Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Wajah dan Mengurangi Bekas Jerawat

0
Diunggah 14 February 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Wajah dan Mengurangi Bekas Jerawat

Kamu lagi mencari kandungan skincare untuk mencerahkan kulit wajah? Ini ada beberapa pilihan kandungan skincare yang bisa kamu gunakan!

Ada banyak pilihan produk skincare dengan kandungan berbeda yang bisa kamu pilih di pasaran. Semua kandungan memiliki manfaat dan kegunaannya masing-masing. Kamu cukup menyesuaikan produk yang digunakan dengan kondisi kulit wajahmu saat ini. Ini beberapa pilihan kandungan skincare untuk mencerahkan wajah dan mengurangi bekas jerawat yang bisa kamu gunakan.

Baca Juga : Ketahui Kandungan dan Manfaat Miraculous Divine Aura dari Avoskin

1. Rosa Damascena Flower Extract

Penggunaan kandungan bunga dalam skincare bisa dibilang sudah cukup populer. Bunga mawar yang dipakai juga ada banyak jenisnya. Namun, Damascena Rose menjadi salah satu kandungan bunga yang bisa kamu jadikan pilihan karena memiliki manfaat yang beragam.

Kandungan ini memberikan hidrasi pada kulit dan menjadikannya lembap. Selain itu, kandungan ini juga memiliki sifat anti inflamasi yang membantu menenangkan kulit yang sedang mengalami peradangan, iritasi, kemerahan, atau perih. Ditambah, kandungan ini juga mampu merawat elastisitas kulit.

2. Squalane

Squalane adalah kandungan pelembap dalam skincare yang menjadi bentuk stabil dari squalene. Squalene pada hewan dan tumbuhan memiliki molekul yang tidak stabil dan belum bisa dicampurkan ke produk perawatan kulit. Jadi, untuk mengubah squalene menjadi squalane dibutuhkan proses hidrogrenasi.

Squalane memiliki beragam manfaat seperti menjaga kelembapan kulit dan mengatasi eksim kulit. Kandungan ini juga bisa melindungi kulit karena memiliki sifat antioksidan dan antitumor sehngga membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Kandungan ini cenderung ringan dan tidak comedogenis sehingga cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

3. Kandungan 3-O-Ethyl Ascorbic Acid

Ethyl Ascorbic Acid sering digunakan sebagai bahan produk pencerah kulit karena memiliki efek pemutihan yang sangat baik dan mampu menghambat aktivitas tirosinase oleh tindakan pada Cu2 +. Selain itu, kandungan asam ini juga mampu mencegah sintesis melanin.

Selain memberi efek pemutihan pada kulit, Ethyl Ascorbic Acid juga memiliki antioxidation yang tinggi. Bahkan memiliki sifat anti inflamasi yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Kandungan ini mampu memperbaiki kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan memperbaiki sel-sel kulit. Bahkan Ethyl Ascorbic Acid juga mampu mempercepat sintesis kolagen yang sangat bermanfaat untuk kulitmu.

Baca Juga : 5 Kandungan Skincare untuk Kulit Sehat dan Glowing

4. Birch Extract

Birch memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Tidak heran kandungan ini dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik dan perawatan kulit. Sifat antioksidan pada birch sap ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C dalam ekstrak birch ini juga merangsang produksi kolagen pada kulit. Ditambah lagi ekstrak birch mampu meningkatkan kelembapan kulit sehingga membuat kulit tetap sehat dan bersinar.

5. Niacinamide

Kandungan niacinamide ini mampu mengatasi beberapa masalah kulit seperti jerawat, bekas jerawat, dan eksim. Namun, bekas jerawat yang dapat diatasi oleh niacinamide adalah bekas jerawat kemerahan atau kecoklatan. Selain itu, peradangan kulit wajah juga bisa teratasi. Produksi minyak berlebih pada wajah juga bisa diatasi oleh kandungan ini. Selain itu, pada kulit kering produk ini juga bagus untuk mengendalikan produksi minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebasea. ย Beberapa studi juga menemukan bahwa konsentrasi niacinamide 5% berpotensi untuk mengurangi berbagai tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus.

6. Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas, yang merupakan molekul yang merusak DNA dalam sel. Antioksidan inilah yang dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

Kamu bisa mendapatkan vitamin E yang cukup dari makanan, tetapi untuk menyempurnakan manfaatnya bagi kulit tersedia juga vitamin E dalam bentuk suplemen dan pada produk skincare.

Vitamin E disimpan di tubuh baik di epidermis luar dan lapisan dermis yang lebih dalam. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak produk perawatan kulit mengandung vitamin E.

7. Ekstrak Licorice

Tanaman licorice atau dalam bahasa latinnya disebut Glycyrrhiza Uralensis merupakan tanaman yang akarnya telah digunakan untuk tujuan pengobatan sejak lama. Di dalam akar ini lah sumber ekstrak licorice berada yang kemudian dimanfaatkan sebagai skincare untuk mencerahkan wajah.

Licorice bekerja mencerahkan kulit dengan menghambat produksi enzim yang dibutuhkan untuk memproduksi melanin (pigmen) di kulit, membantu menghilangkan melanin berlebih, memiliki manfaat anti-inflamasi.

Ttidak seperti hidrokuinon yang tidak dapat digunakan oleh wanita hamil, Licorice aman dan dapat digunakan oleh ibu hamil. Selain itu kamu dapat memakai licorice yang dipercaya menjadi solusi mengatasi malesma.

Baca Juga : Bahan Aktif dalam Skincare yang Cocok untuk Kulit Berminyak Mudah Berjerawat

8. Kojic Acid

Kojic acid membantu mencerahkan wajah dengan cara menghambat dan mencegah pembentukan tirosin, yang merupakan asam amino yang dibutuhkan untuk menghasilkan melanin. Melanin adalah pigmen yang mempengaruhi warna rambut, kulit, dan mata. Karena menghambat produksi melanin, kojic acid dapat memiliki efek mencerahkan kulit wajah.

Kojic acid dapat ditemukan di beberapa jenis produk kosmetik, termasuk serum, krim, pembersih, dan sabun. Beberapa produk, seperti sabun dan pembersih, dimaksudkan untuk digunakan ketika mandi atau mencuci wajah. Sedangkan untuk krim dan serum, dirancang untuk dibiarkan dan diserap ke dalam kulit.

Nah, itu dia beberapa pilihan kandungan skincare yang bisa kamu gunakan. Kalau kamu ingin fokus untuk mencerahkan kulit, kandungan di atas bisa jadi pilihan terbaik untuk kulitmu loh, Sahabat AVO!

Last Updated on March 16, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 14 February 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya