Manfaat Daun Klorofil untuk Wajah dan Kecantikan, Apa Saja Sih?

0
Diunggah 04 January 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Manfaat Daun Klorofil untuk Wajah dan Kecantikan, Apa Saja Sih?

Klorofil pada tumbuhan biasanya berkaitan dengan proses fotosintesis, tetapi ternyata ada juga manfaat klorofil untukkulitdan wajah.

Jika mendengar nama klorofil (chlorophyll), hal yang pertama muncul di pikiran biasanya adalah pelajaran sains dan fotosintesis semasa sekolah. Klorofil merupakan pigmen yang memberi warna pada tumbuhan hijau sekaligus berperan untuk mengubah cahaya menjadi energi dalam proses fotosintesis.

Namun, manfaat klorofil tidak hanya ada pada proses fotosintesis. klorofil juga memiliki manfaat untuk kulit. Tidak heran jika klorofil ada pada suplemen dan pada kandungan skin care karena manfaat klorofil untuk kulit.

Baca Juga : Benarkah Pola Makan Diet Dapat Menimbulkan Jerawat? Lalu Bagaimana Mencegahnya?

Karena manfaat daun klorofil untuk kulit, aktris Hollywood Evan Rachel Wood selalu mengonsumi minuman klorofil untuk merawat kulitnya. Nah, apa saja sih manfaat daun klorofil untuk kecantikan kulit dan wajah? Berikut adalah khasiat dan manfaat klorofil untuk kulit dan wajah.

1. Manfaat Klorofil untuk Meredakan Jerawat

Manfaat klorofil untuk kulit yang pertama adalah membantu meredakan jerawat. Senyawa pigmen pada tumbuhan ini memiliki khasiat dan manfaat untuk menghilangkan jerawat dengan kandungan baiknya.

Klorofil mampu mengatasi jerawat karena kandungan anti bakteri di dalamnya akan membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Klorofil juga memiliki kemampuan untuk melakukan detoksifikasi alami, sehingga manfaatnya untuk kulit wajah semakin optimal.

Kandungan pada klorofil akan membantu mengeluarkan racun dan memberikan efek membersihkan darah, sehingga dapat mencegah jerawat semakin parah sekaligus merawatnya agar cepat hilang.

2. Manfaat Klorofil untuk Wajah dalam Memperlambat Penuaan Dini

Munculnya tanda-tanda penuaan dini merupakan hal yang sangat ditakuti oleh beberapa perempuan. Sebab, jika sudah muncul kerutan akan susah untuk dihilangkan.

Namun, ada kandungan yang dapat membantu mencegah timbulnya kerutan dan garis halus. Ya, manfaat klorofil untuk kulit wajah yang berikutnya adalah memperlambat tanda penuaan.

Tingginya kandungan antioksidan dalam klorofil mampu memberikan perlindungan lebih pada kulit dari sinar UV yang berbahaya. Meskipun sudah mengonsumsi atau menggunakan skincare dengan kandungan klorofil, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen, ya. Dengan begitu, manfaat klorofil untuk kecantikan akan lebih maksimal.

Baca juga: Bahaya Polluaging: Polusi Penyebab Penuaan Dini

3. Klorofil bisa Mengobati Luka

Manfaat klorofil untuk kulit berikutnya adalah untuk mengobati bekas luka. Klorofil memiliki manfaat utama untuk membantu memulihkan luka. Tentunya luka yang dimaksud di sini adalah luka ringan. Saat diaplikasikan pada area luka, klorofil bermanfaat untuk mencegah luka semakin parah dan infeksi, karena klorofil memiliki sifat anti-microbial dan anti-inflamasi untuk merawat area tersebut.

Sifat ini akan membantu membunuh bakteri dan kuman yang kerap menjadi penyebab infeksi, sehingga luka dapat pulih lebih cepat.

Klorofil bersifat antiperadangan dan antibakteri yang dapat membunuh bakteri pada kulit yang terluka. Berdasarkan riset oleh Telgenhoff yang diterbitkan di Wound Repair Regen, pengobatan luka kulit terbakar, bekas luka operasi, dan luka diabetes menggunakan salep papain urea-chlorophyllin dapat mempercepat proses penyembuhan.

4. Klorofil Kaya Vitamin yang Bermanfaat

Tubuh membutuhkan vitamin dan nutrisi untuk merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat. Klorofil bermanfaat untuk kulit sebagai sumber vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Vitamin A akan mendorong pertumbuhan sel untuk menjaga kekencangan kulit, sedangkan vitamin C akan menstimulasi produksi kolagen yang membuat kulit kenyal dan terhindar dari kerutan.

Alih-alih memutihkan kulit wajah, kadar anti-oksidan yang tinggi dalam vitamin E berperan untuk melawan radikal bebas dan mencerahkan kulit. Kandungan vitamin K dalam klorofil juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Manfaat Klorofil untuk Deodoran

Ada hal lain yang tidak kalah penting dengan kulit sehat dan terawat, yaitu memiliki tubuh yang terbebas dari bau tidak sedap. Klorofil juga memiliki manfaat untuk menjaga agar tubuh Anda tetap wangi.

Klorofil memiliki kemampuan alami untuk menyerap bau yang dapat menembus kulit. Jadi, baik dikonsumsi maupun diaplikasikan, klorofil dapat menyerap bau tidak sedap dan menjadi deodoran alami.

Baca Juga : Banyak Ditemukan dalam Produk Skincare, Apa Maksud dari Bahan Aktif Skincare?

Ternyata banyak sekali manfaat dari klorofil ini. Klorofil memang bermanfaat untuk perawatan kulit, tetapi bukan berarti hanya bisa didapatkan pada klorofil saja.

Sedangkan penggunaan klorofil sendiri apabila dikonsumsi memiliki efek samping seperti kram perut dan diare. Efek samping ini dapat muncul apabila konsumsinya dalam dosis yang tidak dianjurkan untuk tubuh dan tanpa riset serta konsultasi medis terlebih dahulu.

Kemudian penggunaan klorofil non-oral atau hanya pada kulit dapat diaplikasikan melalui masker wajah. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat, gunakan masker klorofil siap pakai. Selain hasilnya lebih terlihat, proses memakai masker ini lebih praktis dan aman dibanding membuat sendiri masker dari daun yang belum pasti kandungannya justru bisa mengiritasi.

Kamu bisa mendapatkan semua manfaat yang sama dari produk Avoskin. Produk Avoskin juga akan senantiasa merawat kecantikan kulitmu.

Last Updated on April 24, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 04 January 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya