5 Kesalahan dan Cara Memakai Lipstik agar Awet dan Bibir Tidak Kering

0
Diunggah 12 May 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeMakeup

5 Kesalahan dan Cara Memakai Lipstik agar Awet dan Bibir Tidak Kering

Memakai lipstik sudah seperti kewajiban bagi beberapa wanita. Namun, kamu jangan sampai asal-asalan mengaplikasikannya. Maka dari itu hindari kesalahan memakai lipstik dan mengetahui bagaimana cara memakai lipstik yang tepat.

Beberapa dari kamu pasti sudah menjadikan lipstik sebagai beauty item andalan bukan? Mulai dari nude lips, bold lips, warna terang, hingga dark lips mungkin jadi pilihan untuk mempercantik penampilan. Namun, memakai lipstik tidak bisa asal-asalan karena ada triknya. Agar lipstik bisa bertahan lama di bibir dan tidak mudah pecah, ada beberapa kesalahan memakai lipstik yang perlu kamu hindari.

Baca Juga : Berikut 8 Urutan dan Tips Makeup untuk Kulit Berminyak Tahan Awet Seharian

Kesalahan Memakai Lipstik yang Harus Dihindari

Berikut adalah 5 kesalahan dalam memakai lipstik yang harus dihindari :

1. Tidak Memakai Lip Liner

Beberapa orang pasti ada yang meremehkan pemakaian lipliner. Padahal lipliner ini bisa membantu bibir kamu tampak lebih penuh dan seksi. Kamu juga bisa memakai warna-warna netral atau gunakan yang sama dengan warna lipstikmu.

2. Salah Menggaris Bibir

Kadang kamu hanya menggaris bagian luar bibir saja, padahal hal ini tidak sepenuhnya benar. Kamu juga perlu memberi isi ke bagian dalam bibir kamu jika ingin bibir terlihat lebih penuh.

3. Tidak Melembapkan Bibir

Banyak orang yang lupa memakai pelembap bibir sebelum memakai lipstik. Padahal, memakai lipbalm bisa membuat bibir lebih sehat, lembao, dan lipstik akan menempel lebih lama. Jadi, jangan lupa untuk memakai lipbalm sebelum mengaplikasikan lipstik favoritmu.

Baca Juga : Tebak Kepribadian Berdasarkan Warna Lipstik yang Kamu Gunakan

4. Terlalu Banyak Memakai Produk

Kamu tidak perlu memakai lipstik terlalu berlebihan karena hal ini akan membuat lipstik lebih mudah terhapus. Jika kamu mengoleskan lipstik sampai ke bagian dalam bibir. Kamu juga harus memastikan lipstik tidak akan menodai gigi dengan menjepitkan tisu di antara kedua bibir.

5. Formula Lipstik Tidak Sesuai

Terkadang formula lipstik yang tidak cocok denganmu akan membuat bibir menjadi tidak cantik. Jika bibir kamu kering sebaiknya hindari lipstik dalam bentuk cair karena akan memperjelas kondisi bibirmu. Namun, jika bibirmu tidak kering maka lipstik jenis apapun cocok kamu gunakan.

Tips dan Cara Memakai Lipstik yang Benar agar Lebih Awet dan Bibir Tidak Kering

Dalam memakai lipstik, jika cara yang kamu gunakan benar maka efeknya akan lebih besar dari yang kamu bayangkan. Selain lipstik menjadi lebih awet, kamu juga dapat terhindar dari bibir yang terasa kering ketika memakai lipstik. Berikut adalah cara memakai lipstik yang benar agar awet dan tahan lama serta bibir tidak kering :

1. Bersihkan Kulit Mati dari Bibir

Kulit mati pada bibir yang biasanya terjadi akibat bibir kering menyebabkan lipstik tidak dapat menempel sempurna pada bibirmu. Maka dari itu rajinlah membersihkan kulit mati ini. Bagaimana caranya? Cukup kamu gosok bibir secara perlahan setelah mandi. Biasanya bibir yang telah terkena air beberapa saat akan lebih lembut kulit matinya sehingga dengan menggunakan tenaga gosok perlahanpun ia akan mudah terkelupas.

2. Jangan Melewatkan untuk Melembabkan Bibir

Agar bibir kering tidak muncul lagi setelah memakai lipstik maka pencegahannya yaitu dengan memakai produk yang dapat melembabkan bibir. Sebelum memakai lipstik apalagi jika lipstikmu berjenis matte, kamu bisa aplikasikan petroleum jelly maupun lipbalm dalam jumlah secukupnya saja. Indikasinya yaitu gunakan pelembab hingga bibir terasa lembut namun tidak sampai oily karena nantinya lipstik justru mudah memudar.

Untuk bibir yang kering usahakan menggunakan lipstik yang tidak terlalu matte, namun bila kamu sudah terlanjur memakai lipstik matte, maka jangan pernah melewatkan step melembabkan bibir sebelum memulas lipstik ke bibir ya!

3. Conceal Bibir Terlebih Dahulu

Jika kamu memiliki warna bibir yang gelap. conceal bibir menggunakan foundation dapat membantu menyamarkan warna gelap tersebut. Aplikasikan lipstik setelah conceal dan jangan lupa menggunakan pelembab bibir terlebih dahulu.

4. Gunakan Lipstik Seperlunya Saja (Disarankan 1 Lapis)

Sering kali untuk membuat lipstik lebih awet, beberapa dari kamu justru memakai lisptik dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini justru tidak disarankan karena semakin tebal lipstik justru bisa membuat bibir kering apalagi jika lipstik yang kamu gunakan adalah lipstik matte. Gunakan secukupnya saja ya! Disarankan menggunakan lipstik 1 lapis saja sudah cukup.

5. Manfaatkan Bedak Agar Lipstik Awet

Lipstik yang kurang awet biasanya disebabkan oleh kandungan minyaknya terlalu tinggi. Hal ini sebenarnya bagus karena tidak membuat bibir cepat kering. Namun justru hal ini juga yang menyebabkan lipstik cepat terhapus dari bibirmu dan mudah tarnsfer ke benda lain misalnya gelas dan sedotan.

Baca Juga : Hati-Hati! 7 Hal Buruk Ini Akan Terjadi Jika Tidur Menggunakan Makeup

Untuk mengatasinya kamu bisa menaburkan bedak dalam jumlah yang sedikit saja pada lipstik yang sudah diaplikasikan ke bibir. Jika terlalu banyak maka lipstik akan sangat kering dan tidak baik bagi bibir yang sudah kering jenisnya. Ingatlah untuk tidak memakainya di bagian dalam bibir karena akan rawan tertelan. Dengan adanya bedak yang bersifat powdery akan menyerap kandungan minyak pada lipstik sehingga akan lebih awet.

Last Updated on May 22, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 12 May 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya