15 Cara Mengatasi Kerutan di Bawah Mata

0
Diunggah 21 August 2024
LikeRetinol

15 Cara Mengatasi Kerutan di Bawah Mata

Cara mengatasi kerutan di bawah mata bisa dilakukan secara alami maupun non alami. Kamu bisa menghilangkan dan mencegah kerutan di bawah mata secara alami dengan stop kebiasaan merokok, konsumsi makanan sehat, masker pepaya hingga penggunaan minyak zaitun.

Sedangkan jika kamu ingin mengatasinya secara non alami maka kamu dapat melakukan prosedur laser hingga penggunaan skincare khusus mata seperti retinol.

15 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Di bawah ini telah dirangkum 15 cara mengatasi kerutan di bawah mata baik secara alami maupun non alami. Kamu bisa memilih cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang paling cocok dan sesuai dengan kamu.

1. Menggunakan Masker Pepaya

Satu cara pertama datang dari masker pepaya yang memiliki vitamin A, C dan E yang bersifat antioksidan sehingga memberikan nutrisi di area sekitar mata. Kamu bisa membuat masker pepeya dengan ambil 1/4 bagian lalu campurkan bagian ini dengan madu.

2. Mengoleskan Minyak Zaitun

Cara mengatasi kerutan di bawah mata selanjutnya adalah mengoleskan minyak zaitun di area bawah mata supaya menjaga kekembabannya. Minyak ini mengandung vitamin E dan K yang tidak perlu diragukan lagi dalam dunia kecantikan.

3. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok mampu mempercepat proses penuaan. Ada kandungan di dalam rokok yang akhirnya memecah kolagen lalu mempercepat proses penuaan dini. Inilah kenapa satu-satunya cara menghilangkan kerutan di bawah mata akibat rokok adalah menghentikan kebiasaan merokok.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara mengatasi kerutan di bawah mata selanjutnya adalah dengan mulai makan makanan sehat dan bergizi. Terutama makanan yang baik untuk kulit dengan kandungan A, C dan E. Kamu pun bisa menemukan manfaat makanan sehat ini dari alpukat, ikan, brokoli, cokelat hitam, dan tomat.

5. Mengelola Stres

Penting juga untuk mengelola stres karena kondisi stres berpengaruh pada kesehatan kulit. Ada hormon stres yaitu kortisol yang dapat menyebabkan perpecahan di area sel-sel kulit. Ini menjadi penyebab kenapa timbul garis halus atau kerutan. Alhasil, supaya kerutan di bawah mata tidak muncul lebih awal maka kamu perlu mengelola stres dengan melakukan hal-hal yang membuat kamu bahagia.

6. Menggunakan Krim Mata

Kerutan di bawah mata bisa dilakukan lewat penggunaan krim mata. Pilihlah krim mata dengan kandungan retinol atau retinoid, vitamin C, peptide, dan asam hialuronat. Cara menghilangkan kerutan di bawah mata lewat krim mata pun bisa dilakukan dengan mengoleskan krim mata pada malam hari sebelum tidur.

7. Melakukan Eksfoliasi Pada Area Mata

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata selanjutnya adalah dengan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati di area mata. Pastikan untuk menggunakan produk eksfoliasi kimiawi yang khusus dibuat untuk area sekitar mata lalu pijat lembut. Selain itu, tidak disarankan melakukan eksfoliasi pada area mata secara fisik.

8. Menggunakan Pelembap

Menggunakan pelembab bisa mengatasi kerutan di bawah mata karena kulit yang lembab dapat mempertahankan elastisitas. Pilih dan gunakan jenis pelembap yang berfungsi meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

9. Menggunakan Tabir Surya Setiap Hari

Selain pelembab, menggunakan tabir surya minimal SPF 30 setiap hari merupakan salah satu cara menghilangkan kerutan di bawah mata. Terutama karena tabir surya melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat mempercepat penuaan kulit di sekitar mata.

10. Melakukan Suntik Botox

Prosedur medis yang satu ini menjadi cara mengatasi keriput non alami. Kamu akan diberikan dosis yang tepat untuk kemudian disuntikan di area-area rawan kerutan seperti alis, dahi, hingga sudut luar. Efek botox akan muncul dalam 1–7 hari dan bertahan selama 3–4 bulan.

11. Melakukan Chemical Peeling

Cara lain untuk mengatasi garis halus dan kerutan adalah penggunaan bahan kimia untuk membuang sel kulit mati. Berbeda dengan skincare, melakukan chemical peeling biasanya dilakukan oleh ahli dalam bentuk perawatan kulit.

Metode perawatan wajah ini mengangkat sel mati dan sel baru yang muncul selanjutnya akan membentuk lapisan kulit baru yang lebih halus dan kencang.

12. Melakukan Prosedur Laser

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata selanjutnya adalah metode laser untuk merangsang pertumbuhan kolagen dan serat baru supaya lebih kencang. Secara lebih detail, metode perawatan ini menggunakan pancaran energi yang bisa menghilangkan lapisan atas kulit lalu secara perlahan, kerutan di bawah mata akan hilang.

13. Melakukan Prosedur Dermabrasi

Prosedur medis untuk menangani keriput lainnya adalah dermabrasi. Yaitu, menggunakan alat perangkat khusus yang memiliki roda atau sikat pada ujungnya untuk menghilangkan permukaan kulit yang berkerut. Tujuannya, mendorong sel kulit baru yang sehat dan kencang tumbuh.

14. Melakukan Filler

Berbeda dengan botox, menghilangkan kerut di bawah mata dengan filler adalah mengisi jaringan kulit dan jaringan di bawah kulit dengan kolagen, asam hialuronat, dan lemak. Efek filler dapat bertahan selama 6–24 bulan.

15. Menggunakan Ampoule Retinol

Selain krim mata dengan kandungan retinol, kamu juga bisa menggunakan ampoule dengan kandungan retinol untuk mengurangi kerutan halus. Dikarenakan retinol masuk ke dalam bahan aktif dan area bawah mata masuk kategori sensitif, pastikan untuk dibarengi dengan penggunaan pelembap dan tabir surya minimal 30 SPF setiap hari setelah mengoleskan retinoid pada wajah.

Rekomendasi Eye Ampoule untuk Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Cara mengatasi kerutan di bawah mata bisa dilakukan secara alami dan non alami. Jika kamu ingin menangani keriput dan garis halus lewat perawatan kulit non alami, maka kamu bisa memulainya dengan ampoule retinol.

Avoskin telah merilis Advanced Eye Ampoule dengan kandungan kandungan 7,5% peptide, Niacinamide, Ekstrak Mentimun, Caffeine, dan Green Tea berfungsi untuk memicu produksi kolagen alami pada kulit. Lewat persentase yang tinggi, kerutan dibawah mata pun dapat dikurangi dan dicegah. 

Cara penggunaan Avoskin Advanced Eye Ampoule ini pun sederhana :

  1. Teteskan 2 atau 3 drop Avoskin Advance Action Eye Ampoule di jari.
  2. Aplikasikan pada kulit bawa bawah mata dan kelopak mata dengan pijatan lembut.
  3. Gunakan Avoskin Advance Action Eye Ampoule sehari dua kali pada pagi dan malam hari dalam kondisi kulit bersih setelah menggunakan rangkaian skincare lainnya.
  4. Hasil akan terlihat lebih optimal setelah pemakaian rutin selama 28 hari.

Sahabat AVO, itu dia 15 cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami dan non alami. Lebih banyak cara yang digunakan untuk mencegah kerutan maka semakin optimal juga perawatan daerah sekitar mata!

Last Updated on August 21, 2024

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 21 August 2024

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya