9 Cara Mengetahui Undertone Kulit supaya Makin Akurat

0
Diunggah 13 August 2024
LikeMakeup

9 Cara Mengetahui Undertone Kulit supaya Makin Akurat

Cara mengetahui undertone kulit sangat penting dilakukan karena dengan mengetahui undertone kulit, kamu bisa terbantu dalam memilih pakaian, warna rambut hingga warna kosmetik seperti lipstik. Sederet cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui undertone kulit misalnya : 

  • Menggunakan kertas putih
  • Memakai pakaian berwarna putih
  • Menggunakan pakaian warna netral
  • Memakai perhiasan
  • Memperhatikan warna pembuluh nadi
  • Melihat warna kulit di belakang telinga
  • Memanfaatkan sinar matahari
  • Mencoba berfoto bersama teman-teman
  • Melihat warna rambut dan mata

Apa itu Undertone Kulit?

cara-mengetahui-undertone-kulit

Undertone kulit adalah warna halus yang terletak di bawah permukaan kulit. Rona halus ini bisa dipengaruhi salah satunya oleh letak pembuluh nadi yang paling signifikan dekat dengan kulit.  Setiap orang itu punya warna rona halus nadi berbeda-beda. Meskipun demikian, warna ini masuk dalam kategori warna alami yang dimiliki masing-masing orang. 

Ketika menyebut tentang undertone kulit, kamu harus perhatikan bahwa undertone kulit berbeda dengan warna kulit. Warna kulit berkaitan dengan pigmen kulit di lapisan teratas. Sedangkan undertone kulit adalah warna alami di bawah permukaan kulit. 

Biasanya, undertone kulit paling berpengaruh ketika memilih produk makeup, aksesori, atau pakaian. Salah satu pertimbangan yang membuat kamu tertarik pada produk ini adalah warnanya. Bisa jadi warna yang dipakai model pada katalog online terlihat bagus, namun ketika kamu pakai ternyata terlihat tidak cocok. Ini dikarenakan kamu memiliki undertone kulit yang berbeda dengan si model. 

Mengenal undertone kulit memberikan manfaat untuk kamu bisa lebih mudah dalam menentukan shade atau warna kosmetik yang cocok, terutama pemilihan warna lipstik.

Bedanya Undertone Kulit dengan Warna Kulit 

Secara lebih detail lagi, undertone kulit itu berbeda dengan warna kulit. Undertone adalah rona alami di bawah permukaan kulit yang tidak bisa berubah karena pengaruh apapun. Sedangkan warna kulit adalah genetik dan bisa dirubah karena faktor seperti sinar matahari atau produk pencerah wajah. 

Warna kulit adalah warna yang berkaitan dengan pigmentasi, biasanya dibagi menjadi light, fair, medium, dan dark. Sedangkan undertone kulit dibagi menjadi beberapa jenis yaitu warm, neutral, dan cool. 

Jenis Undertone Kulit

Undertone kulit dibagi menjadi tiga, yaitu warm, neutral dan cool. Maksudnya seperti apa? Yuk, simak penjelasan di bawah ini. 

Undertone Warm

Undertone warm ditandai dengan nuansa kulit pucat. Warna kulitnya akan warna kuning, persik, dan emas. 

Undertone Neutral

Neutral adalah undertone kulit yang tidak begitu jelas terlihat, ini membuat undertone neutral cenderung memiliki tone yang mirip warna kulit.

Undertone Cool

Disebut cool karena undertone ini condong ke arah merah muda hingga kebiruan. 

9 Cara Mengetahui Undertone Kulit

Setelah memahami undertone kulit dan beberapa jenis, sekarang saatnya kamu mengetahui undertone kulit sendiri. Ada 9 cara mengetahui undertone kulit supaya kamu lebih mantap dalam menentukan undertone kulit sendiri.

1. Menggunakan Kertas Putih

Cara menentukan undertone kulit pertama adalah dengan memegang kertas putih di samping wajah. Kalau wajahmu terlihat lebih kuning, maka artinya undertone kamu hangat. Sementara itu, apabila kulit tampak berwarna merah muda, maka hal tersebut menunjukkan undertone dingin.

2. Memakai Pakaian Putih

Selain memakai kertas putih untuk mengetahui warna undertone, pakaian putih juga bisa. Kamu pilih satu pakaian putih dan pergi ke luar ruangan supaya terkena cahaya terang. Kalau kulit kamu pink atau kemerahan, tandanya kamu cool undertone. Kalau warna wajahmu kuning berarti warm undertone. Sedangkan jika pakaian putih terlihat tidak cocok dan lebih cocok dengan warna off-white atau krem, itu tandanya kamu punya warm undertone

3. Mengenakan Pakaian Berwarna Netral

Kamu juga bisa menggunakan pakaian berwarna hitam, cokelat, atau putih gading. Kalau kamu terlihat cocok dengan ketiga warna tersebut, berarti kamu undertone netral. 

Kalau kamu lebih optimal memakai warna coklat, off white, atau krem artinya kamu undertone warm. Sedangkan, jika kulitmu terlihat begitu pas ketika pakai warna putih cerah dan hitam maka tandanya kamu pemilik undertone dingin. Selain wam dan cool, undertoneneutral cenderung tidak punya warna-warna dominan karena semua cocok untuk dipakai. 

4. Memakai Perhiasan

Bagi kamu dengan undertone dingin biasanya lebih cocok menggunakan perhiasan perak karena terlihat sangat kontras. Kemudian, jika kamu warm atau hangat maka emas akan terlihat lebih mengkilap di kulit. Sedangkan, jika perhiasan perak maupun emas sama-sama mengkilap, maka menandakan undertone kulit yang netral.

5. Memperhatikan Warna Pembuluh Darah Nadi

Ini adalah cara paling populer dalam menentukan undertone kulit. Pembuluh nadi terdekat yang bisa dilihat adalah pergelangan tangan. Warna pembuluh darah ungu atau biru menandakan undertone dingin. Undertone hangat ditandai dengan warna pembuluh darah kehijauan. Sementara itu, apabila pembuluh darah tidak begitu jelas, maka biasanya menunjukkan undertone netral.

6. Melihat Warna Kulit Di Belakang Telinga 

Cara mengetahui warna undertone kulit dengan cek belakang telinga sebenarnya masih berkaiatn dengan pembuluh darah. Kali ini, kamu perlu meminta bantuan orang lain untuk melihat warna kulit di belakang telinga. Kalau warnanya kekuningan maka termasuk warm undertone. Kalau warnanya pink kemerahan maka kamu cool undertone. Jika merupakan gabungan keduanya atau malah tidak terlihat sama sekali, maka termasuk netral.

7. Memanfaatkan Paparan Sinar Matahari

Kamu punya undertone cool kalau paparan sinar matahari membuat kulitmu mudah terbakar. Ini berbeda dengan undertone warm yang tidak mudah mengalami kemerahan atau kulit terbakar karena sinar matahari. Sedangkan jika kulit adalah warn undertone, maka kulitnya akan terbakar dan menggelap secara perlahan.

8. Foto Bersebelahan dengan Sahabatmu

Berfoto bersama sahabat, atau berjejeran dengan banyak orang pada satu frame bisa bantu menemukan rona kulit. Misalnya, Kalau kulit wajahmu punya rona lebih pink ketimbang teman-teman, maka kamu undertone cool.  Kalau wajah terlihat lebih keemasan, maka undertone adalah warm. Kalau kamu tidak bisa memutuskan antara pink dan keemasan, maka kulitmu netral.

9. Warna Rambut dan Mata

Secara umum, warna rambut dan mata yang terang disebut memiliki cool undertone, sedangkan jika memiliki warna rambut dan mata yang cenderung gelap maka orang tersebut memiliki warm undertone. Meskipun demikian, cara ini belum tentu akurat. Kamu pun disarankan untuk mencoba 8 cara lain dalam mengetahui rona dibawah kulit. 

Rekomendasi Produk Lipstik untuk Undertone Warm

Cara Mengetahui Undertone

Setelah mendapatkan cara mengetahui undertone kulit, saatnya memilih produk lipstik untuk jenis kulitmu. 

Kamu tidak perlu bingung lagi mencari produk bibir dengan warna-warna yang cocok untuk kulit warm, Hybrid Elixir Super Slick Tinted Balm adalah solusi untuk kamu. Seperti namanya, Hybrid Elixir Super Slick Tinted Balm merupakan balm berwarna yang masuk hybrid skincare. Yaitu produk perawatan bibir yang bisa digunakan untuk riasan bibir karena warnanya tahan lama. 

Produk bibir yang satu ini hadir dengan dua shade yaitu Rana (brick orange) dan Ruby (red wine). Cocok digunakan untuk kulit dengan undertone warm. 

Itu dia Sahabat AVO, 9 cara mengetahui undertone kulit. Semakin banyak cara yang kamu coba maka semakin akurat kamu menentukan warna dibawah permukaan kulitmu. Tidak ada salahnya mempertimbangkan undertone kulit sebagai alasan untuk memilih produk kosmetik dan kecantikan. Melalui pengetahuan terhadap undertone kulit, maka penampilanmu menjadi lebih optimal dan cocok dengan kakteristik kulit.

Last Updated on September 09, 2024

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 13 August 2024

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya