Kenali Perbedaan Exfoliating Toner dan Hydrating Toner Beserta Fungsinya

0
Diunggah 02 September 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kenali Perbedaan Exfoliating Toner dan Hydrating Toner Beserta Fungsinya

Kedua produk skincare ini menjadi andalan banyak orang. Lalu, apa sih perbedaan exfoliating toner dan hydrating toner? Simak yuk!

Kalau kamu terbiasa dengan skincare routine, tentunya toner bukanlah hal asing lagi. Toner adalah cairan berbasis air dengan kandungan berbagai bahan aktif seperti ekstrak tanaman atau essential oil. Karena memiliki bentuk yang cair, produk ini biasanya dianggap sebagai produk pelembap. Namun, fungsi toner bukan itu saja loh! Ada dua jenis toner yang populer seperti exfoliating toner dan hydrating toner. Yuk, simak di bawah ini.

Baca Juga : Berikut Perbedaan Purging dan Breakout, Jangan Keliru Lagi!

perbedaan exfoliating toner dan hydrating toner

Apa itu Exfoliating Toner?

Exfoliating toner adalah toner yang mengandung bahan aktif untuk mengelupaskan sel-sel mati (umumnya pada kulit jawah) melalui enzim sehingga exfoliating toner bekerja menggunakan metode chemical exfoliating atau eksfoliasi kimia.

Apa itu Hydrating Toner?

Hydrating toner seperti namanya, yaitu toner yang dibuat khusus untuk menghidrasi kulit. Bagaimana ia dapat menghidrasi kulit? Tentunya dengan kandungan khusus yang dapat menciptakan sensasi segar dan lembab setelah dipakai. Penjelasan lebih lanjut mengani kandunannya yaitu di bawah ini

Perbedaan Exfoliating Toner dan Hydrating Toner Berdasar Kandungannya

Perbedaan exfoliating dan hydrating toner adalah segi kandungan di dalam produknya. Exfoliating toner dikenal juga dengan acid toner karena mengandung AHA, BHA, dan PHA. Exfoliating terbuat dari perpaduan AHA dan BHA serta senyawa turunannya. Senyawa turunan yang dimaksud adalah salicylic acid, glycolic acid, dan lactic acid. Setiap jenis asam ini memiliki kegunaannya sendiri.

Sedangkan hydrating toner umumnya mengandung hyaluronic acid, algae, lidah buaya atau glycerin. Bahan aktif yang paling sering ditemukan dalam hydrating toner adalah gel lidah buaya, vitamin E, dan hyaluronic acid. Beberapa jenis hydrating toner bisa memiliki kandungan asam amino, nutrisi buah-buahan, hingga ekstrak tanaman seperti bunga.

Manfaat dan Fungsi Toner

Kandungan toner yang berbeda tentunya memiliki fungsi yang berbeda juga. Exfoliating toner berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori tersumbat serta mengembalikan kadar pH normal kulit.

Sedangkan hydrating toner berfungsi menghidrasi kulit, mengembalikan kelembapan kulit serta mempersiapka kulit untuk tahap perawatan selanjutnya.

Baca Juga : Berikut 8 Rekomendasi Toner dan Serum Avoskin untuk Bekas Jerawat PIE dan PIH

Apakah Setelah Pakai Exfoliating Toner Harus Pakai Hydrating Toner?

Sebenarnya tidak ada keharusan untuk memakai exfolitaing toner setelah hydrating toner, namun kedua jenis skincare ini saling melengkapi. Sehingga cara pakai exfoliating toner dan hydrating toner bisa kamu apply secara bersamaan atau berurutan.

Kapan Waktu Penggunaan yang Tepat?

Sementara hydrating toner dapat kamu gunakan setiap hari pada pagi dan malam hari atau setelah mandi, exfoliating toner disarankan hanya dipakai 3 kali dalam 1 minggu pada malam hari. Jika sudah menerapkan cara tersebut dan bereaksi bagus pada kulit, selanjutnya kamu dapat memakai setiap hari pada malam hari.

Cara Penggunaan

Cara pakai exfoliating toner dan hydrating toner sangatlah mudah. Kamu cukup tuangkan beberapa tetes toner ke tangan atau kapan kemudian usapkan ke wajah. Kamu bisa usap secara perlahan dari sisi tengah wajah ke luar sembari menghindari area mata dan mulut.

Perbedaan pada kedua produk ini ada pada cara aplikasi ke wajah. Biasanya, exfoliating toner diaplikasikan ke wajah dengan cara membasahi kapas lalu mengusapkannya pelan ke wajah. Sedangkan hydrating toner diaplikasikan langsung ke wajah, lalu ditepuk menggunakan tangan sampai menyerap sempurna. Namun, kamu juga bisa menggunakan tangan untuk menggunakan keduanya.

Baca Juga : Cara Memilih Produk Eksfoliasi yang Cocok untuk Kulit

Sebenarnya ada juga produk toner dalam produk kemasan semprotan. Kamu cukup menyemprotkan produk pada muka sebanyak 3-4 kali lalu tepuk-tepuk wajah agar bahan menyerap dengan sempurna. Biasanya, hydrating toner memiliki kemasan semprotan.

Kalau kamu ingin wajah benar-benar bersih, kamu bisa mencoba melakukan metode double toning dengan menggunakan dua jenis toner yang berbeda. Metode double toning ini dilakukan dengan memadukan keduanya yakni mengaplikasikan exfoliating toner lebih dulu menggunakan kapas lalu dilanjutkan dengan menyemprotkan hydrating toner.

Last Updated on April 12, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 02 September 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya