Urutan Skincare Routine untuk Remaja Pagi dan Malam Hari

0
Diunggah 15 February 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Urutan Skincare Routine untuk Remaja Pagi dan Malam Hari

Remaja juga perlu menggunakan produk skincare karena menjaga kesehatan kulit sejak dini sangat penting. Seperti apa sih skincare routine untuk remaja?

Ada banyak produk skincare khusus remaja yang beredar di pasaran, hal ini untuk menjaga kesehatan kulit sejak dini. Menjaga kesehatan kulit perlu dilakukan sejak dini agar masalah kulit saat puber bisa dihindari.

Nah, kalau kamu baru saja ingin mulai menggunakan skincare, wajar saja kalau masih bingung mengenai tahapan dan produk apa saja yang harus dipakai.

Kamu tidak perlu khawatir, masih banyak orang dewasa yang belum paham tentang basic dan pentingnya skincare. Jangan ragu, skincare itu mudah kok! Kamu bisa coba tahapan skincare routine untuk remaja berikut ini sebagai panduanmu. Berikut merupakan urutan skincare remaja yang bisa kamu terapkan :

Baca Juga : Rekomendasi Urutan Skincare Malam yang Juga Bisa Kamu Coba

1. Urutan Skincare Remaja Terpenting : Bersihkan Wajah Secara Menyeluruh pada Pagi dan Malam Hari

urutan skincare routine untuk remaja
Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser (Foto: dindkath)

Hal terpenting dalam perawatan kulit adalah membersihkan kulit secara menyeluruh, jadi kamu wajib mencuci muka dua kali dalam sehari yaitu pagi dan malam hari.

Apapun jenis kulitmu, pilihlah sabun cuci muka yang memiliki kandungan ringan dan mampu menyingkirkan kotoran serta minyak di wajah seperti Natural Sublime Facial Cleanser Avoskin karena produk ini aman digunakan untuk usia 15 tahun ke atas.

Untuk di malam hari kamu bisa melakukan double cleansing agar kotoran atau sisa makeup saat aktivitas di siang hari bisa hilang secara sempurna.  Nah, salah satu tahapan skincare ini harus dipraktekkan sejak dini.

Langkah pertama pada double cleansing adalah membersihkan kulit dengan first cleanser seperti micellar water atau cleansing oil. Micelllar water lebih cocok digunakan untuk kulitmu yang lebih peka dengan gesekkan sedangkan cleansing oil untuk kamu yang memiliki kulit kering.

2. Eksfoliasi untuk Remaja Disarankan agar Mengangkat Sel Kulit Mati di Malam Hari

urutan skincare routine untuk remaja
Avoskin Miraculous Refining Toner

Kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit di malam hari untuk menghilangkan sebum, mengangkat sel kulit mati, dan mengurangi minyak berlebih pada kulit.

Sebaiknya kamu memilih jenis produk eksfoliasi yang cocok untuk jenis kulit remaja seperti Miraculous Refining Serum atau Miraculous Refining Toner dari Avoskin. Selain itu, kamu juga bisa memilih varian dari Your Skin Bae Series seperti Salicylic Acid 2% + Zinc atau Niacinamide 12% + Centella Asiatica. Pilihan produk ini tepat untukmu karena produk ini aman digunakan untuk usia 16 tahun ke atas.

Eksfolasi bisa dilakukan satu hingga dua kali dalam seminggu pada malam hari saja. Nah, eksfoliasi kulit ini dapat membantu membersihkan kulit. Eksfoliasi juga membantu mencegah pori-pori kulit tersembut sebagai penyebab utama jerawat dan komedo. Dengan rutin melakukan eksfoliasi kulit, hal ini akan membersihkan sel kulit mati dan membatasi perkembangbiakan bakteri penyebab jerawat.

3. Urutan Skincare Routine untuk Remaja : Lakukan Hidrasi Kulit pada Pagi dan Malam Hari

urutan skincare routine untuk remaja
Avoskin Your Skin Bae Niacinamide 7% + Alpha Arbutin 1% + Kale

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan hydrating toner yang membantu mengecilkan pori-pori besar kulit. Toner juga berguna untuk membersihkan residu yang tersisa, menutup pori-pori, dan membuat tahapan skincare selanjutnya menjadi lebih mudah menyerap pada kulit.

Sebaiknya kamu memilih produk hidrasi dengan kandungan ringan dan aman untuk kulit seperti Hydrating Treatment Essence atau Your Skin Bae Niacinamide 7% + Alpha Arbutin 1% + Kale karena produk ini aman digunakan untuk usia 15 tahun ke atas.

Produk hidrasi ini bisa diaplikasikan pada pagi dan malam hari. Tentunya hal ini akan menghindari produksi minyak berlebih di pori-pori sehingga mencegah pembentukan jerawat dan komedo baru.

Penggunaan produk yang menghidrasi seperti hydrating toner ini akan sangat membantu untuk melembapkan dan menyegarkan kulit setelah cuci muka. Jangan beranggapan kalau terkena air saat cuci muka itu kulitmu basah tandanya terhidrasi ya! Karena membiarkan kulit kering dan kesat setelah cuci muka akan membuat kulitmu dehidrasi.

Baca Juga : 10 Step Korean Skincare Routine Mudah yang Bisa Kamu Coba

4. Gunakan Masker Wajah pada Malam Hari jika Perlu

urutan skincare routine untuk remaja
Avoskin Miraculous Refining AHA-BHA-PHA Sheet Mask

Meskipun masih remaja, kamu juga sudah bisa menggunakan masker wajah sekali atau dua kali seminggu. Namun, sebaiknya kamu menggunakan masker wajah di malam hari saja untuk membantu membersihkan kotoran dan minyak berlebih, serta memberikan hidrasi pada lapisan kulit.

Kamu bisa coba menggunakan Miraculous Refining AHA-BHA-PHA Sheet Mask karena aman digunakan mulai dari usia 16 tahun.  Gunakan masker ini setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner agar kulit wajah bisa menyerap kandungan masker lebih baik.

5. Memakai Pelembap atau Moisturizer untuk Menyehatkan Kulit pada Pagi dan Malam Hari

urutan skincare routine untuk remaja
Avoskin Intensive Divine Day Cream

Jangan pernah lupa untuk memberikan kelembapan tambahan pada wajah dengan bantuan moisturizer atau pelembap yang menyehatkan kulit. Pelembap ini seperti nutrizi dan gizi untuk kulit, jadi pilih moisturizer yang ringan dan bebas minyak.

Untuk pagi hari kamu bisa menggunakan Intensive Divine Day Cream dari Avoskin untuk melindungi kulit dari pengaruh luar dan membuat kulit tampak segar dan bercahaya. Kemudian, di malam hari kamu bisa menggunakan Luminous Emulsion Night Cream untuk membantu menjaga tingkat kelembapan kulit saat tidur.

6. Selalu Gunakan Sunscreen Sebelum Bepergian di Pagi Hari

urutan skincare routine untuk remaja
Avoskin The Great Shield Sunscreen

Tahapan perawatan yang terakhir adalah hal wajib yang tidak boleh dilewatkan pada pagi hari. Kamu harus mulai membiasakan untuk memakai sunscreen sebelum bepergian.

Melindungi kulit dari sinar UV matahari yang keras adalah langkah awal paling baik untuk menjaga kesehatan kulit sejak dini. Saat cuaca hujan ataupun cerah, sunscreen tetap wajib untuk digunakan.

Kamu bisa menggunakan The Great Shield Sunscreen dari Avoskin yang aman digunakan mulai dari usia 15 tahun. Dengan SPF 50, produk ini akan melindungi kulitmu dengan sempurna apalagi kalau kamu sering berada di luar ruangan.

Skincare routine untuk remaja memang bervariasi dari satu remaja ke remaja lainnya. Hal ini karena bergantung pada faktor seperti kondisi cuaca, usia, dan gaya hidupnya. Namun, skincare routine di atas bisa kamu jadikan acuan untuk merawat kulitmu saat ini.

Kunci dari Urutan Skincare Remaja yang Benar : Kenali Jenis Kulit Sejak Remaja

Sebagai remaja yang mungkin di antara kamu masih pemula dalam menggunakan skincare, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali jenis kulit. Berbagai rekomendasi step skincare remaja tidak akan maksimal hasilnya apabila kamu tidak tepat dalam mengenali jenis kulitmu. Berikut jenis kulit yang ada:

1. Kulit Remaja Kering

Kulit kering biasanya memiliki kenampakan yang kusam dan bisa  bertekstur kasar, dan bahkan bersisik. Seringkali terasa kencang atau memiliki sensasi tertarik (kurang elastis) dan cenderung menunjukkan garis yang lebih terlihat. Selain itu, dapat menyebabkan gatal dan iritasi. Saat sangat kering, kulitmu  bisa menjadi kasar dan bersisik, terutama di punggung tangan, lengan dan kaki. 

Kulit kering dapat disebabkan atau diperburuk oleh: 

  • Faktor keturunan/ genetika
  • Penuaan atau perubahan hormonal 
  • Cuaca dan kelembaban udara 
  • Paparan radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari
  • Mandi menggunakan air panas
  • Bahan tertentu yang ada pada sabun, kosmetik, atau deterjen

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering tidak disarankan untuk sering mencuci wajah dengan facial wash, maksimal 2 kali saja sudah cukup. Selain itu juga hindari terlalu sering melakukan eksfoliasi. Pada dasarnya rekomendasi melakukan eksfoliasi untuk remaja yang memiliki kulit berminyak. Kamu tetap bisa melakukan eksfoliasi karena tetap membutuhkannya, 1 minggu sekali sudah cukup ya.

2. Kulit Remaja Kombinasi 

Jenis kulit ini memiliki perpaduan area kering dan berminyak. Pada T-zone umumnya berminyak, dan pipi  kering atau normal. 

Kulit kombinasi mungkin memiliki pori-pori yang terlihat lebih besar dari biasanya karena lebih cenderung hanya berminyak di area T-zone.

Untuk kulit jenis ini lakukan eksfoliasi hanya pada area T-zone dan penggunaan pembersih atau facial wash lebih difokuskan pada area tersebut.

Baca Juga : Rekomendasi Produk Skincare Noncomedogenic

3. Kulit Remaja Oily/ Berminyak

Remaja yang sedang aktif melakukan banyak kegiatan dan memiliki kulit berminyak akan sangat rawan terserang beberapa masalah kulit seperti jerawat dan pori-pori besar. Namun kamu tidak perlu khawatir. Kamu disarankan lebih sering melakukan eksfoliasi seperti 2 hingga 3 kali dalam 1 minggu. Gunakan juga pembersih wajah yang khusus untuk kulit berminyak ya. Oiya, disarankan untuk memilih skincare yang memiliki claim noncomedogenic ya, agar mengurangi kemungkinan penimbunan kotoran pada pori-pori wajah kamu.

Last Updated on March 04, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 15 February 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya