Instagramxiety, Merasa Cemas Saat Melihat Unggahan Orang Lain

Life - rustaviani - November 17, 2020

Woman showing an Instagram icon

Instagram tumbuh dengan cepat di Indonesia. Dari digunakan untuk akun pribadi, tempat narsis, berdagang, berita, hingga bisnis, semua menjadi satu. Namun, satu hal yang mengintai dan sulit dihindari dari penggunaan Instagram adalah rasa cemas. Nah, rasa cemas yang kamu alami ketika melihat unggahan orang lain di instagram biasa disebut instagramxiety. Berikut ini penjelasan mengenai instagramxiety.

Apa Itu Instagramxiety?

Instagramxiety adalah kondisi nyata yang membuat seseorang merasa kelelahan, stres, iri, sedih dan membenci diri sendiri, setelah melihat unggahan orang lain di Instagram. Foto-foto menarik dari para selebritis, blogger, influencer, keluarga dan teman semuanya dapat berpotensi membuat diri sendiri merasa tidak berarti dan kurang sukses.

Membandingkan diri dengan foto mereka yang tampil sukses di instagram, membuat beberapa orang sulit untuk tidak merasa khawatir dan berujung pada stres. Ini umum terjadi pada mereka yang biasa membandingkan diri sendiri dengan orang-orang yang tampaknya menjalani kehidupan lebih baik, memiliki barang-barang bagus, dan bisa berjalan-jalan ke luar negeri.

Penelitian University of New South Wales, juga mendapati hasil survei dari 350 perempuan Australia dan Amerika berusia 18 hingga 25 tahun bahwa semakin banyak peserta melihat foto bintang kebugaran media sosial atau membandingkan diri mereka dengan selebriti seperti Kendall Jenner atau Karlie Kloss, mereka merasa tubuh sendiri sangatlah buruk.

Baca Juga : Lakukan 7 Hal Kecil Ini untuk Mengurangi Sampah Plastik Agar Laut Terjaga

Cara Mengatasi Instagramxiety

Sebelumnya kita hanya dapat melihat beberapa orang setiap saat. Namun, hari ini pengguna Instagram rata-rata dapat melihat ratusan kehidupan orang lain. Nah, kamu bisa mengurangi rasa cemas saat menggunakan instagram dengan tidak terlalu sering membuka instagram. Tentunya kamu juga tidak akan mengetahui bagaimana kehidupan orang lain yang dipamerkan ke instagram.

Ada beberapa trik untuk menjauhkan diri dari instagramxiety ini. Cobalah untuk unfollow akun yang membuatmu merasa cemas. Lalu, ikuti Instagram yang membuat kita tertawa. Hindari membuka Instagram saat suasana hati sedang buruk. Bukan berarti harus melarikan diri dari Instagram, tapi cukup dengan lebih selektif memilih akun yang akan terlihat di home instagram.

Terlalu banyak membandingkan diri kita dengan orang lain dapat menimbulkan kecemasan. Apa yang kamu ketahui ialah penerimaan diri dan harga diri sangat penting untuk kesehatan mental yang baik. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain secara berlebihan merusak hal-hal ini dan dapat membuat kita merasa tidak memadai.

Membandingkan diri dengan orang lain secara berlebihan merusak hal-hal ini dan dapat membuat kita merasa tidak baik. Maka dari itu, kamu harus belajar menerima dan menghargai diri sendiri agar memiliki kesehatan mental yang baik. Hidup akan lebih sederhana tanpa efek yang membandingkan diri sendiri dengan akun mereka. Setidaknya, baik untuk kesejahteraan emosional.   

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *