Upaya yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kelestarian Air Demi Bumi yang Lebih Baik

Life - Elisabeth - March 22, 2021

Semakin hari sumber air semakin berkurang. Apa saja sih upaya yang bis akita lakukan untuk menjaga kelestarian air di bumi ini?

Apa jadinya jika suatu saat kita menghadapi kekurang air, pasti kita akan mengalami dehidrasi dan rasa lemas yang bisa menyebabkan kematian. Sebagai sumber kehidupan yang sangat krusial bagi kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup di bumi, tentunya kita perlu menjaga kelestarian air mulai dari sekarang.

Tidak bisa hanya satu atau sekelompok orang yang melakukan pelestarian alam untuk menjaga sumber daya air di bumi. Semua orang harus turut serta untuk menjaga kelestarian dan keberadaan air di bumi ini. Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melestarikan air.

1. Menghemat Penggunaan Air

Menggunakan air secara berlebihan dan tidak bertanggungjawab bisa berakibat pada kekeringan. Maka dari itu, kamu perlu mengurangi kebiasaan buruk seperti mandi terlalu lama atau lupa menutup keran air setelah digunakan. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan penggunaan air saat menyiram tanaman atau mencuci kendaraan bermotor. Sebaiknya kamu menyiram atau membersihkan kendaraan bermotor dengan alat penyemprot agar air tidak terlalu mubazir saat digunakan.

2. Kurangi Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya

Mengurangi penggunaan bahan kimia dalam kehiduapn sehari-hari menjadi salah satu cara untuk melindungi perairan atau sungai dari pencemaran bahan berbahaya. Ketika bahan kimia yang telah dipakai larut dalam air, maka bahan-bahan itu akan merusak ekositem air. Contohnya, zat kimia yang larut dalam air dapat menghancurkan alga dalam laut yang menjadi makanan plankton. Selain itu, alga dan air tersebut tidak bisa digunakan oleh manusia lagi.

3. Membuang Sampah pada Tempatnya

Sampah yang menumpuk di dalam saluran air atau sungai menyebabkan pencemaran dan bencana banjir. Selain itu, menumpuknya sampah di selokan akan menutup aliran air sehingga air akan memenuhi jalanan, bahkan volume air yang terus bertambah akan menggenangi rumah-rumah di sekitarnya. Jika sungai sudah tercemar oleh sampah, pada akhirnya air tidak bisa lagi dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mandi atau sumber air bersih untuk konsumsi.

4. Tidak Membuang Sampah Kimia Secara Sembarangan

Bahan kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dapat berbahaya bagi kelestarian air dan merusak lapisan atmosfer bumi. Bahan kimia yang dapat berubah menjadi gas akan lepas ke udara dan menyebabkan pencemaran udara yang memperburuk kesehatan makhluk hidup. Maka dari itu, sebaiknya kamu tidak membuang cat. oli, minyak atau bahan kimia lain ke dalam sungai karena dapat merusak ekosistem dalam sungai. Kamu bisa menanam atau menimbun bahan kimia dalam tanah agar dapat meminimalisir kerusakan.

Baca Juga : Tree of Love Avoskin, Bentuk Kepedulian Avoskin pada Alam

5. Melakukan Daur Ulang Barang Bekas

Tidak sedikit orang yang suka membuang barang bekas atau sampah rumah tangga ke dalam sungai atau saluran air. Padahal, hal ini akan menyumbat dan merusak air yang ada di dalamnya. Kamu bisa melakukan daur ulang pada sampah-sampah rumah tangga karena masih bernilai ekonomis. Sampah berupa sayuran yang tidak terpakai bisa kamu buat menjadi pupuk kompos, sementara sampah kering seperti botol air mineral atau kertas bisa dijual ke pengepul barang-barang bekas dan bisa didaur ulang oleh pabrik.

6. Menggunakan Shower untuk Mandi

Menggunakan shower adalah pilihan yang bijaksana untuk menghemat penggunaan air.  Shower ini tidak boros air sehingga penggunaan air untuk mandi dapat diminimalisir. Kalau kamu memiliki kebiasaan berendam setiap mandi, hal ini ternyata menghamburkan air bersih. Maka dari itu mulai sekarang lebih bijak menggunakan air untuk mandi.

7. Melakukan Penghijauan Hutan

Dengan melakukan reboisasi atau menanam kembali pohon akan mengurangi dampak kerusakan hutan. Kembalinya hutan akan menyediakan air bersih untuk digunakan oleh manusia. Tersedianya air alami dari hutan untuk dikonsumsi tentu lebih baik daripada proses air secara kimia dari sungai yang tercemar. Hutan yang hijau mampu memberikan mata air alami dan kebersihan air lebih terjamin.

Tidak heran jika Avoskin turut serta dalam program penanaman pohon di Malang pada tahun 2020 kemarin. Hal ini bertujuan untuk mengatasi masalah kekeringan yang ada di salah satu desa. Dengan adanya program penghijauan ini diharapkan masalah kekurangan air di desa tersebut akan segera teratasi.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga sumber daya air di bumi ini ya! Mulai sekarang perhatikan penggunaan air dengan lebih bijak ya, Sahabat AVO.

Last Updated on March 22, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *