Ketahui Jenis Jerawat dan Bagaimana Cara Mengatasinya

0
Diunggah 03 November 2021

Malwa

Copy Writer
0
LikeKulit Berjerawat

Ketahui Jenis Jerawat dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Sudah tau belum ternyata banyak sekali macam-macam jerawat yang bisa muncul di wajah. Kamu sudah familiar belum dengan berbagai jenis jerawat ini?

Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang cukup mengganggu penampilan. Jerawat sendiri menjadi ‘musuh’ bagi sebagian orang karena kebanyakan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Untuk menangani-nya kita perlu tau dulu nih bahwa jerawat memiliki beberapa jenis. Simak penjelasan mengenai jenis jerawat dan cara mengatasinya dibawah ini!

1. Whiteheads

Whitehead atau komedo putih merupakan tonjolan kecil yang berwarna putih. Munculnya whiteheads biasanya dikarenakan adanya perubahan hormon yang memicu meningkatnya produksi minyak. Produksi minyak berlebih akan membuat pori-pori tersumbat dan memicu munculnya komedo putih ini.

Daerah dagu, dahi atau hidung menjadi salah satu tempat yang paling sering disinggahi oleh komedo putih. Untuk mengatasinya, kamu harus selalu rajin dalam membersihkan muka setiap hari. Kamu juga bisa menggunakan produk skincare yang mengandung asam salisilat, retinoid atau kandungan tea tree yang dapat membantu membersihkan whitehead.

2. Blackheads

Berbeda dengan whiteheads, blackhead merupakan jenis jerawat berwarna hitam yang berawal dari komedo terbuka. Dikatakan komedo terbuka karena bagian atas dari pori-pori tetap terbuka dan sisanya tersumbat. Warna hitam pada komedo ini disebabkan karena pigmen kulit yang meningkat. Penyebab dari komedo hitam ini kurang lebih mirip dengan komedo putih. Produksi minyak berlebih dan perubahan hormon menjadi pemicu dari munculnya jerawat ini.

Untuk mengatasinya, ada beberapa produk dengan kandungan retinoid yang mampu untuk membantu mengurangi kemunculannya. Kamu juga bisa melakukan chemical peeling agar minyak dan sel kulit mati dapat terangkat dengan baik. Tetapi, jika blackhead tak kunjung hilang, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter professional untuk melakukan ekstraksi.

3.  Jerawat hormonal

Seperti namanya, jerawat ini dihasilkan oleh hormon yang memproduksi minyak berlebih. Minyak yang dihasilkan tersebut membuat pori-pori tersumbat dan akhirnya menimbulkan jerawat. Jerawat hormonal biasanya muncul pada wanita ketika akan menjelang pubertas , mengalami menstruasi ataupun menopause. Ketidakseimbangan hormone tersebut lah yang memicu tumbuhnya jerawat.

Biasanya jerawat ini sering muncul di bagian T-zone yakni dahi, hidung, dan dagu. Ada beberapa cara untuk mengatasi jerawat ini, kamu bisa melakukan terapi hormon atau menggunakan produk-produk yang dikhususkan untuk kulit yang berjerawat.

4. Jerawat Kistik

Kalau kamu belum familiar dengan jerawat kistik, mungkin kamu familiar dengan jerawat batu. Jerawat ini terjadi akibat penumpukan minyak atau sle kulit mati pada jaringan kulit  di dalam folikel rambut. Jerawat ini mudah untuk diketahui karena akan muncul benjolan merah yang cukup besar pada jerawat. Benjolan ini berisi nanah yang dapat membengkak yang dipengaruhi oleh bakteri, minyak dan sel kulit mati.

Jerawat jenis ini dirasa cukup menyakitkan dan sedikit menyiksa. Jangan sembarangan dalam mengatasi jerawat ini. Konsultasikan kepada dokter untuk menemukan pengobatan yang paling tepat.

Baca juga : BENARKAH KACANG MENYEBABKAN JERAWAT? SIMAK FAKTANYA!

5. Jerawat Papula

Papula sendiri merupakan jerawat berupa benjolan kecil berwarna merah. Penyebabnya adalah penyumbatan yang tidak sampai ke permukaan kulit dan sel kulit mati yang menumpuk. Jerawat papula merupakan hasil peradangan dari komedo yang tak kunjung ditangani yang menyebabkan iritasi pada sel kulit.

Penggunaan skincare dengan kandungan retinol dapat bekerja dengan baik dalam mengatasi jerawat dengan jenis papula ini. Karena benjolan ini berkelompok dan menyebar, kamu harus sabar dan rajin dalam menggunakan skincare utnuk menghilangkan jerawat ini.

6. Komedo

Seperti yang disinggung sebelumnya, komedo adalah benjolan kecil yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Terdapat dua jenis komedo yang sudah dibahas sebelumnya yakni komedo putih serta komedo hitam. Beberapa faktor yang mempengaruhi kemunculannya adalah bakteri, iritasi poti-pori, hormone dan konsumsi obat atau makanan tertentu yang dapat memicu tingkat kemunculannya.

Wah, ternyata jenis jerawat ada banyak ya. Maka dari itu kita harus lebih dulu aware dengan jerawat yang kita miliki untuk menemukan solusi yang paling tepat!

Last Updated on May 05, 2023

Ditulis Oleh

Malwa

Copy WriterDiunggah 03 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya