Basic Skincare untuk Remaja dengan Kulit Kombinasi

0
Diunggah 16 May 2023
LikeKulit Berminyak

Basic Skincare untuk Remaja dengan Kulit Kombinasi

Ditengah rasa ingin tahu dan aktivitasmu yang banyak, kamu menjadi aktif di berbagai macam kegiatan. Sayangnya, ketika kamu mulai sibuk dengan paparan aktivitas tanpa melindungi kulit, hal ini mulai mempengaruhi tampilan wajah kamu. Mulai dari berjerawat sampai kulit kusam, kamu menemui permasalahan kulit di usia remaja. 

Saat ini, kamu menyadari bahwa tampilan kulit kamu cukup berbeda antara T-Zone dan bagian lainnya di wajah. Kalau kamu merasa area seperti dahi, hidung dan dagu ini lebih berminyak dan mengkilap dibandingkan area pipi, ini bisa menjadi pertanda bahwa kulit kamu masuk ke dalam tipe kulit kombinasi. 

Apa itu kulit kombinasi?

Kulit kombinasi adalah kondisi dimana kamu merasakan area T-Zone mengkilap karena minyak, tetapi juga merasakan kulit kering di area pipi. Kondisi ini seringkali membuat kamu bingung. Memilih skincare untuk remaja dengan kulit kombinasi yang salah bisa membuat area wajah kering menjadi lebih kering. Begitupun sebaliknya, area wajah yang berminyak menjadi semakin berminyak. 

Bersama dengan kebingungan ini, kamu juga memiliki concern bahwa tidak semua ingredients bisa dipakai untuk usia remaja. Ada beberapa kandungan dalam skincare, yang baru bisa digunakan pada usia 20 tahun ke atas, misalnya seperti  retinol. Ini kenapa skincare untuk remaja dengan kulit kombinasi sangat direkomendasikan menggunakan bahan-bahan alami. 

Baca juga : Pengertian Kulit Kombinasi, Ciri-ciri, dan Cara Merawatnya

Urutan Skincare Untuk Remaja pada Kulit Kombinasi

Well.. don’t worry. Membantu kamu untuk menemukan solusi, berikut ini ada rekomendasi skincare yang bisa kamu coba. 

1. Facial cleanser dengan Kandungan Spirulina. 

Facial cleanser digunakan sebagai salah satu produk untuk mengangkat debu dan kotoran di wajah. Dengan pilihan facial cleanser yang bisa dicoba, kamu memiliki dua macam cleanser yaitu facial foam dan facial wash. 

Facial foam sangat cocok untuk kulit kombinasi yang cenderung berminyak. Pada tipe ini, tampilan wajah area T-Zone kamu terlihat mengeluarkan minyak berlebih, termasuk juga sebagian area pipi. Facial foam yang mengandung busa sangat cocok untuk mengangkat minyak di kulit kombinasi yang cenderung berminyak. Hal ini karena busa, dapat masuk ke dalam pori-pori kulit lebih baik dibandingkan facial wash. 

Untuk kulit kombinasi yang cenderung kering kamu bisa mencoba facial wash. Pada kulit jenis ini, area T-Zone kamu tampak mengkilap namun dominasi kulit yang tak mengkilap ternyata jauh lebih banyak. Bagi pemilik kulit ini, facial wash dapat mengangkat debu dan kotoran tanpa kamu khawatir ada rasa ditarik. 

Kamu bisa mencoba Avoskin YSB Serum Infused Facial Cleanser untuk mengatasi permasalahan kulit kombinasi yang cenderung kering. Facial wash ini mengandung bahan spirulina yang merupakan tanaman dalam keluarga ganggang yang bisa ditemukan di air tawar dan air laut. Dengan bahan alami ini, kulit remaja kamu bisa mendapatkan manfaatnya.

2. Mulai Double Cleansing dengan Toner Eksfoliasi

Kenapa sih penting untuk double cleansing? Double cleansing memastikan bahwa facial cleanser yang menyisakan debu dan kotoran bisa dibersihkan tuntas oleh toner. Ini menjadi penting, sebagaimana kotoran ini seringkali menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan masalah seperti jerawat. 

Selain toner melembabkan, kamu juga bisa mencoba toner eksfoliasi. Kamu bisa mulai menggunakan toner eksfoliasi secara perlahan. Mulai dari satu minggu sekali, sampai terus ditambah repetisinya mengikuti kenyamanan kulit yang kamu rasakan. 

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan ingredients toner eksfoliasi untuk kulit remaja, hal ini karena Avoskin sudah mendengar keresahan kamu melalui Avoskin YSB Miraculous Refining Toner. Kandungan di dalam produk ini mengandung AHA dan BHA yang berperan melembabkan kulit kombinasi kamu. 

3. Moisturizer untuk Kulit Kombinasi

Walaupun kulit kamu masuk dalam kategori kulit kombinasi yang cenderung berminyak, ini bukan berarti kamu tidak membutuhkan moisturizer. Kelembaban kulit itu dipengaruhi oleh kecukupan air di dalam lapisan kulit, sedangkan minyak yang tampak mengkilap ketika berkaca di depan cermin merupakan sebum. 

Kulit berminyak belum tentu lembab. Hal ini karena sebum bisa diproduksi berlebihan ketika kulit kamu kekurangan kelembaban. Untuk mencegah kulit kombinasi kamu semakin kering karena kurangnya air, atau semakin berminyak karena hilangnya air karena menguap, kamu selalu pastikan penggunaan moisturizer. 

Moisturizer yang cocok untuk kulit kombinasi adalah yang bahan-bahannya mampu menarik air dari lapisan kulit terdalam lalu dibawa ke lapisan epidermis dan ditahan lama. Peran moisturizer yang menghidrasi pun akhirnya bermanfaat untuk menjaga kulit lembab dan tidak berminyak secara bersamaan.

Apabila kamu mencari moisturizer dengan manfaat yang kamu cari, ada Your Skin Bae Multi Herbs yang cocok buat kamu. Mulai digunakan usia 15 tahun ke atas, moisturizer ini tentunya dibuat dengan bahan-bahan dari alam. Diperkaya dengan 5% Glycerin, 2% Kakadu Plum Solution, 0.5% Caffeine, 0.05% Allantoin serta 9 jenis ekstrak herbal yang dapat membantu melembabkan kulit, menutrisi kulit, dan menenangkan kulit.

4. Sunscreen dengan No Whitecast

Last but not least, kamu memerlukan tameng untuk melindungi paparan sinar UV menyentuh kulit kamu langsung. Terutama untuk kamu yang aktif berkegiatan di lapangan dengan debu dan polusi yang tidak pernah diduga. 

Selain menjaga kulit dari paparan sinar matahari, sunscreen juga bisa melembabkan kulit kombinasi. Kamu direkomendasikan untuk memilih sunscreen yang tidak menyumbat pori-pori. Sunscreen ini biasanya memiliki ciri-ciri tidak meninggalkan whitecast, bertekstur ringan dan mudah menyerap, serta tidak terasa lengket di area wajah yang berminyak.

Baca juga : Cara Pakai Sunscreen yang Tepat dan Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Remaja yang Sensitif

Itu dia skincare untuk kulit remaja yang bisa kamu coba. Pastikan untuk mencoba produk skincare baru secara bertahap, ya. Hal ini karena kulit kamu membutuhkan waktu untuk beradptasi, dan tentunya menjadi tugas kita untuk selalu sayang sama kulit kita.

Last Updated on May 16, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 16 May 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya