Manfaat Eksfoliasi yang Wajib untuk Kamu Ketahui

0
Diunggah 05 September 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Manfaat Eksfoliasi yang Wajib untuk Kamu Ketahui

Siapa sangka dengan melakukan eksfoliasi akan memberikan banyak manfaat untuk kulit wajahmu. Yuk, simak manfaat eksfoliasi wajah ini!

Kulit wajah yang bersih dan bersninar tentunya menjadi impian setiap wanita. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkannya dengan rutin melakukan eksfoliasi. Dengan rutin melakukan eksfoliasi, sel kulit mati yang menumpuk akan menghilang. Namun, manfaatnya bukan hanya itu saja. Yuk, simak manfaat eksfoliasi di bawah ini!

Manfaat Eksfoliasi untuk Kulit Wajah

1. Membersihkan Pori-Pori

Pori-pori yang tersumbat adalah salah satu penyebab komedo muncul di kulit wajah. Maka, kamu perlu menghilangkan sumbatan di pori-pori agar masalah kulit tersebut tidak terjadi. Dengan melakukan eksfoliasi, hal ini akan membantuk membersihkan pori-pori hingga ke dalam.

2. Mempercepat Regenerasi Sel Kulit

Pertumbuhan sel yang baru biasa dikenal dengan regenerasi sel. Saat selk kulit mati hilang tentunya sel kulit akan meregenerasi dengan sendirinya. Nah, dengan melakukan eksfoliasi wajah tak hanya terlihat segar dan bersih tapi juga tampak bercahaya dan halus.

3. Mencegah Jerawat

Selain komedo, pori-pori yang tersumbat juga menyebabkan jerawat. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kamu rutin melakukan eksfoliasi. Kamu bisa menggunakan scrub dengan butiran kecil agar wajah tidak iritasi.

4. Meratakan Warna Kulit

Sel kulit mati membuat wajah tampak kusam dan warna kulit terlihat tidak merata. Dengan melakukan eksfoliasi akan membantu mengatasi masalah ini. Sebaiknya pilih produk eksfoliasi yang memiliki label brightening untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Meningkatkan Kadar Kolagen

Dengan rutin melakukan eksfoliasi akan membantu memperbaik tekstur kulit wajah. Eksfoliasi akan menstimulasi kolagen dalam tubuh. Alhasil wajah akan tampak segar, kenyal, dan juga awet muda.

6. Melancarkan Aliran Darah

Saat melakukan eksfoliasi otomatis kamu akan melakukan pijatan ringan dengan gerakan memutar di wajah. Hal ini akan membantu peredaran darah di sekitar wajah menjadi lebih lancar. Tidak hanya menjadi lebih cerah, wajah juga akan tampak merona dan bersinar.

7. Membantu Penyerapan Produk Skincare

Tentunya kalian pasti sering menggunakan berbagai produk skincare, bukan? Terkadang beberapa produk skincare tersebut tidak bekerja dengan baik karena sel kulit mati yang menumpuk. Hal ini karena produk skincare kurang terserap dengan baik akibat terhalang oleh sel kulit mati. Jika kamu rajin melakukan eksfoliasi, dijamin tidak ada lagi sel kulit mati dan produk skincare dapat terserap secara sempurna.ย 

Baca Juga : 6 Penyebab Gejala Penuaan Kulit Datang Lebih Cepat

Cara Melakukan Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah memiliki banyak manfaat tetapi kamu tidak bisa asal-asalan melakukannya. Berikut ini ada cara melakukan eksfoliasi yang tepat.

1. Pilih Kandungan Produk yang Ringan

Kandungan chemical exfoliator yang mild ditandai dengan persentasenya yang relatif rendah. Umumnya ada di range 1% hingga 5% untuk AHA dan BHA di bawah 4%. Selain itu, penting juga untuk mencermati kandungan pendukungnya. Salah satu produk chemical exfoliator yang cocok untuk pemula adalah Miraculous Refining Toner. Selain ada AHA, BHA, dan PHA, produk tersebut juga dilengkapi dengan Niacinamide yang bisa menenangkan kulit. Avoskin Miraculous Refining Toner adalah produk yang cocok untuk proses exfoliating toner untuk pemula.

2. Jangan Menggunakan Chemical Exfoliator Setiap Hari

Khusus bagi pengguna chemical exfoliator pemula, sebaiknya jangan menggunakannya setiap hari. Chemical exfoliator memicu regenerasi sel kulit baru sehingga bila langsung digunakan setiap hari dikhawatirkan kulitmu justru bereaksi negatif. Hal ini biasa disebut dengan istilah over-exfoliate. Rumusnya, gunakan chemical exfoliator hanya seminggu satu hingga dua kali untuk penggunaan awal. Bila dirasa kulit sudah cukup terbiasa, kamu bisa meningkatkan frekuensi penggunaan.

3. Menggunakan Produk Skincare yang Menghidrasi

Pada beberapa kondisi kulit, menggunakan produk eksfoliasi bisa memicu masalah kulit kering. Namun hal itu bisa kamu cegah dengan memilih chemical exfoliator yang kaya kandungan lain dengan fungsi melembapkan. Hanya saja mengandalkan chemical exfoliator saja tentu belum cukup. Oleh karena itu, pengguna chemical exfoliator pemula harus tidak meninggalkan penggunaan produk skincare yang fokus menghidrasi kulit. Misalnya dengan menggunakan produk yang kandungan utamanya Hyaluronic Acid.

Bila kamu kesulitan memahami setiap ingredients, setidaknya setelah menggunakan chemical exfoliator kamu tidak boleh melewatkan penggunakan hydrating toner, moisturizer cream, atau bisa juga ditambah dengan sleeping mask. Dengan rangkaian ini akan meminimalisir efek buruk chemical exfoliator di kulitmu.

4. Selalu Gunakan Sunscreen

Percuma saja menggunakan beragam skincare dengan active ingredients bila kamu masih melewatkan penggunaan sunscreen. Maka dari itu, tips terakhir untuk pengguna chemical exfoliator pemula adalah tidak melewatkan sunscreen pada keesokan harinya. Penggunaan chemical exfoliator membuat kulit menjadi lebih sensitif dengan sinar matahari sehingga perlu proteksi lebih pada kulit.

Last Updated on December 10, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 05 September 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya