fbpx

Ternyata Ini 6 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Wajah Bruntusan

Healthy Skin - Elisabeth - May 12, 2021

Wajah bruntusan tentu sangat menyebalkan, bukan? Ternyata, ini 6 kebiasaan yang menjadi penyebab bruntusan di wajah.

Wajah gatal, perih, panas, dan bintik-bintik berwarna merah adalah tanda bruntusan. Meskipun bukan masalah serius, bruntusan memang membuat tidak nyaman menjalani aktivitas. Ada banyak cara untuk mengatasi bruntusan ini tetapi kamu harus menghindari kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan. Berikut ini adalah 6 kebiasaan yang menjadi penyebab bruntusan di wajah. Apakah kamu juga melakukannya?

1. Sering Mencuci Muka

Sering mencuci muka dapat menghilangkan produksi minyak alami dari jaringan kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering, perih, tipis, dan kusam. Hal ini yang menyebabkan wajah menjadi bruntusan. Mencuci wajah 2-3 kali sehari sudah ideal untuk kamu lakukan. Kamu bisa mencuci muka saat pagi hari, sore hari, dan malam menjelang tidur.

2. Malas Membersihkan Wajah

Apapun kondisinya, kamu harus membersihkan wajah setelah beraktivitas. Karena, setelah seharian beraktivitas, debu, dan kotoran akan menempel pada wajahmu, ditambah dengan kosmetik. Wajah yang kotor akan menimbulkan gatal dan perih serta warna kemerah-merahan. Hal ini yang menimbulkan bruntusan, maka jangan malas untuk membersihkan wajah.

3. Kurang Minum Air Putih

Kulit kering dan kusam akan muncul jika tubuh kekurangan cairan. Selain itu, aktivitas seharian di ruangan ber AC dan paparan sinar matahari juga mempengaruhi. Hal ini yang memicu kulit menjadi dehidrasi, termasuk wajah. Kulit yang kekurangan cairan tentu tidak sehat karena akan terlihat pucat, kering, dan bersisik. Maka dari itu, selalu konsumsi air putih yang cukup untuk membuat kulit menjadi lembap.

Baca Juga : Cara Mudah Menghilangkan Bruntusan di Dahi dengan Produk Skincare

4. Kurang Sayuran

Bruntusan bisa disebabkan oleh kulit wajah yang kering. Nah, salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh termasuk serat. Buah dan sayuran adalah makanan yang mengandung serat alami. Serat ini mencegah kulit menjadi kering sehingga meminimalisir munculnya alergi atau iritasi terhadap cuaca. Buah dan sayuran ini dapat membuat kulit menjadi lebih lembap dan sehat alami, jadi jangan pernah bosan untuk mengonsumsinya.

5. Salah Memilih Kosmetik

Iklan atau promosi kosmetik selalu menarik konsumen untuk membelinya. Padahal, tidak semua kosmetik cocok untuk kulitmu. Bisa saja produk tersebut mengandung bahan yang menyebabkan iritasi pada kulitmu. Misalnya ada bintik-bintik, gatal, panas, hingga bruntusan di wajah. Maka dari itu, selalu pilih kosmetik dengan kandungan organik yang sesuai dengan jenis kulit.

6. Memakai Kosmetik Tebal

Pemakaian kosmetik yang terlalu tebal tentunya tidak baik untuk kulit wajah. Kulit wajah akan semakin berat dan pori-pori tertutup, hal ini akan membuat kulit tidak dapat bernafas dengan baik. Ini adalah salah satu penyebab kulit menjadi kering dan menimbulkan gatal. Sebaiknya gunakan kosmetik secara natural saat ke kantor untuk mencegah kulit kering. Sebaiknya, biarkan kulit wajahmu bernafas dengan bebas ya.

Itu dia 6 kebiasaan yang bisa menyebabkan bruntusan di wajah. Hindari kebiasaan buruk tersebut agar kulitmu tetap sehat dan terhidrasi sempurna ya. Nah, kamu juga bisa menggunakan Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence untuk mengatasi kulit bruntusan dan melembapkan wajah.     

Last Updated on July 17, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *