Cara Menghilangkan Flek Hitam, Wajah Lebih Bersih dan Sehat

0
Diunggah 19 October 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Cara Menghilangkan Flek Hitam, Wajah Lebih Bersih dan Sehat

Flek hitam di wajah memang cukup mengganggu penampilan. Yuk, coba beberapa cara menghilangkan flek hitam wajah ini!

Masalah kulit pada wajah memang tidak ada habisnya. Salah satu masalah yang sering dialami oleh kulit adalah flek hitam. Masalah kulit yang satu ini memang umum terjadi pada siapa saja. Maka dari itu kamu perlu menjaga kulit dan memberikan perhatian lebih untuk mencegah dan memudarkan dark spot pada wajah. Sebenarnya, munculnya flek hitam terjadi karena melanin di dalam kulit yang berkumpul pada satu area wajah, sehingga tampak seperti noda berwarna hitam. Yuk, kita coba simak cara menghilangkan flek hitam berikut ini.

Penyebab Munculnya Flek Hitam

Penjelasan sederhana dari kemunculan bintik-bintik flek hitam atau hiperpigmentasi adalah kelebihan melanin di kulit yang dapat aktif dengan cara yang berbeda. Penyebab paling umum dari munculnya flek hitam ini adalah paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari secara terus menerus tanpa perlindungan dari tabir surya menyebabkan flek hitam. Paparan sinar matahari memicu produksi melanin pada kulit secara tidak merata, dan penumpukan itu menyebabkan flek hitam pada permukaan kulit.

Penyebab lainnya adalah jerawat dan iritasi kulit seperti ruam, goresan, atau gigitan nyamuk. Jerawat menjadi salah satu penyebabnya karena jerawat dipencet bisa meninggalkan luka lalu menimbulkan flek hitam. Salah satu reaksi tubuh terhadap luka adalah dengan memproduksi melanin secara berlebihan yang mengakibatkan flek hitam pada wajah

Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

Menghilangkan flek hitam memang bisa menggunakan produk kecantikan yang dijual di pasaran ataupun dengan bantuan medis. Kamu juga bisa menghilangkan flek hitam secara alami dengan bahan-bahan berikut ini.

1. Menggunakan Masker Kentang

Kentang adalah salah satu sayuran yang banyak digunakan untuk memasak karena bahan ini sangat mudah ditemukan di pasar. Ternyata, kentang memiliki kandungan yang mampu menghilangkan flek hitam. Bahkan, kentang juga mampu mengangkat se kulit mati, melembapkan kulit, dan mencerahkan kulit.

Kalau kamu ingin menggunakan kentang sebagai masker caranya mudah. Cuci bersih kentang dan iris tipis-tipis. Setelah itu, letakkan irisan kentang pada wajah dan biarkan selama beberapa menit lalu cuci bersih dengan air hangat.

2. Menggunakan Gel dalam Lidah Buaya

Lidah buaya memang dikenal sebagai bahan untuk perawatan wajah karena banyak manfaatnya. Lidah buaya ini mampu melembapkan dan menghaluskan wajah. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas, jadi tidak heran banyak produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya.

Kalau kamu memiliki tanaman lidah buaya di rumah, ambil dan belah batang lidah buaya untuk mengambil dagingnya. Oleskan daging atau gel lidah buaya di bagian wajah yang mengalami flek hitam. Pijat perlahan dan biarkan 15-20 menit setelah kering bisa dibias hingga bersih.

3. Menggunakan Masker Kunyit

Kunyit memang bermanfaat sebagai rempah-rempah untuk membuat masakan semakin nikmat. Namun, kunyit juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit wajah. Kunyit ini mampu menghilangkan jerawat, menyamarkan bekas jerawat, dan mengangkat sel kulit mati. Kandungan anti pigmentasi dan anti inflamasi juga ada dalam kunyit.

Nah, untuk mendapatkan manfaat kunyit, kamu bisa membuat kunyit menjadi masker wajah. Campurkan dua sendok teh kunyit yang sudah dihaluskan dengan susu, tetapi perbandingan kunyit harus lebih banyak. Gunakan campuran sebagai masker dan biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam

Selain dengan bahan alami, kamu bisa menghilangkan flek hitam dengan memilih produk skincare dengan beberapa kandungan ini.

1. Azelaic Acid

Azelaic acid ini adalah kandungan alami yang dapat ditemukan dalam gandum, gandum hitam, dan barley. Azelaic acid merupakan salah satu jenis eksfolian lembut dan baik untuk kulit yang rentan terhadap hiperpigmentasi. Hal ini disebabkan oleh kandungan dalam azelaic acid dapat menunjukkan efek saat berada dalam konsentrasi 10-20%. Kandungan ini juga cukup aman untuk digunakan, bahkan bagi kamu yang memiliki masalah jerawat. Sifat anti bakteri dan anti inflamasi dalam azelaic acid ini aman untuk berbagai jenis kulit.

2. Vitamin C

Vitamin C memang dikenal sebagai kandungan yang mampu meratakan warna kulit dan memperbaiki lapisan kulit yang menghitam. Kandungan antioksidan dalam vitamin C mampu menetralisir radikal bebas yang merusak kulit dan menyebabkan penggelapan warna kulit. Kandungan ini juga membantu meregenerasi sel kulit dan memperbaiki lapisan kulit yang rusak. Selain itu, Vitamin C juga berfungsi untuk eksfoliasi, sel kulit mati akan hilang dan sel kulit baru yang lebih cerah akan naik ke permukaan kulit.

3. Ekstrak Licorice

Skincare dengan kandungan ekstrak licorice sangat cocok untuk kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Ekstrak licorice ini memiliki antioksidan glabridin dan licochalcone A yang berfungsi untuk menangkal radiasi matahari. Kandungan di dalam licorice ini mampu memncerahkan kulit yang mengalami kerusakan dan menghambat enzim yang membuat kulit menggelap setelah terpapar sinar matahari. Licorice ini akan menenangkan kulit dan mengatasi noda-noda hitam.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Pudarkan Noda Hitam Bekas Jerawat Tanpa Laser

4. Ekstrak Pomegranate

Ekstrak buah yang satu ini mampu membantu mencerahkan kulit wajah. Buah pomegranate ini kaya akan kandungan vitamin C yang menjadi antioksidan unggul. Kandungan proanthocyanidins dan flavonoid di dalamnya memiliki fungsi untuk memperlambat proses penuaan dini. Kalau kamu memiliki kulit sensitif, kamu tidak perlu takut menggunakan ekstral pomegranate karena kandungan di dalamnya memiliki fungsi anti inflamasi.

5. Beta Karoten

Beta karoten merupakan salah satu kandungan natural yang mampu meratakan warna wajah. Kandungan ini sering digunakan dalam produk skincare karena mampu melindungi kulit dari sinar UVA. Kandungan ini bisa membantu mengurangi tingkat stres oksidatif dan memperbaiki kulit. Beta Carotene ini juga berfungsi untuk mendorong perlindungan sunscreen. Karena konsumsi beta carotene 90-180mg dapat mengurangi efek sunburn dan menyediakan SPF 4.   

Last Updated on November 21, 2022

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 19 October 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya