Tree of Love Avoskin, Bentuk Kepedulian Avoskin pada Alam

Avo Stories, CSR - rustaviani - March 30, 2020

Kepedulian Avoskin terhadap pelestarian alam dan lingkungan tentunya harus diwujudkan secara nyata. Kali ini, Avoskin membantu desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Malang untuk mengatasi masalah kekurangan air di sana. Pemerintah Kabupaten Malang memang sudah memberi bantuan berupa tangki air bersih untuk warga, tetapi hal ini saja tidak cukup. Masalah kekeringan ini semakin meluas tidak hanya pada satu desa saja. Maka dari itu, penting untuk memelihara keberlangsungan alam dan lingkungan di sana agar muncul sumber air baru.

Desa ini selalu mengalami kekeringan saat musim kemarau. Bahkan, desa ini termasuk dalam desa terkering nomor dua di pulau Jawa. Kondisi geografis desa yang merupakan pegunungan kapur membuatnya kesulitan untuk mendapatkan air. Setiap musim kemarau, desa ni akan kekeringan dan warga di desa terpaksa berjalan kaki kurang lebih 3-6 kilometer untuk menuju sumber air terdekat. Terkadang mereka juga terpaksa membeli air bersih seharga 50.000 per galon yang hanya cukup untuk tiga sampai empat hari.

Masalah kekeringan ini tidak akan selesai hanya dengan memberikan bantuan berupa uang atau air secara langsung. Perlu dilakukan pelestarian alam dan lingkungan sekitar agar muncul sumber air baru di desa ini. Nah, kali ini Avoskin menyumbangkan 10% dari hasil penjualan produk bundling Tree of Love Avoskin untuk program penanaman pohon di desa Sumberoto.

Tiga jenis pohon yang akan ditanam adalah Pohon Lengkeng, Trembesi, dan Tabebuya. Nah, ketiga pohon ini dapat berfungsi sebagai tempat cadangan air untuk membantu mengurangi kekeringan di desa tersebut. Penanaman pohon ini tidak asal tanam lalu dibiarkan begitu saja. Komunitas Tree of Heart di Malang akan terus mengawasi pertumbuhan pohon-pohon ini sampai 3 tahun. Sebanyak 200 pohon sudah berhasil ditanam di Desa Sumberoto.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *