Ternyata Ini Alasan Cowok Wajib Menggunakan Sunscreen

0
Diunggah 23 April 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Ternyata Ini Alasan Cowok Wajib Menggunakan Sunscreen

Kebanyakan cowok beranggapan memakai sunscreen itu nggak banget. Padahal cowok wajib menggunakan sunscreen juga loh!

Banyak cowok yang masih menganggap sunscreen itu tidak terlalu penting. Mereka beranggapan kalau skincare hanya untuk cewek, padahal merawat kulit tidak pandang gender. Biasanya banyak cewek yang suka mengajak saudara lelaki, suami, atau teman untuk merawat kulit tetapi selalu ditolak. Kebanyakan cowok akan beranggapan pakai skincare itu ribet dan membuang waktu. Padahal, cewek atau cowok memiliki resiko mengalami penuaan, sunburn, dan kanker kulit akibat sinar UV. Nah, di bawah ini ada penjelasan kenapa sih cowok wajib menggunakan sunscreen juga.

Mengenal Sinar Ultraviolet

Sinar UV terbagi menjadi 3 yaitu sinar UVA yang memiliki panjang gelombang 320-400nm, sinar UVB memiliki panjang gelombang 290-320 nm, dan sinar UVC memiliki panjang gelombang 100-290nm.

Paparan sinar UVA dapat menyebabkan penuaan dini seperti kerutan halus, flek hitam di wajah, dan bisa menembus kaca jendela rumah atau bangunan. Sedangkan paparan sinar UVB yang berlebihan dapat merusak serat kolagen dan menyebabkan sunburn. Kedua sinar ini dapat meningkatkan risiko kanker kulit. 

Sinar UVC adalah jenis sinar UV yang paling berbahaya karena bersifat karsinogenik atau memicu kanker kulit. Jadi, kamu harus lebih waspada pada sinar ini.

Baca Juga : Yuk, Ikuti 3 Tips Ini Agar Sunscreen Tidak Pilling

Alasan Cowok Tidak Mau Pakai Sunscreen

Tidak heran kalau cowok lebih beresiko terkena kanker kulit, ya. Hal ini dikarenakan cowok lebih cuek akan dampak radiasi sinar UV, kesadaran cowok tentang bahaya sinar UV terhadap kulit memang terbilang masih rendah.

Namun, selalu saja ada alasan untuk cowok tidak mau pakai sunscreen. Adanya anggapan kalau pakai sunscreen rasanya lengket dan tidak nyaman, cara pakai yang ribet, sampai harganya yang mahal. Padahal, sudah banyak sunscreen yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Hal lainnya yang menjadi alasan cowok malas pakai sunscreen adalah sifat maskulinitas. Sifat maskulinitas ini sering dihubungkan dengan perilaku yang cenderung membahayakan kesehatan sedangkan feminitas dihubungkan dengan perilaku yang meningkatkan kesehatan. Nah, sunscreen dan produk perawatan kulit lainnya dianggap sebagai benda feminim yang identik dengan perempuan. Makanya banyak cowok yang beranggapan pakai sunscreen itu tidak maskulin.

Cowok dan Risiko Kanker Kulit

Kanker kulit dapat menyerang siapa saja baik cewek ataupun cowok. Namun, banyak orang yang melupakan penggunaan sunscreen sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Hal ini karena anggapan sunscreen hanya digunakan oleh cewek. Padahal, cowok juga membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulit saat beraktivitas setiap hari agar terhindar dari risiko kanker kulit.

Apalagi, sebagian besar jenis pekerjaan yang dilakukan cowok itu berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari. Nah, risiko kanker kulit pada cowok ini bisa saja tak bisa dihindari jika tidak ada upaya pencegahan seperti penggunaan sunscreen.

Baca Juga : Sunscreen Lokal dari Avoskin dengan Finish Skin-Like

Tips Memilih Sunscreen untuk Cowok

Untuk kamu cowok yang masih bingung saat memilih sunscreen, kamu bisa ikuti beberapa rekomendasi di bawah ini.

  • Pilih sunscreen yang berspektrum luas, artinya dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Kamu bisa cek pada kemasan sunscreen yang ada tanda UVA+UVB.
  • Pilih sunscreen yang mengandung Sun Protector Factor (SPF) 30 atau lebih. Sunscreen dengan kandungan SPF dapat melindungi kulit dari sinar UVB. Sedangkan, untuk melindungi kulit dari sinar UVA, kamu membutuhkan sunscreen dengan kandungan Protection grade of UVA (PA).

PA terdiri dari 3 tingkat perlindungan yaitu PA+, PA++, PA+++. Semakin banyak tanda + berarti semakin kuat perlindungannya terhadap paparan sinar UVA

Kamu bisa menggunakan sunscreen setiap hari sebelum mulai beraktivitas di luar ruangan. Aplikasikan sunscreen pada kulit 15-20 menit sebelum kamu keluar dari ruangan.

Ternyata cowok juga wajib menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas untuk menghindari risiko kanker kulit ya. Jadi, buat para cowok di luar sana, jangan malas untuk menggunakan sunscreen ya! Kamu bisa pilih The Great Shield Sunscreen dari Avoskin untuk melindungi kulitmu.

Last Updated on April 25, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 23 April 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya