Ikuti 11 Cara Ini untuk Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah, Ada Cara yang Alami Juga

0
Diunggah 21 June 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Ikuti 11 Cara Ini untuk Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah, Ada Cara yang Alami Juga

Pori-pori wajah yang besar membuat penampilan terlihat buruk dan tidak menarik. Untuk itu semua wanita mencoba mengecilkan pori-pori wajah.

Wajah yang bersih dan cerah tanpa cela merupakan idaman semua wanita. Maka tidak heran bila perawatan wajah banyak dilakukan oleh kaum hawa. Salah satu permasalahan wanita yang seringkali ditemui adalah pori-pori besar. Pori-pori wajah besar bisa membuat wajah menjadi tampak lebih tua dan minyak pada wajah menjadi berlebih. Untuk mengecilkan pori-pori tidak semudah dengan mencuci wajah menggunakan air hangat.

Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah yang Besar?

Beberapa cara di bawah ini akan membantu mengecilkan pori-pori wajah termasuk akan dibahas juga cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami.

Baca Juga : Lipohydroxy Acid (LHA), Kandungan Skincare utuk Mengatasi Jerawat pada Kulit Sensitif

1. Selalu Bersihkan Wajah

Mengecilkan Pori-pori

Cara menghilangkan pori-pori besar pertama yang wajib kamu lakukan agar pori-pori tampak bersih dengan menggunakan noncomedogenic. Sebaiknya hindari produk yang mengandung bahan-bahan berat seperti petrolatum dan mineral oil. Selalu bersihkan wajah dengan sabun wajah yang lembut seperti Natural Sublime Facial Cleanser untuk membersihkan kotoran dan minyak pada wajah agar tidak menutup pori-pori.

2. Gunakan Toner yang Tepat

Toner merupakan cairan berbasis air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan-bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah kulit yang spesifik. Tidak hanya membersihkan residu seperti minyak dan sisa makeup pada wajah, tapi juga menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan kulit dengan mengurangi tampilan bintik hitam serta meminimalisir kemerahan dan peradangan. Toner dengan pH yang netral dapat membantu mengencangkan kulit tanpa membuat iritasi kulit.

3. Gunakan Bahan yang Mengandung Retinoid

Mengecilkan Pori-pori

Retinoid adalah produk unggulan yang mengandung senyawa vitamin A untuk anti penuaan dan menstimulasi produk kolagen yang tentunya berperan penting pada pori-pori. Saat pori-pori tidak didukung oleh kolagen, pori-pori menjadi kendur, kulit terlihat bergelembung dan pori terlihat membesar. Maka retinoid akan memperbaiki pori-pori wajah yang telah mengendur. Nah, Miraculous Retinol Series dari Avoskin ini cocok sekali untuk kamu gunakan mencegah penuaan dini dan perawatan anti aging.

Baca Juga: Pori-Pori Wajahmu Besar? Ikuti Cara ini Untuk Mengecilkannya

4. Selalu Gunakan Sunscreen

Mengecilkan Pori-pori

Bertambahnya usia dan paparan sinar UV dapat mengurangi elastisitas kulit. Meskipun matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang besar, namun tetap memiliki dampak negatif jika kulit tidak terlindungi dengan tepat. Sunscreen sangat penting digunakan agar terhindar dari masalah-masalah kulit seperti tanda-tanda penuaan kulit. Oleh sebab itu penggunaan sunscreen dengan minimum SPF 30 setiap harinya dapat mencegah pori-pori melebar yang disebabkan sinar matahari. Kamu bisa coba menggunakan The Great Shield Sunscreen dari Avoskin dengan SPF 50 PA++++ yang memberi proteksi kulit yang maksimal.

5. Lakukan Eksfoliasi

Untuk mengangkat sel kulit mati, kamu harus melakukan eksfoliasi setiap dua sampai tiga kali agar tidak menyumbat pori-pori kamu dan menyebabkan jerawat. Exfoliant adalah produk pengelupas sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dan minyak yang menutup pori. Salah satu pengelupas alami adalah scrub alami yang terbuat dari paduan teh hijau, madu, dan gula halus. Produk pengelupas lain dalam bentuk krim, gel, hingga pembersih kulit yang dilengkapi dengan butiran kecil untuk mengelupas kulit juga dapat dibeli secara bebas.

Baca Juga : Salicylic Acid untuk Kulit Acne Prone Cocok Nggak Sih?

6. Perawatan Clay Mask Secara Rutin

Pori wajah yang bebas dari kotoran dan komedo menyumbat merupakan kunci dari pori-pori yang rapat, dan clay mask adalah salah satu pilihan paling tepat untuk menghilangkan semua kotoran. Lumpurnya akan menerobos ke dalam pori-pori yang tersumbat dan mengangkat kotorannya dari dalam sehingga pori-porimu akan bersih dan mengecil.

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

7. Es Batu

Menggunakan es batu pada permukaan wajah bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk menyingkirkan pori-pori besar. Es memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit, itulah mengapa es batu dinilai dapat mengecilkan pori-pori besar.ย 

Selain mengecilkan pori-pori kulit wajah, es batu juga dipercaya dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada wajah. Untuk mengaplikasikan es batu pada wajah, kamu bisa memasukkan beberapa es batu ke dalam kain dan memijatnya halus ke kulit selama beberapa detik.ย 

Jika ingin menggunakan cara lain, kamu bisa menggunakan air es untuk mencuci wajah dan merendam wajah beberapa saat dalam baskom berisi air es untuk mendapatkan manfaat yang sama dengan pemakaian es batu di atas.

8. Cuka Apel

Cuka apel sudah lama dipakai menjadi toner alami dalam rangkaian skincare. Dikenal karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba, bahkan bisa mengobati jerawat.ย 

Selain itu cuka apel juga dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit dan mengencangkan kulit dengan mengurangi pori-pori besar.

Untuk mengaplikasikan cuka apel pada wajah, berikut caranyaย 

  • Campurkan satu sendok teh cuka apel dengan dua sendok teh air.ย 
  • Kemudian rendam kapas dalam campuran dan oleskan pada wajah.ย 
  • Tunggu hingga 5-10 menit sebelum membilasnya danย 
  • Selanjutnya lembabkan kulit dengan moisturizer seperti biasa.

Baca Juga : Begini Cara Memilih Metode Eksfoliasi Berdasarkan Jenis Kulit Wajahmu

9. Putih Telur

Putih telur telah lama dikenal dapat mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah. Selain itu, putih telur juga dapat membantu mengecilkan pori-pori besar pada wajah.ย 

Putih telur dapat diaplikasikan pada wajah dengan cara seperti memakar masker. Membuat masker dengan putih telur sangat mudah.

Berikut cara membuat masker putih telur :

  • Pisahkan putih telur dari kuning telur kemudian aduk putih telur agar teksturnya lebih mudah diaplikasikan ke wajah.ย 
  • Ratakan putih telur ke seluruh wajah secara merata menggunakankuas.ย 
  • Kemudian segera tutupi wajah kamu dengan potongan-potongan tisu.ย 
  • Tunggu 10-15 menit hingga mengering sepenuhnya dan kemudian kupas kertas tisu.ย 
  • Setelah itu kamu bisa juga membilas wajah dengan air apabila dirasa masih ada sisa putih telur pada wajah

10. Baking Soda

Cara penggunaan baking soda pada wajah yaitu kamu hanya perlu menambahkan dua sendok makan baking soda ke dua sendok makan air hangat dan meratakan campuran tadi pada wajah dengan memijatnya dalam gerakan melingkar.ย 

Tunggu selama 5 menit dan bilas dengan air dingin. Kamu bisa memakai cara ini setidaknya tiga hingga empat kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Tapi jika dirasa terdapat efek yang tidak diinginkan selama pemakaian, jangan dilanjutkan ya

Baca Juga : Begini Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

11. Kunyit

Secara medis, kunyit sudah terbukti sebagai zat antibakteri, namun tidak banyak yang menyebutkan bahwa kunyit juga bisa mengecilkan pori-pori wajah. Cara penggunaannya yaitu ambil satu sendok teh bubuk kunyit dan campur dengan beberapa tetes air untuk membentuk pasta tipis seperti halnya kamu menggunakan masker bubuk. Kemudian, oleskan masker tadi ke kulit dan biarkan selama sepuluh menit. Kemudian bilas wajah dengan air dingin agar wajah lebih segar.

Dengan melakukan sebelas tips di atas tentunya pori-pori di kulit wajahmu akan mengecil. Kamu harus rajin merawat kulit wajahmu dari sekarang untuk memiliki kulit sehat dan awet muda. Selamat mencoba!

Last Updated on March 17, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 21 June 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya