Mitos dan Fakta Seputar Jerawat yang Wajib Kamu Ketahui

0
Diunggah 26 November 2021

Malwa

Copy Writer
0
LikeHealthy Skin

Mitos dan Fakta Seputar Jerawat yang Wajib Kamu Ketahui

Masih banyak nih mitos  jerawat yang beredar di masyarakat, bahkan banyak yang beranggapan ini fakta. Cek faktanya di sini!

Jerawat masih menjadi salah satu permasalahan kulit yang dikeluhkan banyak orang. Belum lagi muncul banyaknya desas-desus seputar jerawat yang membuat orang semakin takut dan panik. Padahal tidak semua yang kamu dengar mengenai jerawat tersebut benar adanya lo. Kira-kira apa ya fakta dibalik mitos jerawat yang sering kamu dengar? Yuk coba cek kebenarannya di bawah ini!

Skin Barrier rusak, irritant mudah masuk dan dapat menyebabkan jerawat?

Banyak orang bilang bahwa skin barrier harus selalu dijaga agar tidak mudah rusak. Apalagi, rusaknya skin barrier menyebabkan irritant jadi lebih mudah untuk masuk. Apakah karena skin barrier yang rusak, kulit menjadi mudah kering dan mudah berjerawat? Ternyata hal ini merupakan fakta! Skin barrier merupakan pelindung dan garda terdepan pelindung kulit kita. Dengan terawatnya skin barrier, kulit dapat melawan irritant yang akan masuk ke dalam kulit. Tetapi, jika skin barrier rusak maka irritant dari luar seperti debu dan polusi dapat dengan mudah masuk ke dalam pori-pori. Terlebih ketika semuanya datang secara bersamaan, tentunya menyebabkan jerawat dapat lebih mudah muncul. Selain itu, adanya irritant yang masuk juga dapat membuat kulit yang berjerawat semakin meradang

Memencet jerawat bisa membantu mempercepat penyembuhan jerawat?

Siapa yang sering gak tahan untuk memencet jerawat karena risih dan ‘gatal’ ingin cepet-cepet sembuh? Jangan lagi ya, ini adalah mitos yang paling sering dilakukan karena katanya dapat mempercepat penyembuhan jerawat. Padahal, ketika kamu memencet jerawat malah akan membuat bakteri lebih cepat menyebar dan membuat jerawat makin mudah meradang. Apalagi Ketika memencet jerawat dengan tangan dan kondisi wajah yang kotor. Keduanya akan menjadi media bagi kuman, bakteri dan berbagai irritant lainnya dalam mentrigger meradangnya jerawat pada kulit.

Eksfoliasi setiap hari dapat mengurangi jerawat, padahal kondisi kulit merah dan kering?

Eksfoliasi pada kulit yang tidak mengalami masalah memang baik adanya, tetapi ketika kulit sedang kemerahan dan kering malah akan membuat jerawat semakin parah! Selalu perhatikan kondisi kulit ketika akan melakukan eksfoliasi. Ketika kondisi kulit sedang kemerahan dan kering, gunakan dulu produk yang calming dan menghidrasi lebih pada kulit. Memang sih eksfoliasi dapat membantu mengurangi masalah jerawat. Tetapi, jangan paksakan keadaan kulit ketika sedang mengalami kondisi-kondisi tertentu. Selalu perhatikan reaksi eksfoliasi tersebut terhadap kulit kamu!

Baca Juga : MIRACULOUS ACNE SOLUTION, SOLUSI MASALAH JERAWAT DI WAJAHMU

Faktor penyebab jerawat bermacam-macam?

Kalau orang bilang penyebab jerawat muncul hanya karena wajah yang kotor dan tidak dirawat, informasi ini salah besar. Jerawat tidak hanya muncul karena kurang terawatnya kulit kita. Faktor eksternal seperti hormon, berubahnya pola hidup dan pola makan juga dapat memicu pertumbuhan jerawat. Jerawat juga memiliki banyak jenisnya tergantung kondisi dan tipe kulit masing-masing orang.

Jadi memang factor penyebab jerawat dapat dilihat juga dari bagaimana seseorang berkegiatan dan pengaturan pola hidup yang dijalani. Dengan mengetahui hal ini, kita dapat dengan mudah melihat dan mengetahui penyebab jerawat serta mengetahui solusi terbaik untuk mengatasi jerawat.

Ternyata banyak juga ya mitos yang beredar dan memberikan informasi yang kurang tepat. Tapi jangan takut ya SahabatAvo karena jerawat itu hal yang normal dan bisa dialami oleh semua orang. Jadi, jangan takut dan malu terhadap munculnya jerawat. Tetap percaya diri dan #TREATYOURREALSKIN

Ditulis Oleh

Malwa

Copy WriterDiunggah 26 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya