tahan lama. Produk bibir yang satu ini hadir dengan dua shade yaitu Rana (brick orange) dan Ruby (red wine). Cocok digunakan untuk kulit dengan undertone warm. 

Itu dia Sahabat AVO, 7 fungsi lip balm dan cara memilih lip balm sesuai dengan masalah bibir. Siapa sangka? Fungsi lip balm ternyata lebih dari sekedar melembabkan. Yaitu dapat membantu melindungi bibir dari efek buruk sinar matahari, membantu eksfoliasi ringan pada area bibir, hingga memberi warna pada bibir. Kalau kamu, kira-kira fungsi lip balm yang mana yang paling bisa menyembuhkan masalah kulit bibirmu?

Last Updated on August 15, 2024

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 24 July 2024

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya