Perbaiki Skin Barrier yang Rusak dengan 5 Cara Ini dan Ketahui Tanda-Tandanya

0
Diunggah 08 May 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Perbaiki Skin Barrier yang Rusak dengan 5 Cara Ini dan Ketahui Tanda-Tandanya

Kulit wajah memang harus selalu dirawat kesehatannya terutama skin barrier. Nah, kamu bisa perbaiki skin barrier wajahmu dengan cara ini!

Kulit dilapisi oleh beberapa bagian mulai dari yang dalam hingga paling luar. Bagian terluar kulit ini berfungsi sebagai penghalang kulit atau dikenal dengan skin barrier. Ketika rusak, skin barrier secara alami umumnya dapat pulih selama 2 hingga 4 minggu. Skin barrier sendiri bisa rusak disebabkan oleh banyak hal seperti eksfoliasi berlebihan, kandungan produk yang tidak cocok, atau paparan sinar matahari secara langsung.

Baca Juga : Berikut Manfaat Ceramide, Salah Satunya untuk Memperbaiki Skin Barrier

Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Jika kulitmu menunjukkan tanda-tanda skin barrier rusak seperti kulit kering hingga bersisik, banyak jerawat, dan gatal berlebihan, mulai rawat kulitmu dengan cara yang tepat. Berikut adalah 5 cara perbaiki skin barrier yang rusak :

1. Ketahui dan Hindari Pemicu Kerusakan Skin Barrier

Seperti yang sudah kamu ketahui, skin barrier yang rusak disebabkan oleh banyak hal. Penyebabnya bisa dari luar seperti tidak cocok dengan kandungan produk, eksfoliasi yang berlebihan, hingga paparan sinar matahari langsung. Selain itu, ada faktor internal yang berasal dari dalam tubuhmu sendiri. Sebelum melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki skin barrier maka sebaiknya cari tahu dulu penyebab mana yang secara spesifik merusak skin barriermu

Selanjutnya barulah kamu bisa coba mengatur gaya hidup dan tidur yang teratur. Kamu juga perlu memerhatikan asupan makanan dan minuman setiap harinya.

2. Pilih Kandungan Skincare yang Tepat

Ketika kamu melihat kondisi kulitmu mulai menunjukkan tanda kerusakan skin barrier, kamu bisa langsung cari alternatif skincare yang mudah didapatkan. Salah satu kandungan yang sering digunakan untuk mengatasi skin barrier adalah ceramide. Kandungan ini sering ada dalam produk facial wash hingga sunscreen.

Ceramide membantu membentuk dan melindungi lapisan kulit agar tidak kehilangan kelembapan. Selain itu, kandungan ceramide bisa melindungi kulit dari kerusakan internal yang berasal dari dalam tubuh dan lingkungan. Kandungan ini juga bisa digabungkan dengan kandungan aktif lainnya, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Selain itu, kamu bisa menggunakan kandungan skincare lain seperti lactic acid. Kamu bisa temukan kandungan ini dalam salah satu produk Avoskin di Your Skin Bae Series. Fokus untuk merawat skin barrier, kandungan ini aman untuk digunakan oleh semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.

3. Batasi Jumlah Cuci Muka dalam Satu Hari

Berapa kali kamu mencuci muka dengan face wash dalam 1 hari? Jika terlalu sering mencuci muka apalagi kulitmu adalah kulit yang jenisnya kering bahkan sensitif, maka dapat merusak skin barrier. Lakukan cuci muka atau wajah seperlunya saja. Bila perlu dan memang kulitmu sangat kering, kamu bisa hanya sekali saja dalam satu hari untuk mencuci muka. Sebaiknya cuci muka pada malam hari agar semua kotoran dari aktivitas seharian kamu dapat terangkat sempurna.

4. Hentikan Rutinitas Eksfoliasi untuk Sesaat

Salah satu pemicu skin barrier yang rusak yaitu eksfoliasi yang berlebihan. Maka dari itu hentikan dulu eksfoliasi ini untuk beberapa waktu agar skin barrier alami tumbuh pada kulitmu. Jika kulit dirasa membaik, cobalah untuk melakukan eksfoliasi seperlunya saja. Mungkin kulitmu memang tidak diharuskan untuk eksfoliasi setiap hari (jika sebelumnya kamu melakukannya setiap hari). Cobalah untuk melakukan eksfoliasi sebanyak 2 hingga 3 kali saja dalam 1 minggu.

5. Konsultasi dengan Dermatologis

Ketika kamu tidak terlalu memahami kondisi kulit atau sudah mencoba banyak skincare dan tidak menunjukkan perubahan, kamu bisa coba untuk konsultasi dengan para ahli. Kamu bisa datang ke dermatologis sebagai pilihan untuk mengetahui pasti kondisi kulit. Biasanya, kamu akan diberi resep obat atau rekomendasi produk untuk memperbaiki skin barrier.

Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak

Untuk mengetahui dan memastikan jika masalah wajahmu memang dikarenakan rusaknya skin barrier, maka kamu harus tahu apa saja tanda-tandanya. Berikut adalah ciri-ciri skin barrier rusak yang harus kamu pahami :

  1. Kulit gatal dan iritasi yang kronis bahkan tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari
  2. Wajah kusam dan terasa kering
  3. Jika wajah luka, proses penyembuhannya lama
  4. Terjadi infeksi pada wajah
  5. Nampak tanda-tanda hiperpigmentasi yaitu warna kulit area wajah tidak merata

Baca Juga : Toner Your Skin Bae Mugwort Series, Solusi Perbaiki Skin Barrier yang Rusak

Beberapa langkah di atas bisa kamu lakukan untuk memperbaiki skin barrier wajahmu. Jangan lupa juga untuk merawat skin barrier dengan produk perawatan dari Avoskin. Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu ya!

Last Updated on August 18, 2022

Tags Terkait

#skinbarrier

Product Recommendation

Lihat Semua

YSB Glow Concentrate Treatment 2% Aqua Ceramide + Multi Probiome + Hyaluronic Acid

Shop Now

Your Skin Bae Niacinamide 7% + Alpha Arbutin 1% + Kale

Shop Now

Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica

Shop Now
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 08 May 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya