Ini 5 Kesalahan Penggunaan Peel Off Mask yang Perlu Kamu Ketahui

Healthy Skin - Elisabeth - April 29, 2020

Penggunaan masker untuk merawat wajah menjadi keseharian banyak orang. Nah, beberapa cara pakai peel off mask ini perlu kamu hindari.

Semua jenis kulit dari kering, kombinasi, atau berminyak membutuhkan masker yang sesuai. Namun, ada beberapa perbedaan khusus untuk jenis peel off mask yang harus kamu perhatikan karena ada kemungkinan salah penggunaan selama ini. Bisa karena terlalu lama, terlalu banyak menggunakan produk, atau memilih produk yang salah. Nah, beberapa cara pakai peel off mask yang salah di bawah ini perlu kamu hindari.

Peel Off Mask untuk Apa Sih?

Masker jenis ini memiliki fungsi untuk membersihkan wajah dan menghilangkan kusam. Beberapa merk peel off mask juga memiliki efek merevitalisasi wajah sehingga kulit akan terlihat lebih muda.

Manfaat peel off mask ada beragam tergantung setiap produk menawarkan hasil yang seperti apa. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan dari peel off mask :

  1. Membersihkan kotoran di wajah dan mengangkat sel kulit mati..
  2. Membersihkan minyak di wajah.
  3. Mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.
  4. Melembabkan dan menutrisi kulit.
  5. Menghilangkan kerutan akibat penuaan dini.
  6. Bersifat antiinflamasi yang bisa menenangkan kulit.

Baca Juga : Perbedaan Jenis Masker dan Manfaatnya untuk Kulitmu

Kesalahan Penggunaan Peel Off Mask

1. Terlalu Sering Memakai Produk

Mengelupas peel off mask memang ada kepuasan tersendiri. Sebenarnya, menggunakan peel off mask terlalu sering adalah kesalahan paling umum yang dilakukan untuk jenis kulit apapun. Jika kamu tidak memberi jeda beberapa hari, kulit akan mengalami kering berlebihan, iritasi, dan pori-pori tersumbat. Sebaiknya batasi penggunaan produk ini tidak lebih dari sekali seminggu.

2. Menggunakan Terlalu Lama

Kelemahan peel off mask adalah kamu sering lupa untuk mengelupasnya di waktu yang tepat. Masker yang diaplikasikan dalam waktu lama di kulit dapat mengiritasi kulit, terutama jika menggunakan masker dengan parfum. Sebagian besar peel off mask disarankan untuk diangkat segera setelah kering. Jadi, jangan biarkan produk terlalu lama berada di wajah.

3. Tidak Menggunakan Produk yang Tepat

Memasuki toko memang banyak sekali produk yang ditawarkan. Nah, menemukan masker yang tepat untuk jenis kulit bisa menjadi tugas yang sulit karena tidak bisa asal pilih saja. Kalau kamu memiliki kulit kering, kamu perlu mencari masker yang memiliki kandungan hyaluronic acid atau glycerin. Untuk kulit berminyak, kamu perlu menggunakan masker dengan kandungan clay atau charcoal untuk mendapatkan manfaat.

4. Tidak Berhati-Hati Saat Peeling

Ketika mengelupas lapisan kulit masker, terkadang kamu terlalu agresif dan tidak berhati-hati. Ketika masker sudah dalam keadaan kering, sebaiknya kamu mengupas perlahan-lahan dimulai dari samping agar kulit tidak sakit atau iritasi. Mengangkat masker dalam sekali angkat tidaklah mustahil kalau kamu menggunakannya dalam jumlah yang tepat dan mendiamkannya hingga benar-benar kering.

5. Sehabis Melakukan Waxing atau Threading

Melakukan masking atau waxing sama-sama menghilangkan lapisan sel kulit mati. Namun, kalau kamu melakukan keduanya bersamaan, hal ini bisa membuat kulit terasa kering dan sensitif. Hasilnya, kulitmu akan mudah tereskpos bakteri yang menimbulkan jerawat, kemerahan, dan iritasi. Sebaiknya berikan jeda waktu yang cukup di setiap perawatan kecantikan yang kamu lakukan.   

Last Updated on March 24, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *