Amankah Produk Chemical Peeling untuk Ibu Hamil dan Menyusui? Simak Yuk!

Healthy Skin - rustaviani - September 13, 2020

Ibu hamil dan menyusui seringkali mengalami masalah pada kulit dari kulit sensitif, jerawat, kulit menghitam, garis di perut, hingga stretch mark. Banyak ibu hamil yang kemudian ingin mengatasi masalah kulit ini dengan melakukan prosedur perawatan kulit dengan produk chemical peeling. Namun, seringkali khawatir akan memengaruhi pertumbuhan janin dan bayi. Lalu, amankan produk chemical peeling untuk ibu hamil dan menyusui ini?

Penjelasan Chemical Peeling

Chemical peeling adalah salah satu perawatan kulit yang menggunakan bahan kimia dioleskan pada kulit. Bahan kimia yang digunakan beragam mulai dari yang ringan sampai yang memiliki efek kuat. Bahan kimia ini akan mengelupas lapisan atas kulit agar merangsang tumbuhnya lapisan kulit baru. Bahan kimia yang digunakan biasanya bervariasi tergantung kepada kebutuhan kulitmu.

Kandungan Dalam Produk Chemical Peeling

Produk chemical peeling mengandung banyak enzim yang penting untuk merawat kulit. Mulai dari salicylic acid, clycolic acid, alpha hydroxy acid, retinoid acid, dan mandelic acid. Semua senyawa yang digunakan dalam produk chemical peeling ini memiliki fungsi yang hampir sama. Semuanya diformulasikan khusus untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang proses regenerasi sel baru. Selain itu, senyawa ini mampu membersihkan pori-pori dari minyak dan kotoran. Tentunya hal ini akan menghasilkan kulit yang bersih dari bekas jerawat, komedo dan bekas luka.

Baca Juga : Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasi Tekstur Kulit Wajah yang Tidak Merata

Produk Chemical Peeling untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ada beberapa kandungan dalam produk yang sebaiknya tidak digunakan pada ibu hamil dan menyusui seperti retinol dan retinoid acid. Kandungan ini sebenarnya adalah kandungan derivative vitamin A seperti retinoid acid, retinol, tretinoin, adapalene. Ini semua tidak boleh digunakan karena bisa diserap oleh kulit dan membuat kulit iritasi.

Namun, ada kandungan produk chemical peeling yang memang relatif aman untuk digunakan pada ibu hamil dan menyusui. Kandungan BHA relatif aman untuk digunakan karena belum ada penelitian yang membuktikan bahwa BHA benar-benar berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui. Hal ini dapat dilihat dari hampir semua produk jerawat dan peeling menggunakan BHA. Bahkan produk ini juga telah mendapat persetujuan dari FDA (Food & Drugs Administration atau BPOM di Indonesia). Sedangkan AHA telah dinyatakan aman untuk ibu hamil karena beberapa studi telah membahas kandungan yang satu ini.

Jika ingin menggunakan produk chemical peeling untuk mengatasi jerawat, kamu masih bisa menggunakan produk chemical peeling dengan AHA atau BHA dalam bentuk serum atau toner. Meski kandungan ini tidak berbahaya sebaiknya kamu tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena kondisi kulit setiap ornag berbeda.    

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *