Manfaat Retinol untuk Wajah dan Efek Sampingnya

0
Diunggah 09 March 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeIngredients

Manfaat Retinol untuk Wajah dan Efek Sampingnya

Kandungan bahan aktif turunan dari vitamin A ini memiliki banyak manfaat untuk kulit. Lalu, apa saja sih fungsi retinol untuk kulit?

Kandungan bahan aktif dalam skincare yang satu ini dipercaya bisa memperbaiki tekstur, pigmentasi, dan warna kulit secara transformatif. Dengan kata lain, fungsi retinol untuk wajah bisa dianggap sebagai sahabat untuk memasuki fase penuaan.

Baca Juga : 6 Penyebab Penuaan Dini Pada Wajah yang Harus Dihindari agar Awet Muda

Memasuki usia kepala tiga, muncul kekhawatiran munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus pada wajah. Nah. fungsi retinol ini untuk meningkatkan produksi kolagen dan meregenerasi kulit. Lalu, apa sih itu retinol dan apa fungsi retinol untuk wajah? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Apa Itu Retinol?

Retinol adalah kandungan bahan aktif turunan vitamin A yang banyak ditemukan dalam produk skincare. Fungsi retinol yang utama adalah mengatasi masalah penuaan kulit. Namun, retinol memiliki fungsi yang lebih banyak dari itu. Retinol mampu mengobati jerawat, memperbaiki warna kulit, mengatasi garis halus hingga keriput, bahkan mengatasi hilangnya kekenyalan kulit.

Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

Kandungan retinol memang cocok untuk digunakan pada usia di atas 30 tahun. Namun, tidak ada salahnya kalau kamu ingin menggunakan retinol sebelum menginjak usia 30 tahun sebagai langkah pencegahan pada penuaan dini. Nah berikut ini adalah manfaat dan fungsi retinol yang bisa kamu dapatkan.

manfaat retinol untuk wajah

Baca Juga : Kandungan yang Tidak Boleh Dipakai Bersama Retinol

1. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan adalah Salah Satu Fungsi Utama Retinol untuk Wajah

Fungsi retinol untuk wajah yang pertama adalah meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah, yang berdampak baik pada mencegah tanda-tanda penuaan kulit. Selain itu, retinol ini akan membantu memastikan kolagen tetap berfungsi dengan optimal.

Dengan terjaganya produksi kolagen, tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus di wajah akan lebih lambat untuk muncul. Maka, kulit akan tampak lebih sehat dan awet muda.

Fungsi retinol untuk mengatasi penuaan bekerja dengan menstimulasi kemampuan sel kulit untuk beregenerasi. Karena usia yang semakin bertambah, kemampuan sel kulit berkurang sehingga membutuhkan bantuan retinol untuk meningkatkan elemen pembentuk struktur kulit.

Hal ini akan membuat pori-pori lebih bersih dan penampakannya terlihat lebih kecil sehingga warna kulit lebih merata dengan tekstur lembut dan halus.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat pada wajah dapat menghilang dengan penggunaan retinol secara rutin. Kandungan retinol ini dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit, mengangkat sel kulit mati, dan membuat pori-pori lebih kecil.

Kandungan retinol efektif untuk jerawat karena dapat membuka pori-pori sehingga kulit mampu menyerap obat jerawat dengan baik. Selain itu, fungsi retinol dapat mencegah jerawat muncul kembali dengan cara mengurangi produksi minyak berlebih dan meredakan peradangan pada kulit. Maka, tidak ada penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat muncul.

3. Mengatasi Pigmentasi dan Rosacea

Proses pigmentasi atau penggelapan kulit bisa menyebabkan warna kulit tidak merata. Retinol ini dapat membantu menghentikan proses pigmentasi tersebut. Dilansir dari jurnal National Center for Biotechnology Information, penggunaan retinol efektif dalam mengurangi pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Nah, kandungan retinol ini akan bekerja dengan meningkatkan regenerasi sel kulit dan menghambat produksi melanin dan membuat warna kulit lebih merata. Perubahan kulit yang signifikan akan terlihat setelah penggunaan retinol setidaknya 3bulan secara rutin.

Selain pigmentasi, kandungan retinol juga bisa mengatasi rosacea. Rosacea ini adalah masalah kulit yang ditandai dengan kulit memerah. Nah, kandungan retinol akan membuat kulit menjadi lebih sehat dengan mengalirkan darah lebih lancar. Dengan penggunaan retinol selama 1-2 kali seminggu, rosacea pada wajah akan perlahan memudar.

Baca Juga: Mengenal Actosome Retinol, Kandungan dalam Miraculous Retinol Series

Efek Samping Retinol

Pada penggunaan jangka panjang, retinol secara umum tidak akan memberikan efek samping pada kulit. Namun, retinol harus digunakan dengan aturan tertentu karena membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu setelah menggunakan retinol sebaiknya lapisi kulit menggunakan sunscreen.

Penggunaan retinol pada usia remaja (kurang dari 20 tahun) sangat perlu diperhatikan dan sangat dibatasi. Hal ini dikarenakan penggunaan retinol pada usia remaja berisiko menyebabkan masalah pada kulit seperti kulit kering, merah, iritasi, dan lain-lain.

Pada kondisi tertentu terdapat indikasi yang mengharuskan penggunaan, maka retinol bisa digunakan tetapi tentunya berada di bawah pengawasan dokter. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu masalah kulit pada dokter spesialis kulit guna penanganan yang tepat. Kamu juga bisa menggunakan skincare dengan kandungan retinol yang persentasenya sangat rendah, jangan langsung menggunakan serum retinol.

Cara Aman Memakai Produk Skincare dengan Kandungan Retinol

Retinol termasuk kandungan aktif yang tidak bisa dipakai asal-asalan meskipun sudah mendapat izin dari BPOM. Untuk memaksimalkan manfaat retinol dan menghindari efek sampingnya, ada beberapa cara pemakaian yang aman.

manfaat retinol untuk wajah

1. Gunakan Retinol pada Usia 20 Tahun Ke Atas

Biasanya kandungan retinol mulai digunakan memasuki usia 30 tahun. Hal ini dikarenakan tubuh mulai memproduksi lebih sedikit kolagen dibandingkan dengan usia saat masih muda. Namun, penggunaan retinol sejak usia 20 tahun bisa saja dilakukan dapat dijadikan sebagai langkah pencegahan agar kemunculan tanda penuaan kulit bisa diperlambat.

2. Pakai Retinol Secara Bertahap dan Beri Jeda

Salah satu cara aman memakai kandungan retinol adalah menggunakannya secara bertahap dan beri jeda setiap harinya. Karena penggunaan retinol secara berlebihan bisa menyebabkan kulit kering dan kemerahan. Kalau kulitmu belum terbiasa menggunakan produk dengan kandungan retinol, tentunya akan iritasi.

Nah, agar kulitmu aman sebaiknya gunakan retinol secukupnya atau seujung jari terlebih dulu untuk dioleskan ke seluruh permukaan wajah. Kamu juga bisa menggunakan retinol 2-3 kali seminggu untuk permulaan. Jika kulit sudah beradaptasi atau terbiasa dengan retinol, kamu bisa meningkatkan konsentrasi dan frekuensinya secara perlahan.

3. Gunakan Retinol di Malam Hari

Cara paling aman untuk menggunakan skincare dengan kandungan retinol adalah menggunakannya sebelum tidur di malam hari. Gunakan retinol 30 menit setelah mencuci muka untuk mengurangi risiko kulit iritasi. Kemudian, gunakan sunscreen keesokan paginya agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari.

Kenapa harus menggunakan sunscreen setelah menggunakan retinol? Karena penggunaan retinol merupakan senyawa kimia yang sensitif terhadap paparan sinar matahari. Jadi, kalau kamu tidak menggunakan sunscreen setelah memakai retinol, kulitmu akan terasa perih dan merah ketika berada di luar ruangan.

4. Selalu Pakai Sunscreen di Siang Hari

Kesalahan yang paling umum ditemukan adalah malas pakai sunscreen saat pagi atau siang hari. Padahal, retinol itu bisa membuat kulit jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, ketika kamu mengaplikasikan skincare retinol di malam hari dan keesokannya membiarkan kulitmu polos tanpa sunscreen, sangat wajar kalau wajahmu jadi memerah atau bahkan terlihat kusam. Tidak menggunakan retinol saja, kamu wajib pakai sunscreen setiap hari, apalagi saat mengunakan retinol. Jadi jangan sampai lupa menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan tekstur yang cepat meresap agar kulitmu terasa nyaman.

5. Gunakan Moisturizer Secara Rutin

Pemakaian serum retinol atau toner retinol sebaiknya diikuti dengan pemakaian moisturizer yang lebih rich atau mampu melembapkan kulit dengan maksimal. Kamu juga bisa mengaplikasikan serum Hyaluronic acid atau hydrating face oil setelah memakai produk apapun yang ada kandungan retinolnya.

Hal ini dilakukan agar kulitmu tidak jadi kering dan mencegah iritasi. Kalau kulitmu cenderung sensitif dan ingin pakai serum retinol, kamu bisa balik pengaplikasiannya. Kamu bisa pakai moisturizer terlebih dulu, lalu aplikasikan serum retinol, supaya kelembapan kulit terjaga dulu, dan retinol tidak langsung “menyentuh” kulitmu.

6. Jangan Gunakan Bersamaan dengan AHA/BHA

Karena kamu ingin kulit kencang sekaligus bebas jerawat, lebih mulus, tidak berkomedo dan tampak cerah, kamu jadi pakai retinol berbarengan dengan skincare yang mengandung AHA dan (atau) BHA. Hal ini wajib kamu hindari ya! AHA dan BHA itu sifatnya mengeksfoliasi kulit, jadi sel-sel kulit mati terangkat, dan kulit jadi lebih halus serta lebih sensitif. Kalau digabungkan dengan retinol yang sifatnya merangsang regenerasi sel kulit dan produksi kolagen, kulitmu jadi dipaksa bekerja keras. Hal ini akan membuat kulit semakin sensitif, sensasi tingling, dan mengelupas.

Manfaat retinol ternyata sangat melimpah ya, Sahabat AVO. Nggak ada salahnya untuk mencoba produk Avoskin Miraculous Retinol Series. Produk retinol ini dapat digunakan untuk usia minimal 20 tahun. Perlu diingat, manfaat retinol dapat kamu rasakan secara maksimal bila menggunakannya dengan tepat dan sesuai dosis. Untuk Avoskin Miraculous Retinol Series bisa kamu aplikasikan maksimal 3 kali dalam seminggu pada malam hari.

Last Updated on April 10, 2023

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 09 March 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya