Manfaat Kojic Acid untuk Kulit dalam Produk Skincare

0
Diunggah 08 August 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Manfaat Kojic Acid untuk Kulit dalam Produk Skincare

Kojic acid sering ditemukan dalam produk skincare. Sebenarnya, apa saja sih manfaat kojic acid untuk kulit? Ini penjelasannya!

Sebelum digunakan dalam produk skincare untuk diambil manfaatnya sebagai pemutih kulit, asam kojic ini dikenal sebagai hasil sampingan dari proses fermentasi produksi minuman beralkohol seperti anggur dan sake. Namun, seiring berkembangnya zaman, asam kojic diolah dari berbagai macam jamur menjadi produk untuk mencerahkan kulit seperti serum, krim, masker, dan sabun. Lalu, apa sih manfaat kojic acid untuk kulit? Ini penjelasannya!

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Kojic acid mampu mencerahkan kulit jika digunakan dengan rutin. Kandungan ini bekerja dengan cara menghambat dan mencegah pembentukan tirosin, asam amino yang dibutuhkan untuk menghasilkan melanin. Karena menghambat produksi melanin, kojic acid dapat memberikan efek mencerahkan. Produksi melanin yang menurun akan memberi efek mencerahkan pada kulit.

2. Menghilangkan Tanda-Tanda Hiperpigmentasi

Manfaat utama kojiac acid adaah memberi efek mencerahkan sekaligus menghilangkan tanda hiperpigmentasi dan warna kulit tidak merata seperti bintik-bintik penuaan, flek hitam, serta bekas jerawat yang menggelap. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, produk skincare yang mengandung kojic acid biasnaya juga mengandung asam glikolat untuk mencerahkan warna kulit.

3. Memiliki Efek Anti Bakteri

Kojic Acid memiliki efek anti bakteri untuk kulit. Kandungan membantu mengurangi risiko infeksi kulit umum seperti jerawat. Meskipun sifat antibakteri dari asam kojic tidak terlalu kuat, kojic acid cukup efektif melawan beberapa strain bakteri. Dengan begitu bisa menghambat pertumbuhan bakteri di kulit bahkan ketika digunakan dalam jumlah kecil. Produk kojic acid bisa membantu mengatasi jerawat yang disebabkan oleh bakteri di kulit. Kojic acid juga dapat meringankan bekas jerawat yang belum memudar.

4. Mengatasi Melasma

Kojic acid ini bisa membantu mengatasi masalah bercak gelap pada kulit yang ukurannya lebih besar seperti melasma. Biasanya melasma terjadi di wajah atau area tubuh yang sering terkena sinar matahari. Untuk mengatasi penggelapan kulit yang disebabkan oleh melasma, produk skincare yang efektif adalah produk dengan kombinasi asam kojic dengan hidrokuinon dan tretinoin.

5. Berfungsi Sebagai Anti Jamur

Kojic acid ditemukan memiliki efek penghambatan pada strain jamur tertentu. Kojic acid bisa angat membantu dalam mengobati infeksi jamur, seperti kutu air atau kurap dan kandidiasis. Gunakan kojic acid secara teratur pada kulit untuk membantu mencegah infeksi bakteri dan jamur pada kulit. Sabun kojic acid juga bisa digumakan secara teratur untuk membantu mencegah infeksi bakteri dan jamur pada tubuh.

Beberapa manfaat kojic acid di atas bisa jadi acuanmu untuk memilih produk skincare ya! Sesuaikan kandungan apa yang kamu butuhkan untuk kulit dan jangan sampai salah pilih produk.

Last Updated on August 15, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 08 August 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya