Lipohydroxy Acid (LHA), Kandungan Skincare utuk Mengatasi Jerawat pada Kulit Sensitif

0
Diunggah 12 March 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Lipohydroxy Acid (LHA), Kandungan Skincare utuk Mengatasi Jerawat pada Kulit Sensitif

Meski tidak setenar kandungan lainnya, Lipohydroxy Acid (LHA)ย mulai sering digunakan pada produk skincare loh. Sebenarnya kandungan ini apa sih?

Kandungan ini memang tidak setenar kandungan acid lainnya tetapi Lipohydroxy Acid ini sering dipakai dalam kandungan skincare. Kandungan ini bisa membantu mengeksfoliasi dengan lembut dan mengatasi jerawat. Selain itu, kandungan ini juga memiliki kelebihan yaitu lebih gentle sehingga aman untuk kulit yang sensitif. Kandungan ini mulai banyak digunakan dalam skincare untuk mengatasi masalah jerawat. Jadi, seperi apa sih kandungan ini? Simak penjelasannya di bawah ya!

Baca Juga : Berikut 9 Rekomendasi Produk Avoskin untuk Jerawat yang Wajib Kamu Coba

Lipohydroxy Acid (LHA) Itu Apa Sih?

Sama seperti BHA (Beta Hydroxy Acid), Lipohydroxy Acid adalah bagian dari hydroxy acid lainnya. LHA dalam industri kecantikan dan skincare juga biasa disebut dengan capryloyl salicylic acid karena ini adalah zat turunan dari asam salisilat.

Dibandingkan dengan salicylic acid, LHA memiliki sifat lipofilik yang lebih kuat sehingga lebih baik dalam melarutkan lemak. Produk perawatan kulit yang menggunakan kandungan ini akan bekerja mengeksfoliasi kulit dengan lembut melalui proses penetrasi yang masuk ke pori-pori secara perlahan.

Jadi, kandungan LHA ini lebih ramah jika digunakan untuk kulit sensitif dibandingkan dengan Salicylic Acid. Selain itu, LHA juga memiliki sifat astringent yang sering ditemukan dalam produk pembersih wajah.

Tipe Kulit yang Cocok Menggunakan Lipohydroxy Acid (LHA)

LHA Adalah

LHA ini bisa menjadi alternatif kandungan untuk kamu yang memiliki kulit cenderung kering dan sensitif tetapi tidak mampu mentolerir kandungan eksfoliasi lainnya. Kondisi ini dikarenakan LHA memiliki struktur molekul yang lebih besar sehingga menghasilkan penetrasi kulit yang lebih lambat dan lebih ramah dibandingkan dengan salicylic acid. Jadi, LHA ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu pejuang jerawat yang memiliki kulit sensitif.

Baca Juga : Mengenal Kandungan AHA, BHA, dan PHA, Manakah yang Aman untuk Kulit?

Manfaat Lipohydroxy Acid (LHA) untuk Kulit Wajah

Kandungan LHA yang ada dalam produk perawatan kulit memiliki banyak manfaat untuk kulit. Beberapa penelitian telah menemukan kemampuan kandungan ini untuk mengatasi masalah kulit seperti berikut ini.

1. Menangani Jerawat

Dalam jurnal Clinical and Aesthetic Dermatology disebutkan bahwa LHA memiliki sifat comedolytic dan keratolytic dimana sifat inilah yang berkontribusi untuk menangani jerawat. Comedolytic sendiri yaitu memiliki kemampuan untuk menghambat komedo sedangkan keratolytic berarti kandunagan tersebut dapat mengelupaskan kulit mati. Kedua manfaat tersebut kemudian bersatu dan mengurangi pertumbuhan jerawat serta meringankan efek dari bekas jerawat.

2. Menyegarkan Kulit Ketika Digunakan Dalam Toner

Kulit sensitif lebih cocok menggunakan produk chemical exfoliating dibandingkan dengan physical exfoliator. Kamu bisa menggunakan toner dengan kandungan LHA untuk mengeksfoliasi kulit wajah. Ketika kamu menggunakan produk dengan kandungan LHA, hal yang paling terasa adalah rasa segar setelah mengaplikasikan produk ke kulit. Toner dengan kandungan bahan lain biasanya memberikan efek panas, tingling, atau gatal.

3. Mengeksfoliasi Kulit dengan Lembut

Sel-sel kulit mati di wajah bisa diatasi dengan cara eksfoliasi kulit menggunakan produk tertentu. Namun, tidak semua bahan dalam produk skincare bisa digunakan oleh kulit sensitif. Jika kamu salah menggunakan produk malah membuat kulit jadi iritasi. Jadi, kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan LHA untuk mengeksfoliasi supaya kulit tidak iritasi tetapi wajah tetap bebas dari sel kulit mati.

4. Mengurangi Komedo

Kandungan ini memiliki sifat anti comedogenic yang membantu mencegah timbulnya komedo di wajah. Namun, kamu harus cukup sabar untuk menggunakan produk dengan kandungan LHA karena produk ini cenderung meresap ke dalam kulit secara lambat dibandingkan bahan lainnya.

5. Menutup Pori-Pori Agar Kotoran Tidak Mudah Masuk

Sejalan dengan berkurangnya jumlah komedo, LHA juga dapat mengecilkan pori-pori wajah. Pori-pori wajah yang besar memang sangat mengganggu penampilan. Sebenarnya pengecilan pori-pori ini adalah hasil lanjutan akibat berkurangnya jerawat dan komedo di wajah. Maka dari itu untuk meminimalkan tampilan pori-pori wajah yang besar, kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan LHA.

6. Mencerahkan Kulit Wajah

LHA bisa membantu mencerahkan kulit yang kusam. Namun, kamu harus menggunakan produk yang mengandung LHA secara rutin. Selain cerah, kulitmu juga akan lebih kenyal dan lembap sehingga terhindar dari garis halus yang akan muncul.

Penjelasan singkat seputar kandungan LHA di atas bisa jadi petunjuk untukmu memilih produk skincare ya! Jika kamu memiliki kulit sensitif dan ingin mencoba produk dengan kandungan ini, kamu bisa lakukan patch test di area lengan selama beberapa hari terlebih dulu. Hal ini untuk meminimalisir risiko efek samping pada kulit.

Last Updated on April 18, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 12 March 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya