Kandungan Green Tea Efektif Mengatasi Jerawat, Benar Tidak Sih?

0
Diunggah 07 November 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kandungan Green Tea Efektif Mengatasi Jerawat, Benar Tidak Sih?

Green tea sering digunakan sebagai obat herbal bahkan untuk jerawat juga. Sebenarnya apakah manfaat green tea untuk jerawat ini efektif? Simak penjelasannya!

Teh sudah sering digunakan sebagai obat herbal sejak lama untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu jenis teh yang terkenal khasiatnya adalah teh hijau atau green tea. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi seperti katekin, polifenol, dan senyawa alami lainnya membuat greet tea ini memiliki banyak manfaat untuk kulit. Tidak heran jika teh ini sering digunakan sebagai obat jerawat alami. Namun, seberapa efektifkah manfaat green tea ini untuk mengatasi jerawat? Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Mengenal Kandungan Green Tea

Jenis-jenis teh seperti teh hitam, teh hijau, teh oolong berasal dari tanaman yang sama yaitu Camellia sinensis. Hal yang membedakan satu jenis teh dengan yang lainnya adalah cara pengolahannya. Ini yang membuat setiap jenis teh memiliki warna dan rasa khas yang berbeda.

Untuk teh hijau atau green tea ini diolah dengan cara dikukus dan dikeringkan dalam proses yang sangat cepat. Hal ini untuk menghindari warna daun berubah menjadi lebih cokelat. Teh hijau ini memiliki potensi kesehatan yang paling baik karena memiliki kandungan antioksidan polifenol paling tinggi.

Manfaat Green Tea untuk Kulit Wajah

Banyak produk skincare yang menggunakan kandungan green tea sebagai salah satu kandungannya. Hal ini memang wajar karena green tea memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah.

1. Menyeimbangkan Kadar Minyak

Green tea bisa menyeimbangkan kadar minyak di wajah. Saat kulit wajahmu berminyak, wajah akan menghasilkan minyak berlebih yang berisiko membuat pori-pori tersumbat. Hal ini akan memicu komedo dan jerawat untuk muncul. Kandungan alami dalam green ini dapat membantu mengurangi minyak berlebih di kulit. ย Selain itu, green tea bisa membantu mengatasi pori-pori tersumbat lalu mengencangkan pori-pori sehingga mencegah partikel polusi masuk ke dalam kulit.

2. Mencegah Penuaan Dini

Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, green tea bisa menjadi anti aging alami untuk melawan penuaan dini terutama pada area wajah. Kamu bisa menggunakan masker alami atau produk skincare dengan bahan green tea. Tidak perlu khawatir karena kandungan ini aman untuk semua jenis kulit.

3. Melembapkan Kulit Wajah

Antioksidan di dalam green tea akan menghidrasi kulit dengan lebih baik. Kulit yang sangat kering juga bisa menjadi lebih lembap dan kenyal setelah dirawat dengan green tea. Green tea ini juga kaya akan vitamin seperti vitamin B2 dan vitamin E yang menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. ย Kandungan vitamin E di dalam green tea ini membantu melembapkan kulit dan berfungsi sebagai emolien yang efektif untuk mencegah dehidrasi kulit.

Baca Juga : Seberapa Bermanfaat Kandungan Zinc untuk Jerawat di Wajah?

4. Menyamarkan Kantung Mata

Kamu bisa menyamarkan kantung mata dengan green tea. Kamu bisa menggunakan produk skincare atau menggunakan teh hijau secara langsung. Caranya mudah, coba manfaatkan kantung green tea yang sudah diseduh lalu letakkan pada area mata. Kamu bisa melakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Mengatasi Jerawat

Kandungan polifenol dalam green tea bisa mengurangi produksi minyak berlebih. Selain ย itu, kandungan vitamin C dalam teh hijau juga efektif meredakan peradangan jerawat. Green tea memiliki manfaat detoksifikasi alami yang membuat kulit menjadi lebih bersih, sehat, dan segar.

Seberapa Efektif Kandungan Green Tea untuk Mengatasi Jerawat?

Di atas sudah disebutkan green tea kaya akan antioksidan polifenol yang dapat melindungi kulit dan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan green tea bisa membantu mengatasi jerawat karena mengurangi peradangan kulit. Kandungan polifenol yang disebut katekin ada dalam green tea yang baik untuk jerawat. Katekin ini adalah antioksidan dan juga antiperadangan kulit. Meskipun kandungan green tea tidak sepenuhnya membersihkan jerawat, green tea mampu mengurangi sedikit peradangan kulit terutama di area T-zone.

Kandungan green tea juga mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Agen antibakteri pada teh hijau mampu melawan bakteri penyebab jerawat seperti propionibacteria acnes, propionibacteria granulosum, serta Staph. Meskipun begitu, penyebab jerawat bukan hanya dari bakteri saja ada faktor lain seperti penumpukan sel kulit mati dan kelebihan minyak pada wajah.

Manfaat teh hijau ini memang sudah tidak diragukan lagi ya. Meskipun kandungan ini memang bisa membantu mengatasi jerawat, kamu bisa kombinasikan dengan kandungan lainnya karena kandungan ini tidak sepenuhnya bisa membantu mengatasi masalah jerawat di wajahmu. Hal yang wajib kamu lakukan adalah menghindari kebiasaan yang bisa memicu jerawat.

Last Updated on June 07, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 07 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya