fbpx

Facial Wajah Saat Berjerawat, Boleh TIdak Sih?

Healthy Skin - Elisabeth - July 21, 2021

Perawatan facial diyakini bikin kulit jadi lebih bersih dalam waktu cepat. Lalu, bagaimana dengan melakukan facial wajah saat berjerawat?

Facial bisa membersihkan wajah serta mengeluarkan lemak, jerawat, dan komedo dari dalam kulit. Tapi, apakah sebenarnya facial ini baik untuk kulitmu? Bagaimana juga dengan melakukan facial wajah saat berjerawat?

Terbukti, pertanyaan tersebut masing seringkali menjadi perbincangan yang kontroversial. Hal ini juga terjadi karena efek facial seringkali membuat wajah menjadi bengkak dan sakit. Terlebih lagi, melakukan facial di saat wajah sedang berjerawat. Rasa sakit yang luar biasa pasti akan kamu terima!

Jadi, sebenarnya facial saat wajah sedang berjerawat itu, boleh atau tidak, ya? Simak ulasan berikut ini dan dijamin, kamu pasti akan semakin hati-hati menjaga kulit wajahmu.

Manfaat Facial Wajah

Facial berfungsi untuk membuat kulit wajah lebih bersih dan lembab. Karena itu, kamu harus bisa memilih petugas facial yang tepat dan terpercaya.

Pastikan mereka harus tahu cara menggunakan peralatan yang bersih, seperti handuk, kaus tangan, dan khususnya alat yang digunakan untuk memencet lemak atau komedo. Nah, kamu juga perlu cari tahu bagaimana prosedur facial yang tepat untuk jenis kulit kamu. 

Facial dengan Rasa Sakit

Ketika seorang facialist atau petugas facial berusaha mengeluarkan komedo atau membersihkan pori-pori yang tersumbat kotoran, memang rasanya akan sedikit tidak nyaman. Rasa sakit akan muncul ketika jerawat atau komedo dikeluarkan namun jerawat masih belum matang atau belum padat. Nah, hal ini biasanya akan menyebabkan infeksi pada kulitmu.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Facial Wajah yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Apakah Facial Adalah Solusi Terbaik Wajah Berjerawat?

Untuk bagian ini, kamu perlu mencermati seberapa tinggi tingkat keparahan jerawatmu, girls. Jerawat pada orang dewasa biasanya ringan dan akan bersih dengan sendirinya. Jika jerawat tersebut besar-besar dan tiba-tiba muncul, kamu perlu konsultasi ke ahli perawatan wajah.

Jerawat yang ringan hingga sedang biasanya dirawat dengan obat-obatan luar yang mengandung benzoyl peroxide, antibiotic, rertinoids, atau bahan lain.

Tak jarang juga diberi obat minum (termasuk antibiotik) jika memang kondisinya sudah sangat parah. Nah, ahli perawatan wajah mungkin akan melakukan terapi ringan, seperti chemical peeling dan facial untuk membersihkan jerawat jika jerawat tersebut sudah matang dan bisa dibersihkan dengan suatu tindakan.

Cara Kerja Facial Wajah

Kebanyakan facial menggunakan mesin yang mengeluarkan uap tipis (steamer) yang berfungsi menghangatkan kulit sehingga pori-pori wajahmu akan terbuka lebar serta membantu melembutkan komedo dan jerawat. Namun bagi kulit yang sangat sensitif bagian ini biasanya tidak dilakukan.

Setelah itu, dilanjutkan fase pengelupasan yang berguna mengangkat sel mati yang sudah siap mengelupas di lapisan epidermis. Hal ini berfungsi untuk mengangkat komedo serta menipiskan jerawat agar tumbuh menjadi sel kulit baru.

Dan inti dari perawatan facial yakni pada fase ekstraksi, dimana terjadi proses pembersihan komedo atau whiteheads. Di fase ini biasanya banyak yang merasa kesakitan, bahkan apabila tidak dilakukan oleh orang yang ahli bisa menyebabkan luka. Kemudian masuklah pada fase relaksasi, dengan pijatan serta pemberian masker dan serum.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Ini Saat Memilih Facial Wash

Pengaruh Jangka Panjang Facial Wajah

Kebanyakan para ahli perawatan wajah meyakini jika facial tidak memiliki efek jangka panjang saat memperbaiki kondisi kulit atau mengatasi keriput. Namun, terlalu sering melakukan facial juga bisa menyebabkan kerusakan kulit yang parah. Dr. Harold Lancer, dilansir dari salah satu situs kecantikan mengatakan, “Terlalu sering facial akan membuat wajahmu terlihat mengalami radang kronis.”  Jadi, lakukan sekurang-kurangnya 2-3 bulan sekali, ya!

Saat Berjerawat Boleh Facial Asalkan Memperhatikan Beberapa Hal

Ketika wajah kita berjerawat, tidak disalahkan untuk facial, kok. Tapi, sebaiknya ketika facial tidak melakukan scrubbing atau pengikikisan pada wajah berjerawat karena itu malah memperparah peradangan pada jerawat. Peradangan ini hendaknya tidak diperparah dengan trauma fisik, yakni meninggalkan jaringan parut di kulit wajah sehingga wajah menjadi bopeng.

Jadi, bagi kamu yang sedang berjerawat dan ingin melakukan facial, pertimbangkan dulu beberapa hal di atas seperti kondisi kulit, tingkat keparahan jerawat, waktu interval melakukan facial, dan juga kredibilitas dari penyedia jasa facial yang kamu pilih. Jangan sampai, facial justru akan semakin memperkeruh penampilan wajahmu.

Kamu bisa menyempurnakan perawatanmu dengan Avoskin Acne Series. Paduan racikan bahan yang aman dan alami pada Avoskin mampu mengatasi masalah jerawat dan noda hitam pada wajahmu. Tak perlu ada rasa sakit dan repot merawat wajah, kini solusi wajah cerah dan bersih alami ada di tanganmu!   

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *