Hindari 7 Hal Ini Agar Foundation Tidak Tampak Cakey di Wajah

0
Diunggah 26 March 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeMakeup

Hindari 7 Hal Ini Agar Foundation Tidak Tampak Cakey di Wajah

Mengenakan makeup memang sudah menjadi hal yang wajib bagi wanita. Namun, bagaimana jadinya kalau makeup yang kamu kenakan terlihat cakey? Nah, sebaiknya hindari 4 hal ini agar foundation tidak tampak cakey.

Makeup cakey adalah kondisi makeup yang nampak tebal cenderung menor atau berlebihan dan tidak menyatu di wajah. Makeup yang cakey ini dapat menyebabkan adanya pecahan/ retakan-retakan yang disebut makeup crack sehingga nampak tidak rata dan kurang bagus di wajah. Penyebab makeup cakey juga bermacam-macam salah satunya pemilihan foundation yang tidak tepat.

Baca Juga : Ini Cara Menghapus Makeup Tebal Agar Tidak Menimbulkan Jerawat

Mengaplikasikan foundation atau alas bedak sudah menjadi hal wajib dalam bermakeup. Namun, mau semahal apapun produk foundation yang digunakan atau setipis apapun kamu mengaplikasikannya akan ada bagian yang terlihat cakey atau tidak rata dan menggumpal. Tentunya hal ini membuat makeup menjadi tidak flawless. Maka dari itu sebaiknya hindari 4 hal ini agar makeupmu menjadi flawless.

Penyebab Foundation dan Makeup Tampak Cakey

Berikut adalah 7 hal yang menjadi penyebab foundation dan makeup tampak cakey dan pecah sehingga harus dihindari :

1. Tidak Menggunakan Pelembap

Pelembap menjadi kunci utama base makeup yang flawless. Wajah yang lembap menujukkan bahwa wajah sudah siap untuk dirias. Selain itu, menggunakan pelembap akan membuatmu lebih mudah mengaplikasikan kosmetik lainnya seperti foundation.

2. Menggunakan Terlalu Banyak

Mungkin kamu berpikir bahwa dengan menggunakan foundation lebih banyak akan menutupi kekurangan pada wajah. Padahal hal ini salah besar karena memakai terlalu banyak foundation akan membuatmu terlihat seperti menggunakan topeng, membuat belang, dan alas bedak akan terlihat menggumpal. Jadi, pastikan selalu memakai foundation setipis mungkin.

Baca Juga : 2 Style Makeup untuk Kulit Sawo Matang agar Tampil Glowing

3. Tidak Menggunakan Aplikator yang Bagus

Mengaplikasikan foundation membutuhkan alat bantu yang bisa meratakannya dengan baik. Sponge basah bisa menjadi pilihan alat yang baik untuk digunakan. Dengan menggunakan alat tersebut kamu akan mendapatkan hasil foundation yang natural, halus, dan terlihat cakey.

4. Menggunakan Bedak Terlalu Tebal

Memakai bedak setelah menggunakan foundation akan mengunci alas bedak yang digunakan agar tidak berantakan. Jadi, kamu tidak perlu menggunakan bedak terlalu tebal apalagi menggunakan bedak jenis two way cake. Sebaiknya aplikasikan bedak tipis saja untuk mencegah hasil akhir makeup yang cakey.

5. Memilih Shade Foundation yang Berbeda dari Tone Kulit

Foundation yang memiliki shade sama dengan kulit akan memudahkan nampak teraplikasi sempurna dengan kulit. Jika kasus terburuknya adalah foundation sedikit luntur karena kamu berada di tempat panas sekalipun, warna kulitmu yang sudah tidak tertutup foundation akan tetap tersamarkan. Untuk itulah cari warna foundation yang sama dengan tone kulit. Jika kamu ingin terlihat kebih cerah, kamu bisa memilih shade foundation yang warnanya 1 tingkat lebih cerah. Jangan lebih dari itu!

6. Jenis Foundation Tidak Sesuai dengan Tipe Kulit

Tipe kulit tertentu memiliki kecocokan yang berbeda-beda dengan satu foundation. Beberapa foundation bisanya telah memiliki keterangan khusus untuk jenis kulit yang cocok. Jangan sampai kamu memilih foundation khusus oily skin atau kulit berminyak jika kulitmu kering. Karena jika begitu, kulitmu akan nampak semakin kering loh!

7. Membeli Foundation dengan Kualitas Kurang Baik

Tidak dapat dipungkiri jika kualitas dari suatu merek foundation bisa berbeda dengan yang lainnya. Sebenarnya tidak melulu soal harga. Bisa jadi foundation dengan harga di bawah 200 ribu memiliki kualitas yang sama dengan yang berharga 500 ribu. Kamu harus rajin melakukan riset dari internet maupun youtube agar mendapat foundation dengan kualitas terbaik dan harga optimal.

Bagaimana agar Foundation dan Makeup Tidak Cakey?

Agar foundation dan makeup tidak cakey berarti kamu harus melakukan kebalikan dari pantangan-pantangan di atas yaitu :

  1. Gunakan pelembab dengan jumlah yang tepat
  2. Aplikasikan foundation hingga bedak dengan jumlah yang pas, hindari memakainya berlebih
  3. Investasikan makeup mu pada aplikaator yang bagus kualitasnya walaupun mungkin harganya lebih mahal
  4. Pilih shade foundation yang tepat dengan skin tone. Samakan shadenya dengan skin tone muatau 1 tingkat lebih cerah
  5. Pilih foundation yang sesuai dengan jenis kulit entah itu kering atau berminyak
  6. Selain aplikator, investasikan juga kualitas foundation yang baik karena foundation adalah alas makeup sehingga sangat penting untuk memengaruhi hasil akhir makeup mu baik atau tidak

Apa itu Dempul Make Up?

Dempul make up adalah keadaan makeup yang tebal dan nampak berat di wajah hingga cenderung menor. Dempul make up biasanya akan membentuk retakan-retakan sehingga make up akan nampak tidak rata di kulit wajah. Penyebab dempul make up bisa jadi karena memilih foundation yang salah hingga memakai foundation atau bedak yang terlalu tebal.

Baca Juga : Berikut Tips Re-Apply Sunscreen Tanpa Merusak Makeup

Jika kamu belum mengerti apa itu dempul, dempul adalah bahan bangunan yang biasanya digunakan untuk menutup lubang pada kayu maupun dinding. Dempul bada konteks bahan bangunan ini memiliki tekstur yang sangat padat sehingga jika mengering dapat membentuk retakan-retakan. Maka dari itu make up yang tebal dan terlihat cakey disamakan dengan dempul ini.

Beberapa hal di atas wajib kamu hindari agar makeup yang kamu gunakan tidak tampak cakey ya. Gak ada lagi makeup terlihat buruk, wajah flawless mu akan semakin on point!

Last Updated on April 17, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 26 March 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya