Manfaat Moisturizer, Waktu dan Cara Pakai Hingga Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mengaplikasikan Pelembap

0
Diunggah 06 February 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Manfaat Moisturizer, Waktu dan Cara Pakai Hingga Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mengaplikasikan Pelembap

Mengaplikasikan pelembap ke wajah tidak bisa asal-asalan. Begini cara memakai moisturizer yang benar dan hal yang harus dihindari!

Pelembap atau moisturizer merupakan salah satu produk perawatan kulit yang tidak bisa dilewati dalam rangkaian skincare sehari-hari. Pelembap ini dapat memperkuat perlindungan kulit, membuat tekstur lebih kenyal dan terhindar dari peradangan.

Apa Itu Moisturizer?

Moisturizer adalah pelembab yang digunakan untuk membantu kulit kering meningkatkan kadar air. Biasanya moisturizer juga mengandung zat berminyak yang berguna untuk menahan kadar air pada kulit agar kelembabannya lebih awet.

Dalam menggunakan moisturizer, ada beberapa cara menggunakan moisturizer agar mendapatkan hasil maksimal dari pemakaian moisturizer (pelembab).

Baca Juga : Ketahui Waktu terbaik untuk Memakai Handcream Agar Tidak Slah Lagi

Manfaat dan Kegunaan Moisturizer

Menggunakan moisturizer atau pelembab rutin setiap hari sangat penting karena bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kekeringan yang parah pada wajah hingga mengurangi produksi minyak berlebih. Kedua kondisi ekstrem tersebut yaitu kering dan berminyak dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit lain seperti munculnya jerawat.

Bukan hanya melembabkan, kegunaan moisturizer yang dipakai secara rutin dapat menurunkan rekiso jerawat juga membantu menyamarkan noda pada kulit, misalnya noda hitam. Biasanya, moisturizer ini mengandung mineral oil dan berbagai kandungan lainnya yang bisa menghambat terjadinya penguapan air pada permukaan kulit. Itulah mengapa melembabkan kulit menjadi salah satu kunci menciptkan kulit yang sehat.

Sebaiknya Kapan Moisturizer Digunakan?

Moisturizer sebaiknya digunakan ketika wajah sudah dibersihkan. Kamu bisa menggunakannya setelah mengaplikasikan toner dan essence pada rutinitas skincare harian. Dengan meletakkan pelembab di atas 2 tahapan skincare tersebut dapat mengunci mereka pada kulit wajah dengan baik. Untuk lebih detailnya, cara pemakaian moisturizer yang tepat akan dijelaskan di bawah.

Cara Menggunakan Moisturizer yang Tepat

cara memakai moisturizer yang tepat

Moisturizer adalah skincare yang selalu digunakan oleh banyak orang. Tujuan memakai moisturizer seperti dijelaskan di atas yaitu untuk mengunci kelembapan pada wajah.

Berikut adalah langkah cara menggunakan moisturizer yang tepat untuk hasil maksimal:

1. Sebelum Memakai Moizturizer, Bersihkan Wajah Terlebih Dulu

Langkah pertama dalam cara penggunaan moisturizer yang tepat yaitu sebelum mengaplikasikan moisturizer, kamu harus memastikan wajah benar-benar bersih. Lakukan double cleansing agar kotoran dan debu terangkat dengan sempurna. Selain itu, pastikan kamu menggunakan pembersih wajah yang lembut dan ringan agar kulit tidak kehilangan minyak alami. Pada tahap ini, kamu bisa menggunakan Natural Sublime Facial Cleanser untuk membersihkan wajahmu.

cara menggunakan facial wash

2. Pastikan Kulit Kering Sebelum Mengaplikasikan Pelembap

Setelah mencuci wajah, sebaiknya pastikan wajahmu sudah kering. Kamu bisa mengeringkan wajahmu dengan handuk dengan cara menepuk lembut kulit wajah. Dengan melakukan ini kulit wajah tidak iritasi dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

cara menggunakan moisturizer

3. Gunakan Toner Sebelum Memakai Moisturizer

Setelah mencuci wajah dan memastikannya kering, kamu bisa menggunakan toner untuk menghilangkan semua kotoran dari kulit. Sebaiknya pilih toner yang sesuai dengan jenis kulitmu agar terhindar dari iritasi.

cara menggunakan toner

4. Gunakan Moisturizer Secukupnya

Kalau wajahmu sudah benar-benar bersih, kamu bisa mengambil sedikit moisturizer di telapak tangan. Setelah itu, oleskan pada beberapa titik dengan jari, mulai dari dagu, dahi, dan pipi. Jangan terlalu banyak mengaplikasikan pelembap karena akan sulit diratakan pada wajah.

Baca Juga : Ketahui Manfaat Aloe Vera yang Tidak Hanya Melembabkan Namun Hingga Mengatasi Jerawat

5. Aplikasikan Moisturizer dengan Cara Memutar

Kamu bisa mengoleskan pelembap dari tengah dahi memutar ke luar dan ke atas. Lakukan pada bagian pipi dan hidung setelah dahi. Lakukan dengan memutar secara lembut agar moisturizer benar-benar meresap pada kulit wajah. Jangan terlalu menekan atau menggosok wajah terlalu keras karena bisa merusak lapisan kulit.

cara menggunakan moisturizer

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat mengaplikasikan moisturizer ke wajah. Hal yang paling penting adalah memilih dan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Produk dari Avoskin, Intensive Divine Day Cream ini bisa menjadi pilihanmu untuk melembapkan wajah.

Berikutnya, ada beberapa kesalahan yang terkadang kamu tidak sadari saat mengaplikasikan moisturizer. Berikut ini beberapa kesalahan yang harus kamu hindari saat memakai moisturizer. Lalu, bagaimana cara memakai moisturizer yang benar? Berikut adalah cara memakai moisturizer yang benar dan kesalahannya:

Kesalahan Penggunaan Pelembap Wajah

Banyak orang berpikir kalau menggunakan moisturizer atau pelembap tinggal oleskan saja ke wajah. Padahal, hal ini salah karena bisa tidak efektif bahkan membuat wajah iritasi. Nah, beberapa hal di bawah ini perlu kamu hindari saat memakai moisturizer.

1. Mengaplikasikan dengan Gerakan Tangan Terlalu Kencang

Mengaplikasikan pelembap sembari memijat wajah memang sering dilakukan untuk merawat kulit. Namun, hal ini harus dilakukan secara perlahan dan sangat berhati-hati. Kalau kamu terlalu bersemangat ketika mengaplikasikannya, kelenjar minyak pada kulit akan mengeluarkan sebum yang sangat banyak.

cara menggunakan moisturizer dengan cara memutar

2. Tidak Menggunakan Pelembap SPF Saat Pagi Hari

Sebelum keluar rumah untuk memulai aktivitas, kamu harus menggunakan produk pelembap yang memiliki SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Karena pelembap saja tidak cukup untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

3. Tidak Mencoba Produk Pelembap Sebelum Membeli

Kamu harus melakukan tes terlebih dahulu dengan mengaplikasikan tester produk pada bagian kulit tangan atau belakang telinga yang memiliki sensitivitas kulit sama dengan kulit wajah. Hal ini dilakukan untuk mengetahui reaksi kulit akan suatu produk yang akan kamu beli. Biasanya, hal ini dilakukan untuk menghindari iritasi atau alergi pada kulit. Dengan melakukan ini kamu dapat menentukan harus membeli produk tersebut atau tidak.

4. Menggunakan Pelembap yang Tidak Sesuai Jenis Kulit

Kesalahan yang lainnya adalah memilih jenis pelembap yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Hindari membeli suatu produk hanya karena tergoda dengan iklan, sebaiknya kamu lebih teliti dalam mengetahui tipe kulit sendiri dan memilih pelembap yang cocok untuk kulit agar terhindar dari masalah kulit.

5. Menggunakan Pelembap Pagi pada Malam Hari dan Sebaliknya

Kamu harus menggunakan pelembap sesuai dengan anjuran pemakaian, jangan menggunakan pelembap pagi hari pada malam hari atau sebaliknya. Hal ini dikarenakan ada beberapa komposisi pada pelembap yang tidak bisa terpapar sinar matahari atau pelembap yang tidak dianjurkan terbawa saat tidur. Untuk malam hari, gunakan pelembab khusus untuk malam hari yang kandungannya memang dapat dipakai selama tidur.

Baca Juga : Lakukan 4 Cara Ini agar Tehindar dari Dehidrasi Kulit Meski Bekerja Dalam Ruangan Ber-AC

Apa Bedanya Moisturizer dan Sunscreen

Perbedaan moisturizer dan sunscreen yaitu moisturizer adalah โ€˜pelembabโ€™ yang digunakan untuk mencegah kulit dari kekeringan, sedangkan sunscreen โ€˜tabir suryaโ€™ digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dihasilkan matahari. Moisturizer dan sunscreen adalah skincare bekerja saling melengkapi. Jadi jangan pernah melewatkan keduanya apalagi jika kamu beraktivitas di luar ruangan.

Nah, itu tadi cara menggunakan moisturizer dengan tepat agar kamu dapat memperoleh hasil yang kamu harapkan dari pemakaian moisturizer. Kamu dapat mengaplikasikan cara memakai moisturizer ini dengan tepat dan menghidari kesalahan-kesalahan dalam memakai moisturizer, ya!

Last Updated on August 04, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 06 February 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya