Hindari Beberapa Hal Ini Agar Kulit Tidak Iritasi Ketika Menggunakan Face Scrub

0
Diunggah 19 April 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Hindari Beberapa Hal Ini Agar Kulit Tidak Iritasi Ketika Menggunakan Face Scrub

Menggunakan face scrub memang penting untuk perawatan kulit. Namun, kamu harus menghindari beberapa hal agar kulit tidak iritasi.

Kulit wajah memang perlu dieksfoliasi secara teratur agar sel kulit mati bisa diangkat. Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan memakai scrub. Kamu perlu melakukan eksfoliasi menggunakan scrub ini dengan benar agar kulit menjadi lebih mulus dan cerah. Nah, kamu perlu menghindari beberapa hal ini agar kulit tidak iritasi ketika menggunakan face scrub.

1. Memilih Produk yang Salah

Kamu harus memilih produk scrub yang mild dan mengandung butiran scrub yang tidak terlalu keras. Butiran scrub yang terasa lembut di wajah lebih baik daripada yang kasar. Jangan memakai scrub tubuh untuk mengangkat sel kulit mata di wajah.

2. Melakukan Eksfoliasi Saat Wajah Kering

Kulit wajah yang bersisik atau terkelupas memang terlihat buruk. Menurut American Academy of Dermatology, menggunakan scrub saat kulit kering atau sensitif akan jauh lebih berbahaya. Hal ini akan menyebabkan iritasi dan menggores permukaan kulit.

Pastikan kondisi kulit selalu sedikit basah atau lembap sebelum mengoleskan scrub. Air akan membantu melicinkan kulit sehingga proses scrub menjadi lebih mudah. Maka dari itu, membasahi wajah dengan air sangat penting sebelum mengoleskan produk facial scrub.

3. Wajah Masih Kotor

Sebaiknya lakukan proses eksfoliasi ketika kulit wajah sudah bersih dari kotoran dan debu. Melakukan eksfoliasi kulit saat masih kotor akan menahan kotoran di dalam kulit wajah. Selain itu, menggunakan scrub saat wajah masih kotor akan membuat manfaat scrub tidak bekerja maksimal.

Beberapa orang langsung menggunakan scrub agar seluruh kotoran terangkat, sehingga kamu cuma membutuhkan satu langkah untuk membersihkan wajah. Faktanya, melakukan eksfoliasi wajah yang terlalu kotor akan menahan kotoran lebih lama di permukaan kulit. Maka dari itu, kamu perlu membersihkan wajah dengan facial wash atau cleansing milk terlebih dulu sebelum menggunakan lulur wajah.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Daki di Tubuh dengan Bahan Alami

4. Mengeksfoliasi Saat Kulit Tidak Sehat

Jika kulitmu sedang rawan atau berjerawat, sebaiknya kamu tidak menggunakan face scrub dulu. Hal ini dikarenakan bisa merusak permukaan kulit wajah dan membuat jerawat semakin parah. Kondisi kulit ini akan beraksi terhadap exfoliant kimia. Sebaiknya, jangan melakukan eksfoliasi pada bagian kulit yang berjerawat. Kalau kamu tetap menggunakan scrub, wajahmu akan lebih berjerawat dan meninggalkan bekas sesudahnya.

Maka dari itu, hindari mengeksofilasi kulit yang sedang bermasalah seperti jerawat atau iritasi. Biarkan kulit beristirahat sejenak untuk memulihkan kondisinya. Menggunakan scrub saat kulit dalam kondisi tidak sehat akan memicu masalah lain.

5. Scrubbing Terlalu Sering

Melakukan scrub setiap hari adalah kebiasaan yang salah. Kalau kulit terlalu sering dieksfoliasi, kulit akan semakin tipis dan mudah iritasi. Jangan melakukan scrub setiap hari karena akan membuat kulit over exfoliate. Kamu cukup melakukan scrub 1 hingga 2 kali seminggu.

6. Melakukan Teknik yang Salah

Selalu lakukan scrub dengan lembut, letakkan scrub di ujung telunjuk tangan kanan lalu oleskan di 5 titik wajah seperti dahi, pipi, hidung dan dagu. Kemudian ratakan scrub dengan gerakan memutar dan lakukan secara perlahan. Jangan menggosok satu bagian wajah lebih dari 15-20 detik karena menggosok terlalu lama dan keras menyebabkan wajah iritasi.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu hindari saat menggunakan face scrub. Meskipun kamu ingin melakukan scrubbing untuk merawat wajah, bukan berarti asal menggunakannya akan memberi hasil yang maksimal. Mulai sekarang perhatikan penggunaan face scrub di wajahmu ya!

Last Updated on July 17, 2021

Tags Terkait

#eksfoliasi
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 19 April 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya