Mengenal Kandungan AHA, BHA, dan PHA, Manakah yang Aman untuk Kulit?

0
Diunggah 08 September 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Mengenal Kandungan AHA, BHA, dan PHA, Manakah yang Aman untuk Kulit?

Kandungan AHA, BHA, dan PHA sering digunakan dalam produk eksfoliasi. Sebenarnya, kandungan mana sih yang aman untuk kulit wajah?

Kalau kamu sudah sering melakukan eksfoliasi, pasti sudah akrab dengan istilah AHA (Alpha Hydroxy Acid), BHA (Beta Hydroxy Acid), dan PHA (Polyhydroxy Acid). Beberapa orang berkata AHA lebih efektif, orang lain berkata BHA atau PHA lebih baik. Hal ini terkadang membuat bingung ya. Lalu, sebenarnya apa sih AHA, BHA, dan PHA? Mana yang lebih baik sebagai agen eksfoliasi?

1. AHA (Alpha Hydroxy Acid)

AHA atau Alfa Hidroksi bekerja pada lapisan terluar kulit. Kandungan ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mengatasi rosacea, menyamarkan kerutan di wajah, dan bisa memudarkan bekas luka atau jerawat. Jika kandungan ini digunakan pada kulit berjerawat, efeknya bisa dirasakan setelah pemakaian 2-3 bulan secara rutin. Kandungan AHA ini juga bisa didapatkan dari tanaman atau hewan dan umumnya bisa ditemukan dalam bentuk Citric Acid, Glycolic Acid, Malic Acid, Lactic Acid, Hydroxyl Caproic Acid, Tartaric Acid, dan Hydroxyl Caprylic Acid.

Dari jenis AHA yang beredar, glycolic acid dan lactic acid yang paling umum digunakan dan ada dalam banyak produk kecantikan atau produk perawatan kulit karena jarang menyebabkan iritasi. Agar terhindar dari iritasi, sebaiknya kamu menggunakan produk kecantikan dengan kandungan AHA di bawah 10%. Pemakaian AHA yang tinggi sebaiknya dilakukan bersama dokter ahli kulit di klinik kecantikan.

2. BHA (Beta Hydroxy Acid)

Berbeda dengan AHA, BHA ini cocok dipakai oleh orang dengan tipe kulit berminyak khususnya kulit yang rentan berjerawat, memiliki komedo, dan milia. BHA ini memiliki tekstur yang oil soluble sehingga BHA bisa meresap masuk sampai ke dalam pori-pori kulit dan membersihkan kandungan minyak yang bisa menyumbat pori-pori kulit. BHA juga mampu mengeksfoliasi sel kulit mati di permukaan luar kulit wajah.

Jenis BHA yang paling populer digunakan adalah salicylic acid dan banyak terdapat dalam produk perawatan kulit untuk jerawat. Selain itu, salicylic acid juga berfungsi sebagai anti inflamasi yang bisa meredakan peradangan dan kemerahan akibat jerawat. Kalau kamu ingin membeli produk dengan kandungan BHA pastikan produk yang kamu gunakan memiliki konsentrat sekitar 0,5% – 2% agar mendapatkan hasil maksimal.

BHA ini memang kandungan yang lebih ringan jika dibandingkan dengan AHA jadi tidak heran lebih banyak produk kecantikan atau skincare yang dijual di toko. Namun, kamu tetap tidak bisa asal mengaplikasikannya ya.

3. PHA (Polyhydroxy Acid)

PHA atau Polyhydroxy Acid memang lebih jarang terdengar dibandingkan dengan AHA atau BHA. Singkatnya, PHA ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan AHA atau BHA, tetapi PHA ini lebih cenderung sama dengan AHA. Perbedaannya terletak pada ukuran molekul senyawa. Molekul yang ada pada PHA ukurannya lebih besar daripada molekul dalam AHA. Karena ukuran molekul yang besar, PHA tidak bisa bekerja sampai menembus ke dalam pori-pori kulit jika dibandingkan dengan AHA dan BHA yang memiliki ukuran molekul jauh lebih kecil dan bisa melakukan pengelupasan sampai ke lapisan kulit.

Baca Juga : Mengenal Kandungan Utama dari Avoskin Miraculous Refining Series

Meskipun PHA dianggap kurang efektif karena molekulnya yang besar, PHA juga memiliki beragam manfaat sebagai agen eksfoliasi. Pertama, kandungan ini tidak memiliki sifat yang iritatif. PHA bisa meminimalisir munculnya iritasi pada permukaan kulit karena sifatnya lebih ringan dibandingkan AHA atau BHA.

Selain itu, kandungan PHA tidak membuat kulit kering. Memiliki konsentrat yang lebih ringan dibandingkan dengan dua agen eksfoliasi yang tidak menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Ditambah lagi, kandungna ini bisa mencegah proses penuaan dini. PHA memiliki kandungan anti oksidan di dalamnya yang membantu memproduksi kolagen pada permukaan kulit wajah. Jika kulitmu kaya akan antioksidan dan kolagen tentunya wajah akan tampak lebih cerah dan garis halus pada wajah berkurang.

Kandungan AHA, BHA, dan PHA Bisa Digunakan Secara Bersamaan Tidak Sih?

AHA dan BHA sebaiknya tidak digunakan secara bersamaan. Kalau kamu ingin menggunakan keduanya, kamu bisa menggunakan AHA di pagi hari dan BHA di malam hari. Sedangkan PHA bisa digunakan bersamaan dengan AHA atau BHA. Menggunakan PHA bersamaan dengan AHA atau BHA tidak memberikan efek yang membahayakan tetapi manfaat dari PHA akan berkurang. Hal ini karena PHA memiliki sifat yang lebih lembut daripada AHA dan PHA.

Kalau kamu ingin menggunakan ketiga kandungan ini bersamaan tetapi tetap aman dan memberikan hasil maksimal, kamu bisa mencoba Miraculous Refining Series dari Avoskin. Menggunakan kandungan AHA, BHA, dan PHA tetapi formulanya sudah disesuaikan jadi aman untuk kulit wajah.

Last Updated on November 02, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 08 September 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya