6 Penyebab Penuaan Dini Pada Wajah yang Harus Dihindari agar Awet Muda

0
Diunggah 17 May 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

6 Penyebab Penuaan Dini Pada Wajah yang Harus Dihindari agar Awet Muda

Ketika masih muda tentunya tidak akan membayangkan wajah memiliki keriput maupun garis halus. Namun, tanpa disadari ada beberapa hal yang kamu lakukan saat masih belia tersebut memberikan efek besar yang menimbulkan tanda-tanda penuaan dini.

Apa itu Penuaan Dini?

Penuaan dini adalah ketika tanda-tanda penuaan terjadi lebih awal dari standar yang biasanya dilihat berdasarkan usia. Secara lebih ilmiah, penuaan dini terjadi ketika usia biologis (usia yang ditandai dengan kenampakan/ bentuk fisiknya) seseorang lebih tua dari usia kronologisnya (usia yang sesungguhnya, biasanya terdapat pada tanda pengenal).

Dikutip dari website int.eucerin.com, secara umum, kulit biasanya mulai mengalami penuaan dan berkeriput pada usia 25 tahun ke atas. Keriput sendiri merupakan salah satu tanda atau ciri penuaaan wajah yang dapat dilihat secara kasat mata. Namun karena hal-hal tertentu, tanda-tanda penuaan akan semakin cepat terlihat setelah usia 25 tahun tersebut.

Tentunya hal ini akan menyebabkan penampilanmu terlihat lebih tua dari usia yang seharusnya. Kamu tidak perlu khawatir, penuaan dini ada sebabnya dan dapat dicegah lhoh. Berikut ini adalah 6 penyebab gejala penuaan dini kulit wajah yang harus kamu hindari.

1. Konsumsi Minuman Alkohol Berlebihan

Alkohol dapat menyebabkan kulit dehidrasi dan melebarkan pembuluh darah pada kulit, bahkan menyebabkan kulit terlihat kemerahan. Kulit yang kekurangan cairan akan mengalami penuaan lebih cepat dan memperburuk gangguan rosacea.

2. Konsumsi Makanan Manis

Mengonsumsi terlalu banyak makanan manis dapat memberikan dampak negatif pada kulit seiring berjalannya waktu. Hal ini disebabkan karena gula mengabrasi kolagen dan membuatnya kaku, menjadikan kulit terlihat menua. Maka dari itu perhatikan pola makan yang sekarang sedang kamu terapkan. Hindari menyantap makanan dengan kadar gula tinggi, maupun menambahkan zat pemanis buatan dalam minumanmu. Itu dapat melemahkan permukaan kulit dan mendorong kemunculan garis halus maupun keriput.

3. Merokok

Merokok memang memberikan banyak dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Ternyata rokok tidak hanya membahayakan organ-organ vital, rokok juga memengaruhi penuaan dini pada kulit. Tembakau rokok dapat menurunkan suplai darah ke kulit dan menyebabkan keriput di wajah.

Baca Juga : Memasuki Usia 30 Tahunan? Begini Tanda-Tanda Penuaan Kulit yang Kamu Alami

4. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Berjemur di bawah sinar matahari menjadi salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan saat liburan ke pantai. Namun, kegiatan ini dapat memicu penuaan dini pada kulit. Dampak dari sinar matahari ini bersifat kumulatif, menerima paparan sinar matahari selama 10 menit setiap hari sudah mampu memicu gangguan buruk dan membuat kulit menjadi lebih tua. Maka dari itu selalu gunakan tabir surya dari UVA yang dapat masuk ke lapisan kulit terdalam dan UVB yang dapat melindungi dari luka bakar saat kamu berada di bawah sinar matahari.

5. Polusi Kendaraan

Kota-kota besar umumnya memiliki tingkat polusi yang tinggi karena jumlah kendaraan yang juga sangat banyak. Dengan berjalan di lingkungan seperti ini saja dapat menyebabkan penuaan dini dengan mudah. Radikal bebas, debu, asap kendaraan, merupakan salah satu penyebab penuaan dini ketika kulit tidak dibersihkan secara tuntas. Sebaiknya setelah selesai beraktivitas di lingkungan kota yang penuh asap dan debu, bersihkan wajah dengan mengeksfoliasinya. Lalu, gunakan produk yang kaya antioksidan untuk melindungi dan merawat kulit dari polusi udara.

6. Sarung Bantal Kotor

Sel kulit selalu diperbarui setiap malam. Jadi, kamu harus selalu memastikan bahwa tidur dan perlengkapan tidur itu berkualitas, salah satunya adalah sarung bantal. Jika kamu memilih bahan sarung bantal yang kasar dapat menyebabkan kulit cepat keriput. Sebaiknya gunakan sarung bantal berbahan satin karena lembut untuk kulit wajah.

Itu dia beberapa penyebab penuaan kulit datang lebih cepat. Maka dari itu, mulai sekarang rawatlah kulitmu dengan produk Avoskin yang telah teruji klinis dan aman digunakan. Dengan perawatan kulit yang rutin, dijamin kulitmu akan terus lembap dan sehat.Β 

Last Updated on May 29, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 17 May 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya