9 Cara Menggunakan Sheet Mask yang Benar Agar Hasil Maksimal

0
Diunggah 01 July 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

9 Cara Menggunakan Sheet Mask yang Benar Agar Hasil Maksimal

Tidak semua orang tahu cara & urutan memakai sheet mask dengan benar. Begini cara menggunakan sheet mask yang efektif. Simak yuk!

Semua orang pasti ingin mendapatkan perawatan kulit yang dapat mencerahkan, mengencangkan, dan melembapkan wajah dengan cepat dan murah. Maka tidak heran bila sheet mask belakangan ini banyak diserbu oleh para perempuan. Tidak hanya kemasannya yang lucu dan menarik, sheet mask tersedia dalam berbagai jenis, merk, dan harga. Kamu bebas memilih sheet mask yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Cara menggunakan sheet mask memang mudah, tetapi ternyata sekedar petunjuk penggunaan di belakang bungkus saja tidak cukup. Kamu perlu mengikuti urutan memakai sheet mask di bawah ini agar sheet mask yang kamu gunakan maksimal.

Baca Juga : Apa Itu Sheet Mask? Benarkah Efektif untuk Merawat Kulit?

cara menggunakan sheet mask
freepik.com

Berikut adalah cara menggunakan sheet mask pada wajah agar hasilnya lebih maksimal :

1. Pilih Sheet Mask dengan Kandungan yang Dibutuhkan Wajah

Kamu harus mengetahui bahwa sama halnya dengan skincare lain, sheet mask juga memiliki manfaat tertentu bergantung pada kandungannya. Walaupun sebagian sheet mask akan melembabkan, namun perbedaan kandungan atau formulasinya dapat memberikan manfaat spesifik yang berbeda pula. Beberapa jenis sheet mask berdasarkan manfaat dan kandungannya seperti anti aging, brightening, maupun calming dan soothing.

2. Sebelum Memakai Sheet Mask, Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Urutan memakai sheet mask yang pertama adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Jangan pernah memakai sheet mask saat wajah dalam kondisi yang kotor, meski sudah tidak sabar untuk cepat-cepat memasang sheet mask di wajah. Jadi, selalu pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan sheet mask. Sebab, essence dari sheet mask ini tidak akan berfungsi maksimal apabila kotoran masih banyak yang menempel di wajah. Pastikan kamu melakukan double cleansing menggunakan milk cleanser dan toner. Namun, kamu juga bisa membersihkan wajah dengan Avoskin Facial Wash.

3. Eksfoliasi Wajah Sebelum Pakai Sheet Mask

Langkah yang satu ini optional, kamu boleh exfoliate kulit wajah terlebih dahulu agar hasil sheet mask maksimal. Meskipun ini hanya langkah tambahan, kamu kamu sudah lama tidak exfoliate wajah akan lebih baik tetap dilakukan karena sel kulit mati akan terangkat. Dengan begitu essence dari sheet mask akan lebih mudah diserap oleh kulit wajah. Kamu bisa memilih salah satu exfoliator seperti acid toner, peeling, atau scrub.

Baca Juga : Ini 5 Kesalahan Penggunaan Peel Off Mask yang Perlu Kamu Ketahui

4. Aplikasikan Serum Sebelum Memakain Sheet Mask

Setelah eksfoliasi dilakukan, urutan memakai sheet mask selanjutnya adalah aplikasikan skincare lainnya, seperti serum. Jika kamu memiliki banyak produk skincare seperti booster, serum, moisturizer, atau facial oil, kamu bisa memakainya sebelum memakai sheet mask. Skincare ini akan mengoptimalkan wajah untuk menerima manfaat dari essence yang terkandung dalam sheet mask. Jadi, kamu tidak perlu ragu untuk memakai skincare terlebih dahulu sebelum mengenakan sheet mask.

5. Gunakan Jade Roller Ketika Menggunakan Sheet Mask

Untuk memaksimalkan penyerapan kandungan sheet mask ke wajah kamu dapat menggunakan jade roller sambil menunggu waktu sheet mask hingga dilepas. Walaupun tidak wajib namun jade roller dapat membantu meratakan sheet mask baik itu kandungan maupun lapisan sheet masknya sendiri yang kurang melekat ke permukaan kulit wajah.

6. Pijat Wajah Memakai Jari atau Guasha

Langkah setelah memakai sheet mask ini adalah langkah yang dapat dikatakan sebaiknya jangan kamu lewatkan. Stelah memakai sheet mask (setidaknya jika tidak memiliki guasha), pijatkan dengan jari dari dagu dibawa ke pelipis wajah agar memperlancar sirkulasi darah. Cairan yang ada pada sheet mask akan mempermudah gerakan jari dan guasha ketika dipijatkan pada permukaan kulit. Dengan cara ini, manfaat sheet mask dapat lebih maksimal dan meresap lebih baik.

7. Jangan Lupa Kunci Manfaat Sheet Mask dengan Moisturizer

Setelah memakai sheet mask sebaiknya jangan dibilas. Biarkan kandungannya meresap lebih baik seiring waktu berjalan selama beberapa jam. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mayoritas sheet mask akan memberikan sensasi lembab dan hidrasi pada kulit. Untuk mengunci manfaat ini agar lebih maksimal meresap ke kulit wajah maka jangan lupa aplikasikan moisturizer setelah memakai sheet mask ya!

8. Simpan Sheet Mask di Dalam Lemari Pendingin

Sheet mask yang dingin akan memberikan kesegaran lebih pada wajahmu. Jika sheet mask kamu pakai untuk memberikan manfaat soothing maka dengan mendinginkannya terlebih dahulu dapat membuat wajah tidak hanya tenang namun terasa lifting/ kulit terangkat lebih kencang.

Baca Juga : Your Skin Bae Sheet Mask, Masker Wajah Terbaru dari Avoskin

9. Aplikasikan Sheet Mask Pada Wajah

Setelah tiga langkah sebelumnya dilakukan, sekarang saatnya memasang sheet mask. Beberapa dari kamu pasti sering menggunakan sheet mask selama satu jam penuh, bahkan sampai sheet mask mengering. Padahal penggunaan sheet mask yang lebih lama bisa menghasilkan hasil yang sebaliknya. Kamu cukup memakai sheet mask dalam waktu maksimal 20 menit. Lebih dari itu, sheet mask dapat mengering dan memberikan hasil yang sebaliknya. Bukan kulit lembap yang didapatkan, tetapu sheet mask yang terlalu lama digunakan akan menyerap kembali kelembapan dari wajah. Jadi, jangan menggunakan sheet mask terlalu lama bahkan sampai dibawa tidur ya.

Nah, itu dia urutan untuk menggunakan sheet mask dengan benar. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi dengan penggunaan sheet mask. Semoga bermanfaat!

Last Updated on May 04, 2022

Tags Terkait

#sheetmask
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 01 July 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya