6 Cara Membersihkan Maskara Waterproof Tanpa Merontokkan Bulu Mata

0
Diunggah 18 February 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeMakeup

6 Cara Membersihkan Maskara Waterproof Tanpa Merontokkan Bulu Mata

Membersihkan maskara waterproof memang tricky. Kamu bisa ikuti beberapa cara ini untuk membersihkan maskara waterproof tanpa membuat bulu mata rontok.

Banyak makeup yang memiliki formula waterproof begitu juga dengan maskara. Maskara waterproof adalah maskara yang tidak mudah terhapus oleh air. Bahan dasar dari maskara waterproof adalah karbon hitam atau besi oksida yang digunakan sebagai pigmen untuk menggelapkan bulu mata, polimer yang melapisi bulu mata, dan minyak atau lilin untuk menebalkan maskara. Tentunya setelah dipakai seharian, karena kandungan-kandungannya tersebut maskara harus dibersihkan agar bulu mata tetap sehat.

Penggunaan maskara jenis ini tentu sulit untuk dihapus. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa menghapus maskara waterproof tanpa membuat bulu mata rontok dengan beberapa cara ini.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghapus Makeup Menggunakan Reusable Cotton Pad?

1. Aplikasikan Base Coat Maskara

Sebelum menggunakan maskara sebaiknya pastikan dulu kamu menggunakan base coat maskara. Penggunaan base ini dapat membuat maskara menjadi tahan lebih lama dan tidak berantakan. Nantinya penggunaan base coat juga bisa membuat maskara tidak sulit untuk dibersihkan.

2. Gunakan Makeup Remover Mata

Sebaiknya kamu memilih makeup remover yang bagus agar memudahkan untuk menghapus maskara dengan maksimal. Sebenarnya kamu tidak perlu khusus menggunakan makeup remover mata, kamu juga tetap bisa menggunakan makeup remover untuk wajah. Namun, pastikan formula produk bagus agar tidak perlu menggosok bagian mata. Tuangkan makeup remover pada kapas lalu tekan pada bagian mata selama beberapa saat lalu usap perlahan. Cara ini lebih penting dibandingkan menggosok-gosok daerah mata.

3. Basahi Kapas

Membasahi kapas dengan beberapa makeup remover saja tidak cukup, sebaiknya basahi dua lembar kapas dengan makeup remover untuk membersihkan bagian mata. Tekan pada bagian bulu mata selama kurang lebih 30 detik, kemudian usap perlahan dan pastikan maskara bersih dengan maksimal.

Baca Juga : 4 Tips Memakai Base Makeup Agar Wajah Tampak Flawless

4. Gunakan Cotton Bud

Kalau maskara masih tersisa pada bagian garis bulu matamu, cobalah gunakan cotton bud untuk membersihkan area tersebut. Sebaiknya lakukan dengan hati-hati agar tidak ada bulu mata yang tercabut.

Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan untuk menghapus bekas maskara yang ada di wajahmu. Selalu berhati-hati agar bulu mata tidak rontok ya!

5. Cara Membersihkan Maskara Waterproof dengan Baby Oil

Seperti namanya, maskara waterproof sangat tahan terhadap air sehingga membersihkan maskara ini dengan air akan percuma. Jika kamu memiliki baby oil di rumah, kamu bisa menggunakannya untuk menghapus maskara waterproof yang kamu gunakan.

Cara membersihkan maskara waterproof dengan baby oil yaitu basahi dulu kapas dengan sedikit air barulah tuangkan baby oil di atasnya. Fungsi dari membasahi kapas dengan sedikit air yaitu agar nantinya memudahkan baby oil meresap di dalam kapas. Selain itu prinsip pemakaian air dan kandungan minyak pada baby oil ini mirip dengan dual phase makeup removal yaitu pembersih makeup yang memiliki campuran kandungan water based dan oil based.

Selanjutnya kamu bisa mengusapkan kapas tadi pada area bulu mata. Sebagai tips, kamu dapat menekan perlahan kapas selama beberapa saat (kurang lebih 30 detik seperti pada point 3) pada bulu mata sebelum melakukan gerakan mengusap. Tujuannya agar maskara yang menempel di bulu mata terserap dahulu pada kapas sebelum kamu mengusapnya. Sehingga kamu tidak perlu terlalu banyak mengusap kapas karena jika kapasmu tidak cukup lembut justru menyebabkan iritasi pada area mata dan membuat bulu mata rontok.

6. Membersihkan Maskara dengan Bahan Alami

Bahan alami yang ada di dapur rumahmu juga bisa digunakan sebagai pembersih maskara waterproof loh. Beberapa contohnya yaitu minyak kelapa dan minyak zaitun. Cara penggunaan kedua bahan ini untuk menghapus maskara waterproof sama dengan cara penggunaan baby oil di atas.

Baca Juga : 5 Tips Memakai Makeup agar Tidak Mudah Luntur di Bawah Terik Matahari

Basahi dulu kapas dengan sedikit air dan tuangkan beberapa tetes minyak kelapa atau minyak zaitun. Setelah itu tekan perlahan selama beberapa saat pada area bulu mata agar partikel maskara meresap pada kapas. Kemudian barulah kamu bisa mengusap maskara agar terpisah dari bulu mata. Ulangi langkah ini beberapa kali hingga maskaramu benar-benar sudah terhapus.

Last Updated on May 29, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 18 February 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya