fbpx

3 Cara Menjaga Kesehatan Kulit saat Masa Kehamilan

Healthy Skin - Elisabeth - July 28, 2021

Saat hamil tentu tidak bisa asal menggunakan produk kecantikan ya! Nah, ini ada cara menjaga kesehatan kulit saat masa kehamilan.

Flek hitam, jerawat, hingga stretch mark menjadi hal biasa yang dialami oleh ibu hamil. Masalah kulit ini kemungkinan besar akan hilang setelah melahirkan, tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar masalah kuliit ini tidak menjadi lebih serius. Nah, kamu bisa ikuti beberapa cara menjaga kesehatan kulit selama masa kehamilan.

Kenali Masalah Kulit Terlebih Dahulu

Ibu hamil perlu mengenali masalah kulit yang kemungkinan bisa muncul saat masa kehamilan dan pasca melahirkan. Jadi, kamu bisa mengantisipasi rasa terkejut dan insecure jika masalah kulit ini mulai muncul. Saat masa kehamilan tentu saja berat badan akan bertambah dan terjadi peregangan kulit yang cukup cepat di daerah perut. Hal ini menyebabkan robekan dari selaput elastis dan kolagen di bawah kulit, akhirnya akan timbul stretch mark.

Saat masa kehamilan bukan hanya perubahan fisik yang berubah, perubahan hormon selama kehamilan akan memunculkan masalah kulit. Ada peningkatan hormon hCG kemudian peningkatan estrogen dan progesteron dari plasenta. Nah, 90% perubahan hormon ini adalah penyebab masalah kulit yang terjadi selama masa kehamilan.

Melakukan Perawatan Kulit yang Teratur dan Tepat

Kamu perlu melakukan perawatan kulit yang tepat. Jadi, produk yang digunakan harus sesuai untuk kebutuhan kulit selama hamil dan digunakan secara teratur. Pada intinya, kamu perlu menjaga kesehatan kulit selama masa kehamilan. Beberapa cara merawat kulit pada masa kehamilan di antaranya seperti ini:

– Lakukan perawatan kulit secara teratur karena kesehatan kulit membutuhkan perawatan rutin.

– Pilihlah produk skincare yang tepat seperti beberapa produk Avoskin. Kamu bisa memilih produk yang cocok untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

– Kenali kandungan produk skincare yang harus dihindari selama kehamilan seperti retinol, AHA, dan BHA. Beberapa kandungan yang rentan menyebabkan iritasi sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan kulit.

– Bersihkan wajah dan mandi secara teratur 2 kali sehari dengan sabun yang lembut. Pilihlah Natural Sublime Facial Cleanser yang mampu membersihkan wajah dengan optimal ditambah aman untuk semua jenis kulit apalagi kulit ibu hamil dan menyusui.

– Gunakan Intensive Divine Day Cream setelah mengeringkan kulit.

– Aplikasikan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih. Kamu bisa menggunakan The Great Shield Sunscreen dari Avoskin.

Baca Juga : Rekomendasi Produk Avoskin untuk Ibu Hamil

HIndari Stres Berlebihan Saat Masa Kehamilan

Menurut beberapa penelitian, stres akan menyebabkan peradangan internal. Kulit ibu hamil akan menjadi lebih sensitif dan reaktif jadi lebih mudah terkena alergi dan iritasi. Hormon stres ini dapat memicu atau memperburuk kondisi kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Saat kamu menjadi emosional atau stres, Corticotropin releasing factor akan dilepaskan dari saraf sensorik dan sel kekebalan yang menyebabkan timbulnya masalah kulit hingga penyakit kulit yang lebih serius.

Tidak hanya itu saja, ibu hamil yang mengalami stres tingkat tinggi bisa memengaruhi kemungkinan melahirkan bayi dengan berat lahir rendah atau bayi prematur. Tentu saja kondisi bayi yang lahir terlalu cepat atau terlalu kecil berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan. Maka dari itu, penting sekali ibu hamil menghindari atau mengelola stres dengan baik. Kamu bisa mengurangi aktivitas yang tidak perlu, olahraga rutin, konsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, dan meminta bantuan orang terdekat. Kondisi kulitmu akan selalu sehat ditambah dengan mental ibu dan janin yang juga senantiasa sehat.

Last Updated on September 1, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *