Hindari 8 Hal Ini Atau Wajahmu Akan Terlihat Lebih Tua

0
Diunggah 10 June 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Hindari 8 Hal Ini Atau Wajahmu Akan Terlihat Lebih Tua

Usia masih muda, tapi kulit wajah terlihat tua. Kamu tentu tidak ingin mengalaminya, bukan? Maka dari itu, hindari beberapa hal ini mulai dari sekarang ya!

Memiliki wajah yang terlihat lebih tua dari seharusnya memang membuat tidak nyaman bukan? Nah, kalau kamu tidak ingin kulit mengalami penuaan dini sebaiknya selalu rawat kulit dengan baik. Selain itu, kamu juga perlu cek ulang kebiasaan apa saja yang selama ini kamu miliki karena hal ini juga berpengaruh. Mulai dari sekarang hindari 8 hal di bawah ini agar terhindar dari kulit wajah terlihat tua ya!

1. Begadang

Kurang tidur dapat membuat kulit wajahmu menjadi kusam dan tidak ternutrisi dengan baik. Hal ini disebabkan karena kulit tidak memiliki waktu untuk beregenerasi secara maksimal pada malam hari.

Aliran darah dari dalam tubuh juga menjadi tidak lancar, yang pada akhirnya dapat menghambat pertumbuhan sel kulit baru untuk menggantikan sel kulit mati. Kalau sudah begini, jangan heran jika kulit wajahmu akan lebih mudah berjerawat atau terdapat kerutan-kerutan halus.

2. Kurang Minum Air Putih

Air putih itu sumber mineral yang paling baik dan gampang, lho. Jadi, sebisa mungkin, perbanyak minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulitmu. Jika cairan dalam tubuh kurang, tubuh dan kulitmu akan dehidrasi.

Kulit menjadi kering, pucat, dan pada akhirnya tidak memiliki perlindungan terhadap debu atau polusi yang hinggap di kulitmu. Akibatnya, sel-sel kulit mati akan mengendap di dalam tubuh yang menjadi awal mula munculnya kulit kusam, berjerawat, komedo, hingga flek hitam.

3. Jarang Olahraga

Siapa bilang bahwa olahraga hanya berpengaruh pada kesehatan badanmu saja? Untuk kulit juga iya! Rutin berolahraga dapat memperlancar sirkulasi darah di tubuhmu. Hal ini berdampak pada meluruhnya plak-plak di pembuluh darah yang membuat kulitmu menjadi lebih kencang dan cerah.

Selain itu, keringat yang mengucur saat berolahraga juga menjadi proses keluarnya racun-racun di dalam tubuhmu, termasuk diantaranya adalah racun penyebab jerawat dan kerusakan kulit.

4. Stress

Banyak pikiran? Bangun pikiran dan energi positif dari dalam dirimu.Β  Kenali dirimu lebih dalam dengan mensyukuri segala nikmat yang kamu dapatkan hingga saat ini. Lakukan hobimu, kesukaanmu, atau apapun yang menurutmu menyenangkan asal tidak merugikan orang lain.

Punya cara efektif untuk menghilangkan stress? Berolahraga adalah salah satunya. Selain menyehatkan, rutinitas berolahraga juga dapat melepaskan hormon penyebab stress, lho. Intinya, buat dirimu senyaman mungkin pada posisi yang kamu hadapi, ya!

Baca Juga : Konsumsi Jus ini Untuk Menjauhkan Keriput dari Kulitmu

5. Tidak Pakai Krim Wajah

Salah satu alasan pentingnya menggunakan krim wajah adalah untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan terhindar dari penuaan dini. Entah itu krim malam atau krim pagi, keduanya sama penting untuk merawat kulitmu setiap hari.

Jika kamu menggunakan krim pagi, kulitmu akan terlindungi secara pasti dari debu, polusi, ataupun sinar matahari. Dengan demikian, kemungkinan timbulnya jerawat, komedo, kusam, dan flek hitam akan sangat mudah dihindari.

Sementara penggunaan krim malam, bertujuan untuk memperbaiki sel-sel kulitmu yang telah kamu ajak beraktivitas dari pagi hingga sore hari. Krim malam biasanya mengandung zat yang dapat mencerahkan wajah, sehingga dapat membuat wajah lebih berseri dan bebas noda. Selain itu, krim malam juga berfungsi untuk meningkatkan elastisitas wajah, sehingga kulit akan senantiasa tampak awet muda.

Avoskin Day Cream dan Avoskin Night Cream adalah krim wajah yang dapat membantumu untuk mendapatkan kulit impianmu yang bersih dan cerah alami.

6. Tidak Menggunakan Sunscreen

Jika kamu memiliki aktivitas yang mengharuskanmu berada di bawah terik matahari secara langsung, pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen untuk melindungi wajahmu. Kamu bisa menggunakan sunscreen dengan tingkat SPF yang disesuaikan dengan kebutuhanmu. Semakin tinggi SPF-nya, semakin lama juga jangka waktu perlindungannya.

Kontak langsung antara kulit dengan sinar matahari akan membuat kulit menjadi lebih mudah kusam dan keriput, girls. Hal ini disebabkan karena adanya sinar UV yang merusak jaringan kulit sehingga kulit tidak dapat beregenerasi dengan baik. Akibatnya, kulit yang sudah terlanjur bermasalah akan sulit kembali seperti keadaan semula.

7. Alkohol dan Merokok

Alkohol dan rokok mengandung racun yang dapat menyerang kulit hingga lapisan yang paling dalam. Berbahaya bukan? Zat nikotin yang dilepaskan ke dalam tubuh akan menyatu dengan darah yang kemudian dialirkan ke seluruh tubuh.

Akibatnya, proses regenerasi kulit akan terganggu akibat endapan zat nikotin dan zat berbahaya lainnya pada dinding pembuluh darah. Endapan tersebutlah yang menyebabkan kulit menjadi kusam dan kering, bahkan tidak bisa diberikan perlindungan. Kalau sudah begitu, jangan heran jika kulit akan lebih cepat menua.

8. Kurang Makan Buah dan Sayur

Buah-buahan dan sayur mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan. Jika kamu tidak memenuhi kebutuhan vitamin, mineral dan antioksidan bagi kulitmu, biasanya kulit akan terlihat lebih kering, pucat, bahkan kusam.

Kamu bisa mengolah buah ataupun sayur menjadi olahan minuman seperti jus atau smoothies. Lebih mudah lagi, jika kamu memakannya langsung tanpa diolah.

Kalau kamu tidak suka buah dan sayur, paling tidak makanlah beberapa kali dalam satu minggu. Lalu, lengkapi dengan asupan makanan lainnya yang mengadung vitamin, khususnya vitamin E dan Vitamin C yang sangat baik untuk pertumbuhan kulit.

Last Updated on June 16, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 10 June 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya