14 Langkah Mudah untuk Menjadi Morning Person

0
Diunggah 04 December 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

14 Langkah Mudah untuk Menjadi Morning Person

Morning person percaya bahwa beberapa jam pertama di pagi hari adalah yang paling produktif. Mereka cepat untuk bertindak dan waspada, serta mereka akan berbicara tentang kemudahan yang mereka rasakan tentang kemudahan menyelesaikan tugas dan latihan sebelum 9 pagi. Namun, tidak semua orang bisa dengan mudah menjadi morning person. Ikuti 14 langkah berikut ini untuk menjadi morning person.

1. Tentukan Pola Waktu Bangun Tidur

Selama akhir pekan, tinggalkan alarm dan periksa jam berapa kamu bangun secara alami. Catat pola waktu bangun tidurmu, karena hal ini akan membantu menentukan kapan tubuh cenderung bangun dengan sendirinya. Langkah pertama untuk menjadi morning person memang tidak mudah jadi tentukan pola waktu bangun tidurmu.

2. Tentukan Waktu Tidur

Tentukan waktu tidur dan pertahankan untuk seterusnya. Pasang pengingat pada Google Assistant untuk mulai menyelesaikan pekerjaan lain dan bersiap-siap tidur. Hal ini akan membantu meringankan rutinitas malam yang biasanya kamu lakukan.

3. Download Aplikasi Sleep Tracking

Kalau kamu terlalu mengantuk untuk bangun di pagi hari. Cobalah mengunduh aplikasi sleep tracking yang mencatat berapa kali kamu bangun per malam. Ini dapat membantu menentukan berapa jam tidur efektif yang tidak mengalami gangguan.

4. Atur Kamar Senyaman Mungkin

Buat kamar tidurmu menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat. Sembunyikan setiap elektronik yang berpendar atau berkedip, sebab ini adalah hal yang mengganggu tidur. Cobalah untuk menggunakan kipas angin kecil yang memberi suara lirih menenangkan. Dengan melakukan beberapa hal kecil tersebut, suasana kamar tidurmu akan lebih tenang dan membuat kamu lebih nyaman untuk tidur di sana.

5. Semprot Bantal dengan Essence Lavender

Semprot bantal yang kamu gunakan dengan essence lavender sebelum tidur. The National Sleep Foundation mengatakan bahwa subjek penelitian yang mencium bau lavender sebelum tidur akan merasa lebih segar dan bersemangat di pagi hari.

6. Buka Tirai Ketika Bangun Tidur

Untuk menjadi morning person langkah yang satu ini sangat mudah. Kamu hanya tinggal membuka tirai sebelum melakukan aktivitas. Dengan masuknya sinar matahari ke dalam ruangan, tubuhmu akan terasa lebih segar dan terbangun sepenuhnya.

7. Matikan Tombol Snooze pada Alarm

Langkah untuk menjadi morning person yang satu ini cukup menantang. Hapus tombol snooze pada alarm yang kamu gunakan. Akan lebih baik jika mengatur alarm hanya dengan waktu yang sama setiap paginya. Segera bangun setelah alarm mati, agar tubuhmu tidak malas untuk bangun kembali.

Baca Juga : Instagramxiety, Merasa Cemas Saat Melihat Unggahan Orang Lain

8. Awali Hari dengan Snack

Awali pagi harimu dengan camilan kecil yang disukai. Ini akan sesuai untuk mengisi waktu sebelum melakukan yoga ringan di pagi hari. Bahkan resep smoothie yang baru ataupun secangkir kopi juga cocok untuk mengawali harimu. Menjadi morning person terlihat menyenangkan dengan beberapa snack favoritmu.

9. Rapikan Tempat Tidur

Untuk menjadi morning person tentu tidak boleh lupa merapikan tempat tidur. Hal ini tidak hanya mencegah tubuhmu ingin kembali tidur, tetapi ini juga menjadi tugas pertama yang berhasil kamu lakukan.

10. Melompat Beberapa Kali

Ini merupakan tantangan kecil agar kamu lebih mudah terbangun dan tidak merasa mengantuk lagi. Meski terasa konyol, tetapi melompat ke atas dan ke bawah beberapa detik ini akan membuat darah dalam tubuh mengalir dengan baik. Dengan melakukan hal ini menjadi morning person terlihat menyenangkan.

11. Siapkan Perlengkapan Malam Hari Sebelumnya

Lakukan kebiasaan saat masih sekolah dengan memilih pakaian dan menyiapkan barang yang akan dibawa pada malam hari. Jika kamu ingin membawa tas gym, siapkan juga peralatan olahraga sebelumnya. Jadi kamu tidak akan kerepotan di pagi hari untuk menyiapkan barang-barang.

12. Cek Cuaca di Berita atau Handphone

Untuk menjadi morning person sangat penting memeriksa cuaca pada hari tersebut. Kamu bisa mengecek cuaca di berita ataupun handphone. Dengan mengetahui ramalan cuaca pada hari itu, kamu sudah bisa menyiapkan apa saja yang harus dibawa seperti jas hujan, jaket, atau payung.

13. Buat Rencana Selama 1 Hari

Buatlah rencana yang baik untuk menjalani aktivitas seharian. Usahakan untuk selalu memikirkan hal yang positif dan melakukan hal positif juga. Studi dari Mayo Clinic menunjukkan bahwa dengan berpikiran positif akan mengarah pada penurunan penyakit fisik, depresi, dan manajemen stres.

14. Lakukan Kegiatan Bermanfaat

Ganti waktu yang biasanya digunakan untuk tidur dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Kamu bisa mengikuti kelas bahasa atau kelas tembikar, dengan melakukan hal itu tentunya ketrampilanmu akan bertambah. Semakin banyak waktu yang kamu gunakan di pagi hari maka semakin banyak pula ilmu yang kamu dapat. Menjadi morning person ternyata menyimpan banyak manfaat, bukan?

Tidak susah untuk menjadi morning person. 14 langkah di atas bisa kamu lakukan mulai sekarang. Selamat mencoba!   

Last Updated on January 29, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 04 December 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya