Hati-Hati! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Berbahaya untuk Ibu Hamil

Body Fit - rustaviani - September 23, 2020

Kehamilan memang selalu menjadi kabar bahagia bagi sebagian besar orang. Namun, di sisi lain kamu juga harus memperketat asupan makanan selama mengandung. Tujuannya agar janin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin tentunya harus dibantu asupan makanan yang baik dan sehat. Nah, mulai sekarang sebaiknya hindari makanan dan minuman yang berbahaya untuk ibu hamil ini.

1. Ikan Tinggi Kandungan Merkuri

freepik..com

Jika kamu sedang hamil, sebaiknya hindari makan ikan yang mengandung merkuri tinggi. Karena bahan kimia dalam ikan bisa menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan kerusakan pada sistem saraf. Ikan-ikan yang mengandung merkuri antara lain seperti hiu, ikan todak, ikan makerel, dan albacore tuna kalengan.

2. Daging yang Belum Matang

freepik.com

Jika kamu termasuk orang yang suka makanan undercook atau yang belum matang seperti sushi, sashimi, steak, dan lainnya, sebaiknya mulai sekarang hindari itu. Makanan yang belum matang menyimpan beberapa macam bakteri di dalamnya. Nah, demi kesehatan ibu dan bayi sebaiknya hindari konsumsi makanan undercook dahulu.

3. Kopi

freepik.com

Mengonsumsi kopi ketika hamil memang tidak dilarang asalkan tidak berlebihan. Takaran 200 miligram kafein setiap harinya masih dianggap aman, ini setara dengan dua cangkir kopi. Namun, jika lebih sedikit hal ini akan lebih baik untuk mencegah terjadinya keguguran.

Baca Juga : Amankah Produk Chemical Peeling untuk Ibu Hamil dan Menyusui? Simak Yuk!

4. Alkohol

freepik.com

Jika kamu senang mengonsumsi minuman beralkohol, cobalah untuk berhenti mengonsumsinya selama hamil. Para ahli menganjurkan wanita hamil tidak mengonsumsi minuman yang beralkohol, untuk mencegah sindrom pada janin. Alkohol dapat menyebabkan keterbelakangan mental dan bebera kelainan.

5. Minuman Bersoda dan Manis

freepik.com

Minuman yang terlalu manis dengan gula yang berlebihan sebaiknya dihindari. Nah, kalau kamu suka mengonsumsi minuman bersoda, sebaiknya hentikan dahulu. Minuman bersoda dan gula tinggi tidak baik untuk perkembangan janin.

Itu dia makanan dan minuman yang harus kamu hindari saat sedang hamil. Ibu hamil memang harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan. Semuanya demi kesehatan dan perkembangan ibu dan janin.  

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *