Selain Salicylic Acid, Kandungan Skincare Ini Juga Bagus untuk Mengatasi Jerawat

0
Diunggah 03 November 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Selain Salicylic Acid, Kandungan Skincare Ini Juga Bagus untuk Mengatasi Jerawat

Tidak cuma salicylic acid yang bisa mengatasi jerawat loh! Ada kandungan skincare untuk jerawat lain yang bisa kamu gunakan. Apa saja sih kandungannya?

Pemilik kulit berjerawat sering bingung memilih produk skincare ya. Ada tantangan dalam merawat wajah tidak cuma mengurangi peradangan karena jerawat, tetapi juga menghaluskan kulit dan memudarkan bekas jerawat. Untuk mendapatkan semua manfaat dari produk skincare, kamu harus memilih skincare dengan kandungan yang sesuai seperti salicylic acid. Nah, ada kandungan skincare untuk jerawat selain salicylic acid. Apa saja sih kandungannya?

1. Niacinamide

Niacinamide temasuk bahan aktif yang banyak terkandung dalam pelembap dan serum. Dengan penggunaan secara rutin, niacinamide bisa mengurangi sebum dan minyak pada wajah. Kandungan ini mampu mengatur kadar sebum, mengecilkan pori-pori, dan meningkatkan elastisitas serta ketahanan kulit. Sebaiknya kamu menggunakan produk dengan kandungan ini di malam hari saja. Selain itu, jangan gunakan kandungan ini bersama dengan Vitamin C.

2. Carica Papaya Extract

Buah carica papaya ini berfungsi untuk menghaluskan dan menyegarkan kulit wajah, serta mengangkat sel kulit mati. Kandungan di dalam buah ini juga terdapat glycerine yang mampu menutrisi kulit, melembapkan, menjaga kekenyalan, dan mencegah penuaan dini. Memiliki kandungan vitamin A, kulit wajah akan terjaga kelembapannya sehingga jerawat tidak muncul di wajah.

3. Witch Hazel

Kandungan witch hazel ini mampu membantu menghilangkan jerawat yang membandel. Witch hazel ini memiliki sifat yang berguna untuk kulit berjerawat seperti mengurangi produksi minya, membasmi bakter penyumbat pori-pori, dan meredakan kemerahan pada kulit. Kandungan tanin dalam witch hazel yang membuatnya menjadi astrigent kuat. Hasilnya, kulit yang mudah berjerawat akan terasa lebih kencang dan menjaga keseimbangan pH kulit.

4. Tea Tree

Jerawat yang tidak kunjung hilang bisa diatasi oleh kandungan tea tree karena sifat anti infamasi dan anti bakteri. Tea tree juga bisa mengatasi masalah kulit seperti eksim dan psoriasis. Sebuah penelitian juga menunjukkan sabun cuci muka dengan tea tree oil selama dua kali dalam 12 minggu jauh lebih efektif untuk mengurangi jerawat daripada dengan sabun biasa.

5. Green Tea

Kandungan dalam green tea mampu melawan bakter penyebab jerawat seperti propionibacteria acnes, propionibacteria granulosum, serta staph. Selain itu, penggunaan green tea untuk jerawat dapat membantu mengurangi sedikit peradangan terutama di bagian T-Zone.

Baca Juga : Ketahui Jenis Jerawat dan Bagaimana Cara Mengatasinya

6. Zinc

Zinc dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Penggunaan zinc secara topikal dan oral efektif mengobati jerawat dengan mengurangi peradangan, menghambat pertumbuhan bakteri P.acnes dan menekan aktivitas kelenjar minyak. Hal ini dikarenakan penelitian menemukan bahwa wajah berjerawat memiliki kadar zinc yang lebih rendah.

7. Sulfur

Kandungan sulfur dalam beberapa produk skincare mampu membantu mengatasi jerawat. Sulfur ini memiliki fungsi yang mirip dengan asam salisilat dan benzoil peroksida yang umum ditemukan dalam pengobatan jerawat. Sifat antimikroba dalam sulfur ini dapat membantu membasmi bakteri penyebab jerawat. Kandungan dalam sulfur juga bisa mencegah produksi minyak alami berlebih pada kulit yang rentan menimbulkan jerawat. Selain itu, sulfur juga dapat mengeringkan sel kulit mati sehingga mencegah sumbatan pori-pori.

8. Wintergreen

Masalah jerawat memang tidak ada habisnya. Kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan wintergreen untuk membantu mengurangi penampakan jerawat dan membuat kulitmu terasa lebih baik. Selain itu, kandungan ini juga mampu meredakan iritasi serta menenangkan kulit, jadi kulit berjerawat milikmu akan membaik.

9. Polyglutamic Acid (PGA)

Kandungan PGA ini adalah salah satu kandungan yang paling ampuh melembapkan kulit. PGA juga bekerja efektif dalam memberikan stimulasi sehingga sel kulit dapat menghasilkan kelembapan alami dengan maksimal. Nah, dengan terjaganya kelembapan kulit, tentu saja jerawat di wajah tidak akan muncul dan elastisitas kulit meningkat.

10. Spirulina

Kandungan spirulina ini mampu mengurangi kadar minyak berlebih yang menyebabkan jerawat. Ditambah dengan sifat anti radang yang membantu mengurangi pembengkakan akibat jerawat dan mencegah munculnya jerawat. Spirulina ini bisa meningkatkan metabolisme kulit yang membuat penyembuhan lebih cepat dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Itu dia beberapa kandungan skincare untuk jerawat yang bisa kamu gunakan. Tidak selalu harus menggunakan salicylic acid, kamu bisa coba kandungan lain yang cocok dengan kulitmu, Sahabat AVO!

Last Updated on November 03, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 03 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya