Produk Skincare Menyebabkan Jerawat? Bisa Jadi 3 Hal Ini Penyebabnya

0
Diunggah 09 July 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeKulit Berjerawat

Produk Skincare Menyebabkan Jerawat? Bisa Jadi 3 Hal Ini Penyebabnya

Menggunakan produk skincare menyebabkan jerawat? Bukan berarti kamu tidak cocok dengan produknya loh. Beberapa hal ini bisa jadi penyebabnya.

Sebagai wanita yang menyukai perawatan kulit, masa-masa paling menyenangkan mungkin adalah saat membeli sebuah produk skin care baru. Apalagi kalau produk tersebut sempat membuat heboh media sosial di kalangan beauty influencer dan menuai banyak ulasan positif. Setelah membeli skin care baru tentunya tidak sabar untuk segera mencobanya.

Namun, produk skin care tentu hasilnya bergantung pada banyak faktor, mulai dari kondisi kulit, tipe kulit, bahan kandungan produk, dan masih banyak lagi. Maka, bukan tidak mungkin jika setelah mencoba sebuah produk malah timbul jerawat pada kulit wajah. Jangan terburu-buru menyalahkan produknya, bisa jadi 3 hal ini penyebabnya.

1. Kombinasi Produk yang Tidak Sesuai

Penggunaan retinol pada produk skin care memang cukup rumit. Hal ini karena kandungan yang berasal dari vitamin A ini disebut-sebut tidak boleh digunakan berbarengan dengan kandungan AHA maupun BHA. Meskipun larangan ini belum terbukti secara studi yang jelas validasinya, kamu perlu waspada jika terjadi masalah kulit seperti jerawat, kulit mengelupas, atau terasa perih saat menggunakan kombinasi lebih dari 1 produk yang memiliki potensi bentrok seperti retinol dan AHA.

Selain itu, beberapa kombinasi produk yang mungkin seharusnya dihindari namun malah kamu gunakan berbarengan. Bisa saja produk yang kamu kira menyebabkan jerawat tersebut sebenarnya menjadi penyebab jerawat karena digunakan berbarengan dengan produk yang menutup pori-pori. Selain kombinasi, perhatikan juga urutan dan jeda waktu pemakaian antar produk. Cara paling mudah untuk menghindari masalah ini sebenarnya cukup mudah, yaitu coba produk satu persatu terlebih dahulu.

2. Cara Pemakaian yang Kurang Tepat

Pastikan kamu sudah menggunakan produk tersebut sesuai dengan petunjuk penggunaan yang terdapat dalam kemasan. Sebagian orang mengabaikan petunjuk penggunaan suatu produk karena malas dan merasa sudah mengetahui produknya. Mungkin kamu berpikir yang namanya sabun cuci muka ya basahi wajah, busakan sabun, lalu bilas, sedangkan toner ya dituang ke kapas dan lain sebagainya. Padahal, beda merek mungkin berbeda juga cara penggunaannya. mengabaikan petunjuk penggunaan suatu produk karena malas dan merasa sudah mengetahui produknya.

Baca Juga : Benarkah Stres Menyebabkan Kulit Berjerawat?

3. Terburu-Buru Menghentikan Penggunaan Produk

Alasan yang satu ini yang paling sering terjadi. Setelah seminggu menggunakan produk, lalu muncul jerawat pada wajah, kamu serta-merta menghentikan pemakaian lantaran mengira produk tersebut tidak cocok dengan kulitmu. Padahal, beberapa produk memang memiliki efek detoks dan akan menyebabkan purging yang seringkali salah dikira sebagai breakout.

Itu dia beberapa penyebab jerawat muncul setelah kamu menggunakan produk skincare baru. Untuk produk yang jelas aman dan tidak berbahaya tentunya produk Avoskin. Kulit cantik dan terawat bisa langsung kamu dapatkan setelah menggunakan produk ini.

Last Updated on May 04, 2023

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 09 July 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya