Cara Mudah Menghilangkan Mata Panda di Wajah

Healthy Skin - Elisabeth - April 11, 2021

Mata panda membuat penampilan menjadi kurang maksimal ya. Nah, ini ada cara menghilangkan mata panda di wajahmu dengan mudah!

Mata panda adalah istilah yang menunjukkan lingkaran hitam di kulit sekitar mata. Kondisi ini biasanya disertai dengan mata bengkak dan sembap. Munculnya lingkaran hitam ini memang tidak berbahaya dan bisa dihilangkan dengan penanganan yang tepat. Masalah ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Biasanya, wanita akan menutupi mata panda ini dengan makeup atau concealer. Namun, pemakaian makeup ini hanya untuk menutupi tetapi tidak dapat menghilangkannya. Lalu, bagaimana cara menghilangkan mata panda ini?

Penyebab Kemunculan Mata Panda

Umumnya, penyebab mata panda mata panda adalah kelelahan atau kurang tidur. Selain kurang tidur, penyebab mata panda bisa disebabkan oleh beberapa hal umum berikut. Penyebab mata panda dan kantung mata diantaranya:

  1. Mengalami dehidrasi,
  2. Menangis terlalu lama,
  3. Merokok atau mengonsumsi alkohol, dan
  4. Menatap layar komputer atau smartphone terlalu lama.

Tak hanya itu, mata panda juga bisa disebabkan oleh proses penuaan. Karena bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penipisan kulit dan berkurangnya jaringan lemak serta kolagen. Hal ini akan membuat pembuluh darah di bawah mata terlihat menonjol dan membuat warna kulit sekitar mata terlihat lebih gelap.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Masalah lingkaran hitan di bawah mata tidak perlu dianggap serius karena tidak berbahaya. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah mata panda yang bisa kamu lakukan. Berikut ini cara menghilangkan mata panda yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Mengatur Jam Tidur yang Cukup

cara menghilangkan mata panda

Salah satu cara menghilangkan mata panda paling sederhana namun penting adalah mengatur jam tidur yang cukup. Pola tidur yang buruk atau kurang tidur akan menyebabkan wajah menjadi kusam dan pucat. Hal ini akan mengakibatkan jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulit jadi terlihat. Selain itu, kurang tidur akan mengakibatkan penumpukan cairan di bawah mata sehingga area mata tampak membengkak. Hal ini yang biasa kita sebut dengan mata panda, atau munculnya kantung mata. Pola tidur yang baik akan membuat mata lebih cerah dan memperbaiki kerusakan sel-sel yang terjadi pada kulit.

2. Kompres Air Dingin

Melihat muka yang tampak lesu karena mata panda pasti membuat kesal. Nah, kamu bisa menggunakan air dingin untuk meredakan masalah ini. Kompres menggunakan air dingin adalah salah satu cara menghilangkan mata panda. Kamu bisa mencelupkan handuk bersih ke air es lalu letakkan di bawah mata selama 20 menit.

Harap diperhatikan, karena mata dan kulit sekitar mata adalah area yang halus dan sensitif, jangan pernah menggunakan air dingin langsung tanpa perantara kain handuk. Cara ini juga kurang direkomendasikan jika memiliki masalah pada organ mata dalam menerima suhu dingin.

Namun untuk kondisi mata dan kulit normal, suhu dingin yang diterima kulit akan membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah. Nah, sirkulasi darah dalam kulitmu dapat berjalan baik dan mata panda perlahan memudar.

3. Kompres dengan Timun

cara menghilangkan mata panda

Salah satu cara alami untuk menghilangkan mata panda adalah mengompres dengan timun. Mengompres mata dengan timun dapat menenangkan kulit dan menghilangkan pembengkakan di area mata. Tingginya kandungan air dan vitamin C di dalam timun ini mampu menutrisi dan melembapkan kulit jadi efektif untuk mengatasi mata panda. Kamu bisa memotong timun yang sudah dibersihkan dengan tipis lalu tempelkan ke area mata. Diamkan selama beberapa menit lalu bersihkan wajah dengan air bersih.

Baca Juga : Yuk, Ikuti 7 Cara Mudah Mengatasi Mata Bengkak Ini

4. Kompres dengan Kantung Teh Bekas

cara menghilangkan mata panda

Kamu juga bisa menghilangkan mata panda dengan kantung teh bekas. Teh mengandung antioksidan dan kafein yang dapat menstimulasi sirkulasi darah, menyempitkan pembuluh darah yang melebar, dan mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit sekitar mata.

Setelah kamu mendapatkan kantung teh hitam atau teh hijau yang sudah diseduh, kamu bisa memasukkannya ke dalam kulkas selama 15-20 menit. Letakkan kantung teh itu di atas mata tertutup selama 15-20 menit. Lalu, bilas wajah dengan air bersih.

5. Gunakan Tomat sebagai Masker

Salah satu buah yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan mata panda adalah tomat. Tingginya kandungan zat likopen dan beta karoten yang mampu mengurangi kerusakan oksidatif pada jaringan kulit. Kamu bisa membuat masker dengan menghancurkan tomat menjadi pasta. Lalu oleskan pada area bawah mata secara perlahan. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

6. Menggunakan Air Mawar

Selain menyegarkan kulit wajah, air mawar cukup efektif untuk meringankan mata panda. Caranya cukup mudah, siapkan air mawar dalam wadah, lalu rendamkan kapas. Setelah itu, letakkan di area mata yang membengkak atau menghitam. Diamkan selama 15 menit sebelum kamu bilas. Kamu bisa melakukan perawatan ini secara rutin setiap dua kali sehari supaya mata panda memudar.

Baca Juga : Pendapat Influencer Tentang Avoskin Advanced Action Eye Ampoule

7. Gunakan Avoskin Advanced Action Eye Ampoule

Avoskin Advanced Action Eye Ampoule
Avoskin Advanced Action Eye Ampoule, Foto: Avoskin

Kalau kamu ingin mengatasi masalah mata panda dengan produk perawatan kulit area mata, kamu bisa mencoba salah satu produk dari Avoskin ini. Produk ini hadir dengan komposisi yang lebih sempurna untuk memberikan hasil perawatan kulit yang lebih optimal. Kandungan 7,5% Peptide, Niacinmaide, Probiotics, Caffeine, Green Tea, dan cucumber membantu menghidrasi, mencerahkan, menjaga kekenyalan kulit, dan kaya kandungan anti oksidan. Perpaduan semua kandungan ini akan memicu produksi kolagen alami pada kulit yang berfungsi efektif untuk menunda munculnya keruatan halus pada kulit sekitar mata.

Nah, itu dia beberapa cara untuk menghilangkan mata panda yang bisa kamu lakukan di rumah. Tidak perlu selalu melakukan perawatan di klinik kecantikan, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.

Last Updated on April 18, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *