Sejarah Hari Menanam Pohon dan Tujuannya

0
Diunggah 28 November 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSustainable Living

Sejarah Hari Menanam Pohon dan Tujuannya

Hari menanam pohon memang tidak muncul tiba-tiba. Ini sejarah hari menanam pohon dan tujuannya diadakan hari spesial ini.

Setiap tahun pada tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia. Tanggal ini ditetapkan sebagai awal mula dimulainya penanaman pohon serentak di Indonesia. Sebenarnya bagaimana sih sejarah peringatan hari yang didedikasikan untuk menanam pohon ini?

Sejarah Hari Menanam Pohon

Dilansir dari situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), penetapan Hari Menanam Pohon Indonesia merujuk pada Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. Keputusan yang ditandatangani Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu memutuskan tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia. Selain itu, dalam surat keputusan tersebut disepakati Bulan Menanam Nasional (BMN) pada bulan Desember.

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) berawal pada tanggal 28 November 2007, di mana dilaksanakan Aksi Penanaman Serentak Indonesia dan Pekan Pemeliharaan Pohon di Desa Cibadak, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini juga menjadi awal pergerakan Bulan Menanam Nasional pada bulan Desember 2007. Sejak hari itu, Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional menjadi kegiatan rutin setiap tahun sebagai pencegahan dari kerusakan lingkungan.

Manfaat Pohon untuk Kehidupan

Pohon bermanfaat untuk meredam perubahan iklim di dunia ini. Maka dari itu, pohon harus dirawat karena dengan baik, karena jika dirawat buahnya pun jadi banyak dan bagus, Selain itu, pohon juga bisa mengurangi lubang ozon yang makin menipis. Lapisan ozon sangat penting bagi manusia. Keberadan pohon bisa menangkas sinar ultraviolet matahari yang sangat berbahaya.

Pohon juga bisa sebagai penyimpan atau penampung air dalam jumlah besar. Salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan bisa diwujudkan dengan menanam pohon. Tidak heran jika pohon sangat perlu dilestarikan dan diperbanyak jumlahnya.

Tujuan Hari Menanam Pohon

Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional dijadikan sebagai momentum untuk mengajak masyarakat agar semakin mencintai lingkungan. Tujuan lain dari Hari Menanam Pohon Indonesia adalah sebagai upaya mengantisipasi perubahan iklim global, mencegah degradasi (menurunnya daya dukung lingkungan), mencegah deforestasi (peristiwa hilangnya hutan alam beserta dengan atributnya yang diakibatkan oleh penebangan hutan), serta mencegah kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.

Last Updated on December 06, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 28 November 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya