fbpx

6 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Healthy Skin - Elisabeth - October 30, 2020

Sebagai perempuan wajar jika ingin tampil cantik namun tetap sehat. Namun, apa jadinya kalau kondisi tubuh sedang hamil? Tentunya kamu harus selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi tetapi tidak hanya itu, kamu juga harus selektif dalam memilih skincare yang akan dipakai. Sayangnya, tidak semua kandungan dalam skincare itu aman digunakan oleh perempuan yang sedang hamil. Apa saja sih kandungan skincare yang harus dihindari ibu hamil? Yuk, simak!

1. Retinoid

Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang sering ditemukan pada produk anti jerawat dan masker wajah. Namun, jika produk ini digunakan oleh ibu hamil, kandungan retinoid ini dapat merusak perkembangan janin hingga menyebabkan cacat.

2. Hydroquinone

Biasanya hydroquinone ini ditemukan pada produk pemutih wajah. Namun, kandungan ini dapat menyebabkan kerusakan organ pada janin dan memberikan pengaruh terhadap enzim yang memproduksi melanin dalam tubuh sehingga menyebabkan prosen alami pembetukan kulit yang sehat untuk calon bayi terhalang. Sebaiknya hindari produk pemutih wajah ketika sedang hamil.

3. Salicyl Acid (BHA)

BHA biasa dikenal dengan nama salicylic acid. Kandungan ini dikenal ampuh untuk menangani jerawat dan relatif aman. Namun, ada beberapa produk kecantikan dengan kandungan BHA yang melebihi normal sehingga bisa berbahaya bagi ibu hamil. Jadi, sebaiknya hindari kandungan ini atau kamu bisa konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga : Amankah Produk Chemical Peeling untuk Ibu Hamil dan Menyusui? Simak Yuk!

4. Tetracyline

Tetracycline adalah antibiotik yang ada dalam skincare. Ini berguna untuk mengobati berbagai macam kondisi seperti jerawat dan penyakit lyme. Kandungan ini juga harus dihindari selama kehamilan karena dapat merusak hati wanita hamil dan menghitamkan gigi bayi yang tumbuh nantinya.

5. Phthalates

Phthalates sering ditemukan dalam parfum, cat kuku, dan skincare. Phthalates dalam skincare yang digunakan oleh ibu hamil akan menyebabkan perkembangan janin abnormal. Selain itu, kandungan ini dapat menyebabkan darah tinggi hingga ADHD dan diabetes.

6. Benzoyl peroxide

Kandungan ini biasanya terdapat pada skincare untuk mengatasi jerawat. Zat ini mudah terserap ke dalam pori sehingga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, kandungan ini memiliki efek samping seperti membuat area kulit menjadi kering dan kemerahan. Kalau ibu hamil memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya hindari skincare dengan kandungan ini. 

Last Updated on February 2, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *