Apa itu Pilling? Berikut Penjelasan Pilling Adalah dan 5 Cara Mencegah Pilling Skincare dan Sunscreen

0
Diunggah 16 April 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Apa itu Pilling? Berikut Penjelasan Pilling Adalah dan 5 Cara Mencegah Pilling Skincare dan Sunscreen

Pilling adalah buliran-buliran putih di wajah saat menggunakan sunscreen, atau jenis skincare lainnya. Yuk, ikuti tips ini agar sunscreen tidak pilling!

Mungkin kamu masih bingung antara pilling dan peeling karena cara bacanya yang mirip. Namun, pilling dan peeling ini berbeda. Pilling artinya adalah kondisi ketika produk skincare yang dipakai tidak menyerap sempurna ke kulit sehingga tampak flaky dan gritty.

Pilling dapat terjadi karena beberapa skincare yang tidak cocok formulanya bertemu dan menghasilkan buliran pada kulit wajah atau karena kamu tidak memberikan waktu yang cukup agar masing-masing layer skincare meresap dengan baik.

Kamu bisa lihat ada rontokan berbentuk butiran putih di kulit. Nah, pilling ini sering terjadi saat kamu mengaplikasikan sunscreen. Jika kamu memakai sunscreen dan terjadi pilling, hal ini tentu saja tidak efektif untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Selain itu, tampilan di wajahmu juga akan buruk karena wajah seperti mengelupas ditambah complexion jadi terlihat tidak mulus dan rapi.

Baca Juga : Alasan Cowok Wajib Menggunakan Sunscreen

Jangan sampai masalah pilling ini membuatmu malas memakai sunscreen. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar sunscreen tidak pilling di wajahmu. Simak beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi terjadinya pilling skincare :

1. Jangan Terlalu Banyak Layering Skincare

Agar tidak terjadi pilling, sebaiknya kamu jangan menerapkan step skincare yang terlalu banyak sebelum mengaplikasikan sunscreen. Kalau kamu terlalu banyak melakukan layering, produk yang kamu gunakan akan membuat kulit jadi lebih lengket dan terasa berat. Hal ini akan membuat sunscreen tidak meresap dengan baik karena sudah banyak produk lain di kulit dan terjadilah pilling yang berwujud buliran seperti daki.

Kamu bisa menggunakan toner dan serum yang hydrating sebelum menggunakan sunscreen. Jadi, kamu bisa skip penggunaan moisturizer. Tahapannya setelah mencuci wajah adalah toner, essence, serum, dan sunscreen. Cara ini biasanya ampuh membuat sunscreen lebih cepat meresap dan tidak pilling.

2. Pilih Sunscreen dengan Kandungan Ringan untuk Mencegah Pilling

pilling artinya

Untuk menghindari terjadinya pilling, pilihlah jenis sunscreen yang ringan. Sunscreen dengan tekstur yang cair, lightweight, dan mudah meresap akan lebih mudah menempel di kulit, sehingga tidak mudah pilling jika dibandingkan dengan sunscreen yang thick dan lengket.

Saat mengaplikaskan sunscreen kamu perlu memperhatikan banyak produk yang digunakan, karena kalau terlalu banyak menggunakan produk akan membuat pilling. Sekarang sudah banyak sunscreen dari brand lokal dengan tekstur ringan yang bisa kamu beli seperti Avoskin The Great Shield Sunscreen.

Baca Juga: Sunscreen Lokal dari Avoskin dengan Finish Skin-Like

3. Beri Jeda Setiap Pemakaian Skincare agar Tidak Pilling

Saat melakukan layering skincare, kamu harus berhati-hati dan tidak terburu-buru agar tidak terjadi pilling. Biarkan satu produk meresap dengan maksimal lalu lanjutkan dengan produk selanjutnya. Kamu bisa biarkan produk meresap setelah 1-2 menit kemudian lanjutkan dengan produk lainnya.

Kalau kamu melakukan skincare layering tanpa memberi waktu untuk meresap, saat tahapan terakhir untuk menggunakan sunscreen akan rontok dan tidak menempel. Metode ini sangat penting, terutama untuk kamu yang akan menggunakan makeup setelah sunscreen.

Kondisi sunscreen yang pilling ini akan sulit diatasi meski sudah dibaurkan dengan makeup. Kalau kondisi sunscreen flaky dan kamu memakai cushion atau foundation, maka foundation yang kamu gunakan akan ikut pilling juga. Hal ini akan membuat makeup-mu jadi kacau dan kamu harus mengulang makeup dari awal lagi.

Itulah tips yang bisa kamu lakukan agar sunscreen yang kamu gunakan tidak pilling. Kamu juga perlu memperhatikan kandungan skincare yang kamu gunakan, karena serum, moisturizer, dan sunscreen yang mengandung silikon bisa memicu pilling. Jangan lupa untuk selalu merawat kesehatan kulitmu dan selalu pakai sunscreen sebelum beraktivitas ya!

4. Dilarang Melupakan Eksfoliasi Kulit, Tapi Jangan Berlebihan

Eksfoliasi dapat memengaruhi kelekatan produk skincare di kulitmu. Beberapa orang harus mengeksfoliasi terlebih dahulu kulitnya dari berbagai bekas skincare yang masih menempel di wajah serta kulit mati. Namun seperti yang sudah kamu ketahui, eksfoliasi tidak bisa dilakukan sembarangan.

Untuk kamu yang memiliki kulit kering disarankan mengeksfoliasi kulit 1 kali saja dalam satu minggu. Namun apabila kamu memiliki kulit yang oily makan kamu bisa mengeksfoliasi sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Tanda apabila kamu telah melakukan eksfoliasi secara berlebihan yaitu kulitmu menjadi sangat kering. Maka dari itu kamu tidak bisa membandingkan seberapa banyak jumlah eksfoliasi yang bisa kamu lakukan dengan orang lain apalagi jika jenis kulitnya berbeda

5. Langah Terakhir, Perhatikan Kandungan Produk

Apabila berbagai langkah di atas sudah kamu lakukan namun sunscreenmu tetap peeling artinya kamu harus melakukan tahap terakhir ini. Memperhatikan kandungan produk berarti kamu juga harus memahami kandungan mana yang sekiranya tidak cocok dengan kulitmu. Kamu bisa membandingkan kandungan satu skincare dengan yang lainnya dan melihat komponen apa yang berbeda serta menganalisa mana yang tidak cocok untukmu. Jenis komposisi bahan tertentu memang mudah mengelupas atau pilling seperti contohnya bahan-bahan yang merupakan gelling agent.

Last Updated on April 27, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 16 April 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya