7 Cara Menjaga Kelestarian Air yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah maupun Luar Rumah

0
Diunggah 09 September 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSustainable Living

7 Cara Menjaga Kelestarian Air yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah maupun Luar Rumah

Apa saja sih cara menjaga kelestarian air di bumi yang bisa kita lakukan? Seperti yang kita ketahui bahwa kualitas air di bumi ini semakin berkurang. Berikut ini cara menjaga kualitas air yang bisa kamu lakukan di rumah maupun luar rumah.

Cara menjaga kelestarian air menjadi penting dilakukan mulai dari sekarang. Apa jadinya jika suatu saat kita menghadapi kekurangan air, pasti kita akan mengalami dehidrasi dan rasa lemas yang bisa menyebabkan kematian.

Sebagai sumber kehidupan yang sangat krusial bagi kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup di bumi, tentunya upaya untuk melestarikan sumber daya air bisa dilakukan dengan beberapa hal dibawah ini.

Baca Juga : Berlibur Sambil Melestarikan Lingkungan? Tentu Saja Bisa

Mengapa Kita Perlu Menjaga Kelestarian Sumber Daya Air?

Dikutip dari website LPPM IPB, air yang ada di bumi ini hanya 3% saja yang bisa dikonsumsi manusia. Sebanyak 97% merupakan air asin yang tidak dapat langsung dikonsumsi. Sementara dari 3% tersebut juga tidak semuanya mudah diakses, ada yang tersembunyi jauh di dalam tanah.

Maka dari itu sebenarnya sumber daya air yang bisa kita konsumsi hanyalah sedikit jumlahnya. Sehingga dari jumlah yang sedikit itu harus kita jaga kelestariannya.

Jika kita mengabaikan pelestarian air, maka dapat dipastikan beberapa generasi manusia kedepan akan kesulitan mendapatkan air untuk dikonsumsi.

Tidak bisa hanya satu atau sekelompok orang yang melakukan pelestarian air sebagai upaya untuk melestarikan sumber daya air di bumi. Semua orang harus turut serta untuk menjaga pelestarian air dan keberadaan air di bumi ini. Berikut adalah 7 cara-cara untuk menghemat dan melestarikan air dari rumah beserta penjelasannya :

bagaimana cara menjaga kelestarian air?

1. Menggunakan Air Secukupnya adalah Kunci dari Cara Menjaga Kelestarian Air

Upaya untuk melestarikan sumber daya air dapat kita lakukan dengan tidak menggunakan air secara berlebihan. Maka dari itu, cara menjaga kelestarian air adalah dengan mengurangi kebiasaan buruk seperti mandi terlalu lama atau lupa menutup keran air setelah digunakan di rumah.

Selain itu, cara menjaga kelestarian air yang tidak kalah penting yaitu memperhatikan penggunaan air saat menyiram tanaman atau mencuci kendaraan bermotor. Sebaiknya kamu menyiram atau membersihkan kendaraan bermotor dengan alat penyemprot agar air tidak terlalu mubazir saat digunakan.

Ya, cara melestarikan air ini bisa dibilang sederhana, namun jika kamu lakukan rutin di rumah maka hasilnya akan signifikan atau berdampak besar seiring waktu berjalan.

2. Kurangi Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya

Cara menjaga kelestarian air yang berikutnya bisa dengan mengurangi penggunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Cara melestarikan air yang satu ini bisa menjadi salah satu cara untuk melindungi air dari pencemaran bahan berbahaya.

Ketika bahan kimia yang telah dipakai larut dalam air, maka bahan-bahan itu akan merusak ekosistem air. Contohnya, zat kimia yang larut dalam air seperti dari sabun cuci yang digunakan berlebihan dapat menghancurkan alga dalam laut yang menjadi makanan plankton. Selain itu, alga dan air tersebut tidak bisa digunakan oleh manusia lagi.

3. Membuang Sampah pada Tempatnya

Upaya untuk melestarikan sumber daya air selanjutnya dapat kita lakukan dengan membuang sampah pada tempatnya. Sampah yang menumpuk di dalam saluran air atau sungai menyebabkan pencemaran dan bencana banjir.

Selain itu, menumpuknya sampah di selokan akan menutup aliran air sehingga air akan memenuhi jalanan, bahkan volume air yang terus bertambah akan menggenangi rumah-rumah di sekitarnya.

Jika sungai sudah tercemar oleh sampah, pada akhirnya air tidak bisa lagi dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mandi atau sumber air bersih untuk konsumsi. Jadi, cara menjaga kelestarian air yang sangat mudah kita lakukan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.

4. Tidak Membuang Sampah Kimia Secara Sembarangan

Pelestarian air bisa dilakukan dengan memperhatikan penggunaan sampah kimia. Bahan kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dapat berbahaya bagi kelestarian air dan merusak lapisan atmosfer bumi.

Bahan kimia yang dapat berubah menjadi gas akan lepas ke udara dan menyebabkan pencemaran udara yang memperburuk kesehatan makhluk hidup.

Maka dari itu, sebaiknya kamu tidak membuang cat, oli, minyak atau bahan kimia lain ke dalam sungai karena dapat merusak ekosistem dalam sungai. Kamu bisa menanam atau menimbun bahan kimia dalam tanah agar dapat meminimalisir kerusakan dan menjadi cara menjaga kelestarian air.

Baca Juga : Tree of Love Avoskin, Bentuk Kepedulian Avoskin pada Alam

5. Melakukan Daur Ulang Barang Bekas

Tidak sedikit orang yang suka membuang barang bekas atau sampah rumah tangga ke dalam sungai atau saluran air. Padahal, hal ini akan menyumbat dan merusak air yang ada di dalamnya. Kamu bisa menjaga pelestarian air dengan melakukan daur ulang pada sampah-sampah rumah tangga karena masih bernilai ekonomis.

Sampah berupa sayuran yang tidak terpakai bisa kamu buat menjadi pupuk kompos, sementara sampah kering seperti botol air mineral atau kertas bisa dijual ke pengepul barang-barang bekas dan bisa didaur ulang oleh pabrik.

6. Menggunakan Shower untuk Mandi

Menggunakan shower adalah pilihan yang bijaksana untuk menghemat penggunaan air.  Shower ini tidak boros air sehingga penggunaan air untuk mandi dapat diminimalisir.

Kalau kamu memiliki kebiasaan berendam setiap mandi, hal ini ternyata menghamburkan air bersih. Maka dari itu mulai sekarang lebih bijak menggunakan air untuk mandi.

Jadi, untuk kamu yang ingin menjaga kelestarian air dari rumah, bisa dimulai dengan memakai shower pada kamar mandi rumahmu ya!

7. Melakukan Penghijauan Hutan

Langkah terbesar sebagai cara menjaga kelestarian air adalah dengan melakukan reboisasi atau menanam kembali pohon. Selain menjadi cara menjaga kelestarian air, kegiatan reboisasi akan mengurangi dampak kerusakan hutan.

Kembalinya hutan akan menyediakan air bersih untuk digunakan oleh manusia. Tersedianya air alami dari hutan untuk dikonsumsi tentu lebih baik daripada proses air secara kimia dari sungai yang tercemar. Hutan yang hijau mampu memberikan mata air alami dan kebersihan air lebih terjamin.

Tidak heran jika Avoskin turut serta dalam program penanaman pohon di Malang pada tahun 2020 kemarin. Hal ini bertujuan untuk mengatasi masalah kekeringan yang ada di salah satu desa. Dengan adanya program penghijauan ini diharapkan masalah kekurangan air di desa tersebut akan segera teratasi.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai cara menjaga kelestarian air di bumi. Mulai sekarang perhatikan penggunaan air dengan lebih bijak ya, Sahabat AVO.

Last Updated on November 21, 2023

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 09 September 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya